Cara Mengganti dan Memasang Icon Favicon di Blogger

cara mengganti dan memasang icon favicon di blogger


Cara Memasang Favicon - Pasti di antara kalian sedang penasaran bagaimana cara pasang gambar atau logo di tab browser pada sebuah blog atau website. Berikut saya akan menjelaskan tentang cara mengganti icon favicon di blogger.

Dan mungkin juga di antara kalian yang mengunjungi postingan ini belum tau gambar atau logo yang terpasang di tab browser pada blog itu. Gambar atau logo tersebut disebut juga favorit icon atau favicon.

Favorit icon atau favicon adalah sebuah gambar atau logo yang terpasang di tab browser saat kita mengunjungi sebuah blog atau website.

Oleh karena itu kita akan membahas cara mengganti icon favicon di blogspot dengan mudah dan lengkap. Tapi sebelumnya kita harus menyiapkan sebuah gambar untuk dipasang dan dijadikan favicon nantinya.

Gambar yang diperlukan bisa berupa logo blog maupun inisial dari blog.  Sebagai contoh favicon di blog ini menggunakan gambar dengan inisial “D”.

Jika kalian belum mengganti favicon kalian, tampilan pada saat membuka blog kalian nantinya adalah logo default blogger atau “B”.

Apa sih fungsi favicon atau gunanya favicon ini ? sebenernya tidak terlalu pengaruh dengan seo atau serp. Tetapi dengan menggunakan favicon, blog terlihat lebih professional dan dipercaya. Masa sih domain udah pake yang custom tapi masih pake favicon default blogger.

Bagi kalian yang belum memiliki domain sendiri dan ingin tau cara membeli domain beserta hosting bisa mengunjungi postingan Cara Beli Domain dan Hosting.

Cara Mengganti Favicon Blogger

1. Pertama siapkan gambar atau logo seperti yang jelaskan sebelumnya, bisa berupa logo blog atau inisial. Dengan gambar ukuran 100 x 100, 64 x 64, 16 x 16 bisa disesuaikan dengan keinginan tapi saya rekomendasikan ukuran 100 x 100 agar terlihat lebih jelas dan tidak buram.

2. Kedua masuk ke dashboard blogger lalu pilih menu Layout/Tata Letak.

masuk ke blogger dan pilih layout

3. Kemudian pilih kotak favicon dan klik edit.

lalu pilih favicon edit


4. Selanjutnya pilih choose file untuk memilih gambar yang telah disiapkan sebelumnya.

pilih file gambar atau logo favicon

5. Lalu kita pilih save gambar tadi, dan tunggu hingga beberapa jam. Biasanya favicon tidak langsung muncul dan membutuhkan waktu hingga 24 jam.

setelah update lalu save logo favicon

6. Jika berhasil, gambar yang baru saja dipasang akan muncul saat sedang membuka blog kalian pada tab browser.

tunggu beberapa jam lalu favicon muncul di tab

Itu saja pembahasan tentang cara memasang dan mengganti icon favicon di Blogger. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca dan jika dirasa bermanfaat share postingan ini ke teman atau keluarga kalian.

Jika terdapat kekurangan dan pertanyaan bisa ditanyakan pada kolom komentar.


Belum ada Komentar untuk "Cara Mengganti dan Memasang Icon Favicon di Blogger"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel