5 Cara Optimasi Gambar pada Postingan agar Lebih SEO Friendly

5 cara optimasi gambar pada postingan agar lebih seo friendly


Optimasi Gambar SEO - Pada bahasan kali ini Doyan Blog akan membahas tentang 5 cara optimasi gambar pada postingan agar lebih SEO friendly. Kenapa kita diharuskan untuk mengoptimasi gambar pada postingan atau artikel yang telah kita buat ? Ini yang sering dilupakan oleh para blogger saat membuat postingan dengan menggunakan gambar. Padahal cara optimasi gambar blog sangat penting untuk seo.

Gambar adalah salah satu aspek terpenting saat ingin memposting artikel yang telah dibuat. Selain untuk membuat postingan kita lebih menarik, gambar juga bisa sebagai salah teknik seo paling penting pada sebuah postingan.

Jika kalian sedang mencari gambar di google image, disitulah gambar kita muncul jika kita tau cara optimasi gambar di website. Postingan ini juga bisa sebagai salah satu cara optimasi gambar di wordpress dan di blogger.

Keuntungan kita jika mengoptimasi gambar pada postingan yaitu :
1. Artikel lebih mudah berada di halaman pertama google
2. Google memberikan reputasi yang baik pada artikel yang telah kita posting
3. Bisa untuk mengoptimalkan kata kunci turunan


Cara Mengoptimalkan Gambar pada Postingan

Untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan cara optimasi seo pada gambar secara lengkap yaitu sebagai berikut :

1. Jenis File Gambar

Pertama yang perlu diperhatikan pada gambar adalah jenis file gambar. Jenis file gambar yang digunakan berpengaruh pada ukuran atau size gambar pada postingan. Jadi lebih baik gunakan gambar JPEG karena merupakan standar gambar di internet dan bisa dikompress sehingga ukuran gambar akan lebih kecil. Tapi ini kembali pada keinginan masing – masing, jika ingin menggunakan jenis file gambar .PNG atau yang lain itu tidak masalah.

2. Ukuran atau Size Gambar

Yang kedua adalah ukuran atau size gambar pada postingan. Ini sangat penting, jika ukuran gambar kalian sangat besar itu akan membuat loading blog akan sangat lambat karena ukuran gambar yang sangat besar. Kecepatan loading pada blog adalah salah satu faktor yang mempengaruhi blog untuk berada di halaman pertama google. Ukuran file gambar yang saya rekomendasikan adalah 30 sampai 50 kb, semakin kecil ukuran gambar maka semakin baik.

Oleh karena itu gambar yang memiliki ukuran cukup besar harus diperkecil dengan cara dikompress. Tapi dengan mengkompress gambar akan membuat kualitas gambar menurun dan membuat gambar terlihat buram sedikit. Jadi harus disesuaikan jika ingin menampilkan gambar yang lebih jelas, lebih baik dikompress jangan terlalu kecil.

3. Nama File Gambar

Kemudian yang ketiga adalah nama file gambar. Sebelum kita mengupload gambar, kita harus mengganti nama file gambar sebelum kita upload. Sebagai contoh nama file gambar adalah “IMG-0123.jpeg”, maka diganti sebagai contoh kita ganti “cara-optimasi-gambar.jpeg”. Ini akan membantu seo pada postingan kalian walau tidak terlalu signifikan, tetapi cara ini sangat penting di dunia youtube jadi tidak ada salahnya kita gunakan di blog.


4. Title dan Alt Text

Yang keempat dan yang paling penting saat optimasi gambar untuk websIte adalah menggunakan title dan alt text. Cara menyisipkan keyword pada gambar adalah dengan menggunakan title dan alt text, karena itu cara ini menjadi yang paling penting.

Cara mengisi title dan alt text gambar pada postingan adalah dengan cara :
  • Title : isi dengan keyword utama atau judul artikel.
  • Alt Text : isi dengan kalimat penjelasan dari keyword utama atau gambar.

Agar artikel yang kita miliki berada di halaman pertama google, maksimalkan lah title dan alt text pada postingan tapi jangan sampai stuffing keyword. Dengan mengulang – ulang keyword pada gambar justru akan membuat postingan memiliki reputasi buruk, karena itu berhati – hatilah saat mengisi title dan alt text tersebut.

5. Gunakan Lebih dari Satu Gambar

Dan yang terakhir adalah menggunakan lebih dari satu gambar pada postingan adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan gambar agar lebih seo. Dengan menggunakan lebih banyak gambar kita bisa menyisipkan keyword turun pada gambar. Sebagai contoh :
  • Gambar utama : kita sisipkan pada Title dan Alt Text adalah “cara-membuat-blog”
  • Selain gambar utama : kita sisipkan pada Title dan Alt Text adalah “cara-membuat-blog-gratis” atau “cara-membuat-blog-mudah”.

Dengan memperkaya banyak keyword turunan pada postingan, akan membuat artikel lebih mudah berada di halaman pertama google. Dengan menyisipkan keyword turunan pada gambar adalah salah satu cara yang sangat efektif agar artikel yang kita miliki berada di halaman pertama google.


Kesimpulan dari postingan kali ini adalah maksimalkan saat optimasi gambar seo dengan mengikuti 5 cara di atas pada setiap postingan. Cepat atau lambat jika seo onpage kita bagus, pasti blog kita bisa berada di halaman pertama google.

Terima kasih telah mengunjungi postingan tentang 5 cara optimasi gambar pada postingan agar lebih SEO friendly. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca, apabila ada kekurangan atau pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.


Belum ada Komentar untuk "5 Cara Optimasi Gambar pada Postingan agar Lebih SEO Friendly"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel