Pengertian Domain beserta Fungsi dan Macam - Macamnya

pengertian domain beserta fungsi dan macam - macamnya


Apa itu Domain ?

Pengertian Domain - Doyan blog kali ini akan membahas tentang apa itu domain beserta fungsi dan macam - macamnya dengan jelas dan lengkap.

Jika kalian berkunjung ke sebuah blog atau website, biasanya website tersebut memiliki server atau hosting agar website tersebut bisa diakses di internet. Dan sudah pasti setiap server atau hosting tersebut memiliki ip sebagai alamatnya.

Jadi jika kita memiliki sebuah blog atau website,dan kita menggunakan hosting. Sudah pasti blog atau website kita memiliki sebuah ip sebagai contoh website kalian memiliki ip 10.10.10.2 dari hosting. Dan untuk mengakses website kalian, kita diharuskan mengetikkan ip 10.10.10.2 di browser.

Sangat sulit untuk mengingat ip tersebut sedangkan kita ingin mengakses website kalian. Oleh karena itu domain hadir untuk memudahkan hal tersebut.

Pengertian domain adalah nama unik yang digunakan sebuah website untuk mengidentifikasi server atau hosting selain menggunakan ip.

Jadi jika website kalian memiliki ip 10.10.10.2 dengan menggunakan domain maka untuk mengakses website kalian hanya dengan mengetikkan alamat website atau nama domain yang telah dimiliki sebagai contoh doyanblog.com, websitekalian.com, dan lain – lain tanpa harus ribet - ribet menggunakan ip.

Barusan kita telah membahas tentang apa yang dimaksud domain dan selanjutnya saya akan menjelaskan fungsi domain.

Fungsi Domain

Sebelumnya saya telah menjelaskan fungsi domain, namun disini saya akan menjelaskan lebih detail. Domain memiliki fungsi agar website lebih mudah diakses tanpa menggunakan alamat ip. Selain tanpa perlu mengakses menggunakan ip, kita bisa menggunakan alamat domain menggunakan brand atau identitas website kita jadi agar lebih mudah diingat dan dihafal oleh pengunjung.

Oleh karena itu disarankan dalam memilih domain, gunakan domain yang mudah diingat dan dihapal oleh pengunjung website kita agar bisa sering berkunjung.


Macam – Macam Domain

Sebenarnya banyak sekali macam jenis domain, jadi kali ini saya akan menjelaskan tentang ekstensi domain yaitu domain tld atau top level domain. Domain tld adalah domain setelah dot dibelakang nama domain sebagai contoh doyanblog.com, doyanblog-nya adalah nama domain, sedangkan .com-nya adalah domain tld.

Terdapat macam – macam domain tld, yaitu :

1. gTLD (Global Top Level Domain)

Domain ini bisa digunakan oleh umum dan siapa saja, tanpa perlu menyebutkan dari mana ia berasal. Berikut adalah contoh global top level domain :
  • .com: Digunakan untuk website komersial
  • .net: Digunakan untuk website internet atau jaringan
  • .org: Digunakan untuk website organisasi
  • .info: Digunakan untuk website informasi
  • .biz: Digunakan untuk website bisnis.
  • .gov : Digunakan untuk website pemerintahan
  • .edu : Digunakan untuk website pendidikan

2. ccTLD (Country Code Top Level Domain)

Domain ini digunakan untuk menyatakan asal dari sebuah website, domain seperti ini tidak bisa sembarang digunakan. Berikut adalah contoh country code top level domain :
  • .id : Berasal dari Indonesia.
  • .sg : Berasal dari Singapore.
  • .us : Berasal dari Amerika Serikat.
  • .au : Berasal dari Australia
  • .my : Berasal dari Malaysia

Usai sudah bahasan kali ini tentang pengertian domain beserta fungsi dan macam – macamnya. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca, dan jika bermanfaat bisa dishare ke keluarga atau ke teman.
Jika terdapat kekurangan dan pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.


Belum ada Komentar untuk "Pengertian Domain beserta Fungsi dan Macam - Macamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel