Pengertian ID Protection (Privacy Protection) Domain dan Fungsinya

pengertian privacy protection atau whois protection


Apa itu ID Protection (Privacy Protection) ?

Pengertian ID Protection - Ketika membeli sebuah domain, pasti kalian akan ditawari untuk membeli id protection. Pasti kalian yang belum tau akan bertanya – tanya apa itu id protection atau privacy protection ?

Pengertian ID Protection atau Privacy Protection adalah sebuah fitur pada domain agar data identitas diri tidak diketahui saat melakukan pengecekan di whois. Dari mana whois mendapatkan data diri kita ? Saat kita membuat akun dari penyedia layanan domain, pasti kita diharuskan mendaftarkan data diri seperti nama, nomor telepon, alamat rumah dan lain – lain. Dari situlah whois mengetahui identitas milik kita.

Itu sebagai jaminan dan data administratif untuk melakukan pembelian di penyedia layanan domain tersebut. Untuk itu agar data kita tidak disalah gunakan oleh orang lain, kita diharuskan untuk membeli id protection.

ID protection (privacy protection) biasa disebut juga whois protection. Layanan whois protection ini tidak terdapat pada domain yang menggunakan domain country code top level domain seperti .id, .us, .uk dan lain – lain. Jika kalian belum mengetahui secara lengkap apa itu domain bisa mengunjungi postingan Pengertian Domain beserta Fungsi dan Macam - Macamnya.

ID Protection ini sangat cocok digunakan untuk blog – blog pribadi dan personal, banyak blog pribadi tidak ingin identitasnya diketahui banyak orang dan dengan menggunakan id protection bisa menutupi identitas serta data milik kita tidak disalah gunakan oleh orang lain.

Tapi id protection ini tidak cocok untuk website bisnis karena dengan kita mencari identitas website bisnis di whois, akan muncul kontak yang dapat dihubungi. Itu termasuk iklan gratis dan sangat cocok untuk website bisnis.

Akan tetapi jika kita memiliki website bisnis dan tidak ingin identitas kita muncul di whois, kita juga bisa menggunakan id protection dengan alasan bahwa identitas yang muncul di whois bukan untuk
kontak bisnis tapi untuk kontak pribadi.

Barusan kita telah membahas apa yang dimaksud id protection atau privacy protection. Selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi whois protection.


Fungsi ID Protection (Privacy Protection)

Salah satu fungsi id protection atau privacy protection adalah menyembunyikan identitas diri saat mengecek di whois dan juga mencegah penyalahgunaan data identitas dari hacker atau spammer  yang digunakan untuk melakukan tindakan kejahatan dan juga penipuan.

Fungsi dari whois protection ini sangat berguna bagi yang memiliki domain tetapi identitasnya tidak ingin diketahui oleh orang lain.

Contoh Penggunaan ID Protection (Privacy Protection)

Kali ini saya coba mengecek identitas saya sendiri melalui whois dari domain doyanblog.com dengan mengunjungi link ini. Dari situ muncul data – data dari pemilik domain tersebut berupa nama, alamat, nomor telepon dan lain – lain. Tetapi dengan menggunakan whois protection, datanya berubah menjadi Domain Data Guard dan menggunakan data dari rumahweb.

Kalian bisa mendapatkan id protection berdasarkan penyedia layanan domain yang kalian gunakan. Dan harganya bervariatif tapi saya membeli whois protection dari rumahweb dengan harga Rp 10.000 saja per tahun.


Selesai sudah bahasan kita kali ini tentang pengertian whois protection dan fungsinya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan jika bermanfaat bisa kalian share ke keluarga atau teman kalian.


Belum ada Komentar untuk "Pengertian ID Protection (Privacy Protection) Domain dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel