Perbedaan Blogger dan Wordpress, Mana yang Lebih Unggul ?

perbedaan blogger dan wordpress beserta kelebihan dan kekurangannya


Perbedaan Blogger dan Wordpress - Biasanya blogger pemula saat ingin membuat blog masih bingung ingin menggunakan blogger atau wordpress jadi karena itu saya akan menjelaskan tentang perbedaan blogspot dan wordpress.

Jika kalian telah selesai membaca postingan ini dan ingin tau tentang cara membuat blog gratis bisa mengunjungi postingan Cara Membuat Blog Pribadi Gratis dan Mudah Untuk Pemula Lengkap Beserta Gambar.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan blogspot dan wordpress.

Perbedaan Blogspot dan Wordpress

1. Fitur

Pertama yang kita bahas adalah kelebihan dan kekurangan fitur dari blogspot dan wordpress. Keduanya dari segi fitur tidak jauh berbeda, namun blogspot lebih mudah digunakan untuk blogger pemula dan lebih mudah dalam mengedit template dan widget.

Salah satu yang membedakan blogspot atau wordpress untuk adsense. Blogspot dipermudah jika ingin menggunakan Google Adsense karena Google Adsense pun menyediakan fitur hosted dan itu diperuntukkan untuk blogger yang masih menggunakan domain blogspot.

Apakah wordpress sulit digunakan ? ya menurut saya sulit digunakan untuk para blogger pemula dan dari segi iklan tidak bisa menggunakan Adsense yang hosted. Tetapi para blogger besar biasanya beralih dari blogger ke wordpress apabila blognya sudah besar.

Kenapa ? karena blogger gerakannya dibatasi oleh google dan apabila kita melanggar bisa berimbas panjang dengan blog kita. Karena itu Wordpress lebih bebas dan tidak dibatasi oleh google jadi para penulis bebas tanpa takut blognya terkena disable atau dihapus.

2. Plugins

Karena dari segi fitur terlihat wordpress kalah, namun dari segi plugins terlihat sangat jelas wordpress unggul dalam hal ini. Selain karena dibatasi, plugins juga menjadi alasan para blogger pindah ke wordpress.

Plugin berfungsi sebagai tool tambahan untuk menambahkan fitur-fitur yang sebelumnya belum ada dan ingin kita tambahkan pada blog wordpress milik kita.

Saya tidak tau persis plugins yang dipakai oleh para blogger wordpress, tetapi ada plugins SEO yang sangat membantu blog dalam hal SEO salah satunya adalah Yoast SEO.

3. Template

Selanjutnya kita membahas tentang template, kelebihan dan kekurangan blogspot dan wordpress dalam hal template menurut saya adalah sama rata. Kenapa ? karena dalam hal mengedit template, blogspot sangat diunggulkan karena ekstensi yang digunakan adalah HTML.

Sedangkan untuk wordpress menggunakan ekstensi PHP, cukup sulit dalam mengeditnya apabila anda seorang blogger pemula.

Tetapi pilihan template gratis dan ringan, wordpress lebih banyak sedangkan untuk blogspot bisa dihitung jari dan lebih banyak dijual dalam bentuk template premium.

4. Custom Domain dan Hosting

Kali ini kita akan membahas tentang custom domain dan hosting pada blogger dan wordpress. Dari segi domain dan hosting domain, blogspot diunggulkan karena blogspot menyediakan server atau hosting dan domain gratis.

Sedangkan wordpress juga disediakan domain dan hosting gratis tapi apabila pengunjung blog membeludak, blog pasti akan down. Oleh karena itu lebih baik menggunakan custom domain dan hosting berbayar jika menggunakan wordpress.


Kelebihan dan Kekurangan Wordpress

Barusan kita membahas perbedaan blogspot dan wordpress secara keseluruhan. Tapi kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan blogger dan wordpress lebih rinci lagi sebagai berikut.

- Kelebihan Wordpress

1. Kegiatan blog tidak dibatasi oleh google
2. Terdapat banyak pilihan template gratis dan ringan
3. Pembuatan akun wordpress cukup mudah
4. Dapat menggunakan plugin yang membantu blog dalam hal SEO seperti Yoast SEO
5. Widget defaultnya cukup lengkap

- Kekurangan Wordpress

1. Cukup sulit digunakan oleh blogger pemula
2. Sulit dalam mengedit template blog
3. Tidak bisa menggunakan Javascript
4. Membutuhkan biaya lebih besar
5. Disarankan untuk menggunakan custom domain dan hosting berbayar


Kelebihan dan Kekurangan Blogger

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan wordpress, sekarang kita akan membahas kelebihan dan kekurangan blogger sebagai berikut.

- Kelebihan Blogger

1. Lebih mudah digunakan oleh blogger pemula
2. Mudah dalam mengedit template blog
3. Lebih cepat terindeks oleh Google
4. Domain dan server disediakan oleh Google
5. Dapat memasang berbagai macam widget dari luar

- Kekurangan Blogger

1. Gerakannya dibatasi oleh Google
2. Lebih banyak template premium dibanding yang gratis
3. Tidak dapat menggunakan plugin
4. Setting SEO secara manual di template
5. Blog tidak terlalu terlihat professional


Kesimpulannya adalah blogger lebih cocok digunakan oleh pemula sedangkan wordpress lebih cocok digunakan oleh blogger expert dan professional. Semoga dengan postingan tentang perbedaan blogger dan wordpress bisa bermanfaat kepada pembaca. Apabila ada kekurangan dan pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.


Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Blogger dan Wordpress, Mana yang Lebih Unggul ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel