Apa itu CF (Citation Flow) dan TF (Trust Flow) ?

apa itu cf dan tf


Apa itu CF TF - Oleh karena itu kali ini Doyan Blog kali ini akan membahas tentang apa itu CF dan TF dengan penjelasan yang lebih mudah dimengerti oleh pemula. Jika kalian belum tau apa itu DA dan PA bisa mengunjungi postingan Apa itu DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority)?. Tapi apakah kalian tau tentang CF dan TF  sebelumnya ?

Dahulu google menggunakan pagerank untuk dijadikan patokan sebuah blog atau website agar lebih mudah berada di halaman pertama google. Akan tetapi itu dulu, google pagerank sudah tidak update lagi. Jadi bagaimana google sekarang mencari patokan untuk blog atau website ?

Banyak sekali metrik baru bermunculan, tetapi yang paling terkenal saat ini adalah DA dan PA dari moz, CF dan TF dari majestic. Banyak pakar SEO mengatakan sekarang google menggunakan metrik dari moz dan majestic tersebut sebagai patokan.

Berikut adalah penjelasannya :


Apa itu Citation Flow (CF) ?

Pengertian Citation Flow atau CT adalah metrik yang dibuat oleh majestic untuk mengukur seberapa banyak backlink yang mengarah kepada sebuah blog atau website. Jadi CF hanya dihitung berdasarkan jumlahnya saja, bukan kualitasnya.

Jadi jika kita hanya menaruh backlink di setiap forum dan di komentar sebuah blog, CF sudah pasti akan terus meningkat, tetapi tidak dengan TF.

CF dijadikan patokan oleh google sebagai popularitas. Jadi google menganggap, jika semakin banyak backlink berarti blog tersebut sudah cukup baik karena dijadikan referensi oleh blog lain.


Apa itu Trust Flow (TF) ?

Pengertian Trust Flow atau TF adalah metric yang dibuat oleh majestic untuk mengukur seberapa berkualitas backlink yang mengarah kepada sebuah blog atau website. TF dihitung berdasarkan kualitas, bukan jumlah.

Nilai TF didapat berdasarkan sumber backlink, jika blog sumber backlink memiliki nilai CF dan TF yang cukup besar, sudah pasti blog tujuan dari backlink akan memiliki kenaikan nilai CF dan TF, terutama TF. Sumber backlink berkualitas bisa didapatkan dari blog atau website otoritas.

Antara CF dan TF sebenarnya saling melengkapi, tetapi semakin besar nilai TF tentunya blog akan semakin bagus dibanding nilai CF yang lebih besar, tetapi kejadian tersebut cukup langka.

Tetapi jika CF semakin besar dan tidak diimbangi dengan nilai TF, sudah pasti google akan menganggap backlink tersebut berasal dari blog spam. Oleh karena itu memperhatikan sumber backlink adalah hal yang sangat utama.


Perbedaan Citation Flow dan Trust Flow

Jika pada pengertian tersebut belum jelas, kali ini saya akan menjelaskan lebih detail lagi tentang perbedaan CF dan TF. Jika membahas tentang CF dan TF sudah pasti tidak jauh dari kata backlink.

CF  dan TF saling melengkapi, tetapi di antara itu juga bisa saling menghancurkan. Mengapa ? Seperti yang saya sebutkan sebelumnya pada pengertian.

Semakin besar nilai CF, belum tentu nilai TF juga meningkat. Sedangkan semakin besar nilai TF, sudah pasti nilai CF meningkat juga.

Memang sangat banyak, blog atau website memiliki nilai CF lebih besar dibanding nilai TF karena itu adalah hal yang wajar. Akan tetapi harus diimbangi, jangan sampai nilai CF sangat jauh dengan nilai TF, karena itu akan berdampak sangat buruk nantinya.


Trust Ratio

Trust ratio ini adalah sebagai patokan untuk blog tentang nilai CF dan TF. Jika blog kalian ingin memiliki blog yang baik dari sisi CF dan TF. Kalian harus mengikuti aturan ini.

Trust ratio dihitung menggunakan rumus :
cara hitung trust ratio

Menurut para pakar SEO, blog kalian berada di zona aman jika memiliki hasil lebih dari 0,5 atau tidak kurang dari 0,5. Oleh karena itu, jangan biarkan nilai CF 2 kali lipat lebih besar dari nilai TF.

Jika kalian tetap bandel, google akan mengira blog yang kalian miliki adalah blog spam karena memiliki backlink spam.

Saran dari saya adalah utamakan kualitas dibanding kuantitas yang berarti utamakan nilai TF dibanding nilai CF.


Cara Cek CF dan TF

Cara cek tf cf sangat mudah, yaitu dengan menggunakan majestic seo. Akan tetapi penggunaan majestic seo secara gratis dibatasi perharinya. Untuk lebih puas menggunakan majestic seo harus membayar biaya member setiap bulannya.


Itu saja bahasan kali ini tentang apa itu CF (citation flow) dan TF (trust flow) ?. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca dan share jika dirasa bermanfaat. Jika terdapat kekurangan dan pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.


Belum ada Komentar untuk "Apa itu CF (Citation Flow) dan TF (Trust Flow) ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel