Apa itu DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) ?

apa itu domain authority dan page authority


Apa itu DA PA ? - Oleh karena itu Doyan Blog kali ini akan membahas tentang apa itu DA dan PA. DA dan PA ini dikembangkan oleh MOZ untuk menentukan kualitas dari sebuah blog atau website sebagai pengganti google pagerank yang sudah tidak jelas kabarnya.

Jika kalian menggeluti dunia SEO atau mungkin masih baru di dunia SEO pasti tidak asing dengan kata DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority). Dan mungkin kalian yang sedang mengunjungi postingan ini pasti sedang mencari tau tentang DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority).

Jika kalian memiliki skor DA dan PA yang tinggi pada blog kalian, sudah pasti google akan memberikan kemudahan dan kepercayaan lebih kepada blog kalian untuk nangkring di halaman pertama google.

Siapa yang tidak mau muncul di halaman pertama google ? Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan penjelasan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) juga cara melihat da pa blog sebagai berikut:


Apa itu Domain Authority ?

Pengertian DA (Doman Authority) adalah metric yang digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah blog atau website yang dikembangkan oleh MOZ. Lalu apa perbedaan DA dan PA ini apa ? perbedaannya adalah DA merupakan skor keseluruhan blog, sedangkan PA adalah bagian dari DA itu sendiri.

Itulah yang menyebabkan biasanya DA dan PA ini pasti skornya tidak sama dan skor PA lebih tinggi, karena untuk meningkatkan skor DA cukup sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan meningkatkan PA dari sebuah blog.


Cara Meningkatkan DA (Domain Authority)

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan Domain Authority sebagai berikut :

1. Usia atau Umur Domain

Yang paling menentukan skor dari DA adalah usia atau umur domain. Ini adalah mutlak karena semakin tua umur domain, semakin tinggi skor DA sebuah domain. Oleh karena itu, domain yang sudah dibilang cukup tua biasanya memiliki harga yang sangat mahal.

2. Popularitas Domain

Lalu cara kedua untuk meningkatkan DA adalah sebuah popularitas dari domain. Apa maksudnya ? Di dunia SEO, kepopularitasan sebuah blog adalah dari seberapa banyak backlink dari blog tersebut. Oleh karena itu untuk meningkatkan DA blog adalah dengan memperbanyak backlink yang berkualitas.


Apa itu Page Authority ?

Pengertian PA (Page Authority) adalah metric yang digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah halaman atau artikel untuk ditemukan di mesin pencari. Dibandingkan dengan DA, meningkatkan skor PA blog lebih mudah karena sangat mudah dipraktekkan dan tidak dibutuhkan waktu yang lama.


Cara Meningkatkan PA (Page Authority)

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan Page Authority sebagai berikut :

1. Konten Original

Maksud dari konten original adalah bukan artikel copas atau mencuri artikel orang lain. Oleh karena itu jika memang kita ingin blog kita dipandang baik oleh google adalah lebih baik kita tulis sendiri karena kualitas sudah pasti sebanding dengan hasil.

2. Update Rutin

Kemudian cara kedua untuk meningkatkan PA adalah dengan sering mempublish postingan secara rutin akan tetapi jika terlalu sering juga tidak bagus. Oleh karena itu disarankan lebih baik 1 hari 1 artikel saja sudah cukup untuk meningkatkan PA sebuah blog.


Cara Mengecek DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority)

Indikator skor untuk DA dan PA sebuah blog adalah dari 0 – 100. Semakin tinggi DA dan PA sebuah blog sudah pasti akan semakin bagus dan semakin mudah untuk masuk di halaman pertama google.

Berikut adalah cara cek DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) :
  1. Dengan menggunakan MOZ, yaitu dengan cara daftar akun di sini kemudian pasang addons MOZ lalu login menggunakan akun yang baru saja di daftarkan
  2. Dengan memasukkan link blog kalian di sini 


Kesimpulannya adalah memiliki skor DA dan PA yang tinggi akan memudahkan blog untuk berada di halaman pertama google. Oleh karena itu maksimalkan cara meningkatkan da pa blog diatas untuk mendapatkan skor lebih tinggi.

Selain metrik dari Moz, google juga menggunakan metrik CF dan TF dari majestic sebagai acuan terbaru oleh google. Jika kalian tidak tau tentang CF dan TF sudah dijelaskan di postingan Apa itu CF (Citation Flow) dan TF (Trust Flow).

Itu saja bahasan kali ini tentang apa itu Domain Authority dan Page Authority. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca, jika bermanfaat bisa dishare ke keluarga atau teman.
Jika terdapat kekurangan dan pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.


Belum ada Komentar untuk "Apa itu DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel