Apa itu DMCA ? Pengertian, Fungsi dan Cara Mengatasi DMCA

apa itu dmca pengertian fungsi dan cara mengatasi dmca


Apa itu DMCA ? - Apa yang dimaksud DMCA ? Oleh karena itu kali ini Doyan Blog akan membahas tentang apa itu DMCA ? beserta pengertian, fungsi dan cara mengatasi DMCA.

Memasuki dunia perindustrian digital, pembajakan konten adalah hal yang sangat dilarang. Mulai dari pembajakan lagu, tulisan dan lain – lain adalah hal yang akan sering dihadapi jika memasuki dunia perindustrian digital.

Dalam dunia blogging, pembajakan konten adalah hal yang sangat sering dilakukan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab karena kemalasannya dalam membuat konten seperti tulisan. Untuk menghindari hal tersebut terjadi kita memerlukan tindakan pencegahan dengan menggunakan DMCA protection.


Pengertian DMCA

Definisi DMCA atau Digital Millenium Copyright Act adalah perusahaan yang bergerak di bidang perlindungan hak cipta sebuah konten untuk menghindari pembajakan. DMCA sudah bergerak dan disahkan pada tanggal 12 Oktober 1998.

Dengan pengalamannya yang berjalan sudah cukup lama, DMCA bisa menjadi solusi untuk kita blogger yang tidak ingin tulisannya di copy paste sembarangan oleh orang lain. Jika kalian melihat sebuah logo DMCA protected pada sebuah blog, sudah pasti pemilik blog tersebut sudah melakukan pencegahan pembajakan pada kontennya.


Fungsi DMCA

Dengan menggunakan DMCA, kita sebagai blogger yang tidak ingin tulisannya diambil begitu saja secara mentah – mentah oleh orang lain, bisa melakukan sebuah pencegahan dan melaporkan tukang copas tersebut ke DMCA agar segera diambil tindakan atau hukuman.


Manfaat DMCA

Manfaat dari menggunakan DMCA adalah seluruh konten yang ada blog kita bisa aman dan tanpa takut di copy paste oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jika memang tukang copas tersebut tetep bandel ingin mengcopy paste, kita bisa melaporkannya ke DMCA.


Cara Agar Tidak Kena DMCA

Banyak cara menghindari DMCA, berikut saya akan jelaskan beberapa cara agar tidak kena DMCA :

  • Buatlah konten yang unik dan original tulisan kalian sendiri
  • Hindari mengcopy paste atau mengambil secara mentah mentah konten orang lain
  • Jika ingin mengambil konten orang lain, ambil saja idenya dan kalian tulis kembali
  • Cantumkan sumber atau link ke sumber, jika kalian ingin mengambil konten orang lain
  • Hargai konten milik orang lain jika memang ingin dihargai orang lain


Cara Mengatasi DMCA

Jika kalian sudah terlanjur terkena laporan DMCA, sudah pasti kalian sudah mencuri konten orang lain.  Dan sang pemilik konten melaporkan keluhan DMCA, lalu bagaimana cara mengatasi laporan DMCA ?
  • Yang pertama, segera hapus konten yang terkena DMCA. Cara ini adalah paling penting, karena jika kalian tidak segera menghapus konten tersebut. Google akan bertindak sendiri dengan menghapus blog kalian dari google.
  • Yang kedua, segera hapus index konten yang terkena DMCA. Jika kalian sudah menghapus konten yang terkena DMCA, kalian juga harus segera menghapus index konten tersebut dari google. Karena jika hanya menghapus konten tersebut saja, masih ada sisa – sisa yang terindex di google.


Akibat Terkena DMCA

Banyak blogger yang sudah terkena laporan DMCA lalu hanya membiarkannya saja. Itu akan berakibat fatal pada blog karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Berikut adalah beberapa akibat terkena pelanggaran DMCA jika tidak segera di atasi :
  • Blog akan sulit terindex google
  • Blog masuk ke google sandbox selama beberapa waktu
  • Blog dihapus dari google selamanya


Jika kalian telah mengetahui tentang DMCA, sekarang kalian hanya perlu mendaftar dan memasangnya di blog. Untuk lebih jelasnya sudah dijelaskan di postingan Cara Daftar dan Memasang DMCA Protection di Blog.

Itulah bahasan kali ini tentang apa itu dmca ? beserta pengertian, fungsi dan cara mengatasi DMCA. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca, jika dirasa bermanfaat bisa dishare ke teman atau keluarga kalian. Jika terdapat kekurangan atau pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.


Belum ada Komentar untuk "Apa itu DMCA ? Pengertian, Fungsi dan Cara Mengatasi DMCA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel