Apa itu SEO ? Beserta Pengertian, Tujuan dan Cara Kerja SEO

apa itu seo beserta pengertian tujuan dan cara kerja seo

Banyak para blogger pemula termasuk saya juga, pasti tidak asing dengan kata SEO. Ya bahasan para blogger expert pasti selalu tentang SEO bahkan ketika saya mencari bagaimana cara agar blog mendapatkan banyak pengunjung pasti membahas tentang SEO.

Sebenarnya seperti apa sih itu SEO ? oleh karena itu Doyan Blog akan menjelaskan tentang apa itu SEO ? beserta pengertian, tujuan dan cara kerja SEO.

Disini saya menjelaskan bukan berarti saya tau betul tentang SEO, akan tetapi saya ingin menjelaskan dari sudut pandang seorang pemula karena pasti mayoritas yang mencari tau tentang SEO seperti ini adalah seorang pemula juga sama seperti saya.

Pengertian SEO

Definisi SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik optimasi untuk mengoptimalkan blog atau website agar bisa bersaing dan menaikkan posisi di SERP dengan kata kunci tertentu. Dari kalimat sebelumnya kita bisa tau sedikit bahwa SEO adalah sebuah teknik agar blog kita bisa bersaing di SERP.

Sebelumnya apakah kalian tau apa itu serp ? pada postingan Pengertian SERP Beserta Manfaat dan Cara Cek Posisi di SERP sudah dijelaskan apa itu SERP dengan lengkap.

Jika dijabarkan lebih jelas, SEO adalah sebagai cara agar blog yang kita miliki bisa bersaing pada kata kunci tertentu di SERP bahkan mungkin bisa membuat blog kita berada di halaman pertama google. Jika membahas tentang SEO, lebih detail lagi terdapat 2 jenis SEO yaitu On page dan Off page


Tujuan SEO

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, tujuan dari menggunakan SEO adalah agar blog yang kita miliki berada di halaman pertama google dengan menggunakan kata kunci tertentu. Dan dengan menggunakan SEO bisa meningkatkan kualitas blog dan membuat google memberikan kepercayaan pada blog agar terus nangkring di halaman pertama google.


Manfaat SEO

Dengan menggunakan SEO, blog yang kita miliki akan lebih banyak mendapatkan visitor karena berada di halaman depan google dan untuk yang menggunakan adsense pasti akan mendapatkan penghasilan yang lebih banyak jika bisa memanfaatkan SEO dengan sebaik-baiknya.


Cara Kerja SEO

Bagaimana cara kerja SEO ? jika kalian sudah melakukan optimasi on page, kita hanya harus menunggu postingan tersebut terindex oleh google. Jika sudah terindeks, maka kita lihat di posisi berapa artikel kita di SERP.

Jika masih dirasa kurang maksimal, mungkin optimasi SEO on page yang kalian lakukan masih kurang maksimal atau mungkin persaingan pada keyword tersebut terlalu sulit karena bersaing dengan blog atau website besar. Memperhatikan pesaing pada keyword tersebut juga termasuk dalam salah satu strategi SEO.

Untuk semakin menaikkan posisi pada keyword tersebut di SERP, kita juga bisa melakukan optimasi SEO off page. SEO off page adalah sebagai cara tambahan agar blog kita semakin naik di SERP. Akan tetapi optimasi SEO off page tidak perlu dilakukan jika memang on pagenya sudah bagus.


Apakah SEO itu Penting ?

Kalo buat saya itu SEO adalah hal yang sangat penting dalam dunia blogging, apalagi jika kita ingin memiliki banyak visitor dan menghasilkan uang dari adsense. Terlepas dari penting atau tidak penting, kembali ke diri masing – masing, keunikan dan kualitas kontenlah yang paling menentukan.


Bagaimana jika tidak menggunakan SEO ?

It’s okay, jika konten yang kalian miliki unik dan fresh tanpa SEO pun kalian bisa terus nangkring di halaman pertama google. Tetapi jika kalian memilih niche dan membuat konten yang sudah pasaran atau sudah banyak yang buat sudah pasti kalian bisa kalah saing.


Apakah SEO bisa dilakukan sendiri atau harus menggunakan jasa ?

SEO bisa dilakukan oleh siapapun dan bisa dipelajari, akan tetapi diperlukan proses dan waktu untuk mempelajarinya, untuk memulainya yang terpenting adalah niat. Termasuk saya, saya juga masih belajar SEO sedikit demi sedikit.

Tetapi jika kalian memiliki uang dan tidak memiliki banyak waktu, menggunakan jasa SEO juga adalah salah satu pilihan. Banyak sekali penyedia jasa SEO, pilihlah jasa SEO yang benar-benar profesional karena jika salah orang, blog kalian bisa masuk ke sandbox atau mungkin tidak memiliki efek apapun.

Saran dari saya, SEO yang dilakukan oleh diri sendiri hasilnya akan lebih memuaskan untuk diri sendiri karena kita yang melakukan dan sekalian juga sambil praktek juga mendapatkan ilmu. Dengan ilmu tersebut bahkan kita bisa membuka jasa SEO dan menjadi pekerjaan SEO untuk kita.


Jika saya mau belajar SEO, harus mulai dari mana ?

Saran saya dari yang juga seorang pemula, pelajari dulu optimasi SEO on page karena itu adalah dasar dari SEO. Fokus saja terlebih dahulu belajar tentang on page, bahkan tanpa off page pun tidak masalah karena yang paling penting adalah on page.

Jika kalian merasa SEO on page sudah kalian kuasai, barulah kalian belajar mengenai SEO off page. SEO off page seperti mesin tambahan, agar blog bisa terus semakin meningkat di SERP.


Itu saja bahasan kali ini tentang apa itu SEO ? beserta pengertian, tujuan dan cara kerja SEO. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kekurangan dan pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.
Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Apa itu SEO ? Beserta Pengertian, Tujuan dan Cara Kerja SEO"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel