Mengenal Istilah – Istilah dalam Adsense secara Lengkap

apa itu cpc rpm ctr impression page views dan estimated earnings


Istilah Dalam Adsense - Ketika kalian mulai memasuki dunia adsense, kalian pasti akan menemui kata – kata atau istilah – istilah asing yang kalian belum tau seperti CPC, CPM, CTR dan lain – lain. Oleh karena itu Doyan Blog kali ini akan membahas tentang istilah – istilah dalam google adsense.

Istilah tersebut harus diketahui oleh seorang blogger atau youtuber karena kata ini pasti akan sering ditemui apalagi pengguna Google Adsense. Bagi kalian yang belum tau istilah – istilah tersebut mari kita bahas satu persatu dengan lengkap.


Apa itu CPC (Cost Per Click) atau BPK (Biaya Per Klik) ?

Pengertian CPC (Cost Per Click) atau BPK (Biaya Per Klik) adalah besarnya bayaran yang diterima karena sebuah klik pada iklan. Jadi, apabila kita menggunakan tipe iklan yang menggunakan sistem PPC (Pay Per Click), maka kita akan mendapatkan bayaran hanya ketika iklan tersebut diklik oleh visitor.

Besarnya CPC atau BPK ini tergantung dari advertiser, biasanya menggunakan sistem lelang. Apabila iklan yang tampil relevan dengan konten kita, maka advertiser siap memberikan bayaran yang besar dari setiap iklan yang diklik.

Dan juga yang mempengaruhi besarnya nilai CPC adalah sebuah niche, jika niche kita adalah masuk kategori mahal maka CPC atau BPK yang dihasilkan akan besar. Selain niche, negara juga mempengaruhi besarnya nilai BPK. Apabila yang mengklik dari negara amerika, maka BPK yang akan diterima akan lebih besar dibanding BPK dari Indonesia.


Apa itu RPM (Revenue Per Thousand Impression) atau CPM (Cost Per Million) ?

Pengertian  RPM (Revenue Per Thousand Impression) atau CPM (Cost Per Million) adalah penghasilan yang akan diterima dari setiap 1000 iklan yang tayang. Biasanya sistem ini tidak benar hasil sebenarnya jika memang iklan yang tayang juga menggunakan sistem CPC.

Tapi apabila memang iklan yang digunakan hanya menggunakan sistem CPM atau RPM  maka sudah pasti penghasilan bersih yang akan diterima. Cara menghitung CPM atau RPM adalah dengan rumus:
pengertian cpm atau rpm


Apa itu CTR (Click Through Ratio) atau RKT (Rasio Klik Tayang)

Pengertian CTR (Click Through Ratio) atau RKT (Rasio Klik Tayang) adalah presentase berdasarkan jumlah klik dibandingkan dengan jumlah tayang. Banyak yang bilang jika CTR atau RKT adsense kalian diatas 5% maka akun adsense kita akan dibanned.

Sebenarnya itu tidak terlalu benar, tapi jika memang RKT sudah tidak wajar maka berhati – hatilah karena bisa jadi blog kalian sedang dijahili atau dibom klik. Oleh karena itu sering – sering cek adsense kalian karena ini akan berpengaruh pada akun adsense kalian.
Tapi jika CTR atau RKT nya memang natural, mau sampai 10% atau 20% pasti tidak akan banned. Berikut adalah rumus untuk menghitung CTR atau RKT.
pengertian ctr atau rkt




Apa itu Impression atau Tayangan ?

Pengertian Impression atau Tayangan adalah jumlah tayang dari sebuah artikel. Sebagai contoh si Andi mengunjungi 5 artikel dalam 1 blog dan Budi mengunjungi 8 artikel dalam 1 blog yang sama dengan Andi. Maka Impression atau Tayangannya adalah 13 tayangan.


Apa itu Page Views atau Tampilan Laman ?

Pengertian Page Views atau Tampilan Halaman adalah jumlah tampilan lama iklan yang dilihat oleh visitor. Sebagai contoh saya memasang 5 iklan dalam 1 artikel, maka  tampilan lamannya adalah 1 tampilan laman bukan 5 tampilan.


Apa itu Estimated Earnings atau Penghasilan Tertaksir ?

Pengertian Estimated Earnings atau Penghasilan Tertaksir adalah perkiraan penghasilan yang didapat. Penghasilan tertaksir ini bisa dilihat penghasilan pada hari ini, kemarin, minggu ini dan bulan ini.

Tapi pada google adsense, penghasilan tertaksir ini tidak fix, biasanya sebelum masuk saldo akan disaring terlebih dahulu. Jika terdapat invalid activity maka penghasilan tertaksir akan dikurangi sesuai dengan jumlah invalid activitynya.


Barusan kita telah membahas istilah - istilah dalam adsense secara lengkap. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kekurangan dan pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.


Belum ada Komentar untuk "Mengenal Istilah – Istilah dalam Adsense secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel