Apa itu PC ? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Komponen PC

apa-itu-pc


Apa itu PC – PC atau personal computer adalah perangkat yang saat ini cukup populer. Penggunaan PC ini sudah dipakai diberbagai macam bidang, mulai dari pendidikan, kesehatan, pertahanan, ekonomi, dan lain – lain. Tetapi walaupun sudah cukup populer, masih ada saja yang belom tau apa itu PC ? Oleh karena itu Doyan Blog akan menjelaskan apa itu PC ? beserta pengertian, fungsi, jenis dan komponen PC.

Pengertian PC (Personal Computer)

Apa itu PC ? singkatan dari personal computer adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengolah data yang dapat dimiliki oleh pribadi atau untuk masyarakat umum. Jadi personal computer ini sama saja seperti komputer. Akan tetapi personal computer dan komputer memiliki sebuah perbedaan.

Pada zaman dahulu, saat komputer masih pada generasi pertama dan generasi kedua. Saat itu komputer hanya dimiliki oleh instansi – instansi tertentu seperti organisasi pertahanan negara, universitas dan lain – lain. Oleh karena itu, komputer saat itu belum bisa digunakan dan dimiliki oleh masyarakat umum.

Namun ketika komputer sudah mulai memasuki generasi ketiga dan seterusnya. Komputer bisa dimiliki oleh umum seperti perusahaan, sekolah, rumah sakit, dan lain – lain. Karena sudah bisa dimiliki oleh umum dan pribadi, muncullah istilah “Personal Computer” atau jika diartikan adalah komputer pribadi.

Personal Computer memiliki 3 elemen utama pembentuknya, yaitu :
  • Perangkat Keras (Hardware) adalah perangkat yang ada wujudnya dan dapat dilihat fisiknya. Contohnya CPU, Keyboard, Mouse, Monitor dan lain – lain.
  • Perangkat Lunak (Software) adalah perangkat yang tidak dapat dilihat fisiknya. Contohnya Windows, Linux, Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point dan lain – lain.
  • Pengguna (Brainware) adalah sebagai pengguna atau pemakai komputer.


Fungsi PC (Personal Computer)

Setelah membahas mengenai apa itu PC ?, sekarang akan membahas mengenai fungsi PC. Di zaman yang dimana – mana sudah menggunakan teknologi seperti ini, personal computer cukup banyak berperan di masa teknologi saat ini karena memiliki banyak fungsi.

Berikut adalah beberapa contoh fungsi PC :
  • Memudahkan pekerjaan manusia seperti untuk pekerja kantoran atau untuk perusahaan
  • Mengolah data sehingga menghasilkan data sesuai yang diinginkan pengguna
  • Sebagai sarana untuk mendapatkan informasi dan memberikan informasi
  • Sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain
  • Sebagai sarana hiburan seperti memutar musik dan film atau bermain video game


Jenis Jenis PC (Personal Computer)

Setelah membahas mengenai apa itu PC ? dan fungsi PC, sekarang akan membahas mengenai jenis – jenis PC. Personal Computer memiliki memiliki beberapa jenis dan macam. Tetapi banyak di antara kita yang tidak tahu bahwa beberapa perangkat yang ada disekeliling kita tersebut, termasuk ke dalam personal computer. Berikut adalah jenis jenis pc :

- PC Desktop

pengertian pc

PC Desktop adalah jenis PC yang familiar dengan sebutan PC. Jenis PC ini termasuk ke dalam komputer generasi keempat. Perangkat ini terdiri dari perangkat perangkat hadware yang terpisah seperti monitor, CPU, keyboard, mouse, speaker dan lain – lain. PC Dekstop sering digunakan untuk keperluan kantor seperti penginputan data dan lain – lain.

- Laptop

fungsi pc

Apa itu laptop ? Banyak yang belum tau bahwa laptop termasuk ke dalam jenis personal computer. Berbeda dari PC Dekstop, laptop ini perangkat – perangkat hardwarenya sudah menyatu. Kelebihan dari laptop ini adalah mudah dibawa kemana - mana karena bentuknya yang sudah portable.

Laptop ini sangat cocok bagi orang yang membutuhkan komputer tetapi lebih sering berada di luar ruangan. Tetapi laptop ini memiliki kekurangan yaitu spesifikasi yang terbatas jika dibandingkan dengan PC desktop.

- Notebook

jenis jenis pc

Mirip seperti laptop, notebook juga termasuk ke dalam jenis personal computer. Notebook juga perangkat – perangkat hardwarenya sudah menyatu. Notebook juga mudah dibawa kemana – mana dan memiliki bentuk dan fisik yang lebih kecil dan ramping jika dibandingkan dengan laptop.

Notebook juga cocok bagi orang yang membutuhkan komputer tetapi lebih sering berada di luar ruangan. Akan tetapi notebook ini spesifikasinya lebih kecil dan lebih terbatas jika dibandingkan dengan laptop.

- Tablet

komponen komponen pc

Banyak orang yang mengira tablet tergolong ke dalam jenis smartphone, tetapi ternyata mereka salah karena tablet juga termasuk ke dalam jenis smartphone. Bentuk tablet paling simpel jika dibandingkan dengan jenis PC lainnya karena hanya berbentuk smartphone tetapi berukuran lebih besar.

Tablet ini untuk alat inputnya tidak perlu menggunakan keyboard atau mouse karena sudah menggunakan touchscreen. Akan tetapi tablet juga bisa menggunakan keyboard dan mouse jika kalian lebih nyaman menggunakan keyboard atau mouse untuk menginput data.


Komponen Komponen PC (Personal Computer)

Setelah membahas mengenai apa itu PC ? beserta fungsi PC dan jenis PC, sekarang akan membahas mengenai komponen PC. Sama seperti komputer, PC juga memiliki beberapa komponen utama. Komponen – komponen tersebut yang membentuk sebuah personal computer agar bisa digunakan. Berikut adalah komponen komponen PC :

- Perangkat Input

Perangkat input adalah salah satu komponen utama bagi personal computer. Perangkat input ini berfungsi memasukkan data atau memberikan perintah kepada komputer. Perintah yang diberikan oleh perangkat input akan diproses oleh perangkat proses. Berikut adalah contoh perangkat input :
  • Keyboard
  • Mouse
  • Scanner
  • Trackpad
  • Microphone

- Perangkat Proses

Setelah perintah diberikan melalui perangkat input, kemudian diproses oleh perangkat proses. Perangkat proses berfungsi memproses data yang diberikan perangkat input lalu disajikan ke perangkat output. Berikut adalah contoh perangkat proses :
  • Processor
  • RAM
  • Motherboard
  • Hardisk

- Perangkat Output

Setelah data diproses oleh perangkat proses, kemudian disajikan untuk ditampilkan oleh perangkat output. Perangkat output berfungsi menampilkan data yang telah diproses oleh perangkat proses. Berikut adalah contoh perangkat output :
  • Monitor
  • Speaker
  • Printer
  • Proyektor
  • Plotter

Demikianlah bahasan kali ini mengenai apa itu PC ? pengertian, fungsi, jenis dan komponen. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kesalahan penulisan pada postingan ini dan ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung ditanyakan melalui kolom komentar.


Belum ada Komentar untuk "Apa itu PC ? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Komponen PC"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel