Besaran Pokok dan Besaran Turunan: Pengertian, Contoh & Dimensi

besaran pokok dan besaran turunan


Besaran Pokok dan Besaran Turunan – Pada postingan kali ini Doyan Blog akan membahas mengenai besaran pokok dan turunan, beserta pengertian, contoh dan dimensi. Jika kalian sedang mencari tau mengenai besaran dan satuan, pada postingan ini akan dijelaskan dengan lengkap.

Pengertian Besaran

Besaran adalah sesuatu yang dapat dihitung atau diukur dan memiliki satuan atau dapat dinyatakan dengan angka. Jadi ringkasnya besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan memiliki angka yang pasti. Contoh besaran adalah massa, panjang, berat dan lain – lain.

Kenapa ada besaran ? karena di dunia ini ada yang tidak dapat diukur dan tidak memiliki angka yang pasti. Secara umum, besaran dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu besaran pokok dan besaran turunan, yang nanti akan dijelaskan lebih lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Satuan

Satuan adalah sesuatu yang nilainya ditetapkan lebih dulu sebagai dasar pengukuran. Jadi satuan adalah nilai untuk menyatakan ukuran sebuah besaran. Contoh satuan adalah sekon, meter, kilogram, celsius dan lain – lain.

Jadi besaran dan satuan memiliki hubungan dan saling melengkapi satu sama lain. Sebagai contoh :

  • Panjang meja belajar Sulaiman adalah 2 meter. (Panjang = Besaran, Meter = Satuan)
  • Massa 1 karung beras adalah 30 kg. (Massa = Besaran, Kg = Satuan)
  • Waktu yang ditempuh untuk sampai ke sekolah adalah 30 menit. (Waktu = Besaran, Menit = Satuan).


Besaran Pokok

besaran pokok

- Pengertian Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang langsung dapat diketahui hasilnya dengan menggunakan alat ukur. Ada juga yang mengatakan bahwa pengertiannya adalah besaran yang satuannya sudah ditetapkan terlebih dahulu.

Jadi besaran ini adalah besaran yang bisa langsung diukur menggunakan alat ukur. Sebagai contoh, Rendi ingin mengukur panjang meja. Untuk mengukur panjang meja tersebut, Rendi bisa langsung menggunakan penggaris atau meteran tanpa harus menggunakan rumus.

- Contoh Besaran Pokok dan Satuannya

contoh besaran pokok


Di atas terdapat tabel besaran pokok dan alat ukurnya, satuan yang digunakan adalah satuan besaran pokok SI. Besaran ini berdiri sendiri, tanpa berasal dari turunan besaran – besaran lainnya. Untuk menghafal 7 besaran tersebut ada cara yang lebih mudah yaitu menggunakan singkatan atau akronim yaitu “JIWAKU SMP”. Selain 7 besaran tersebut tidak ada besaran pokok tambahan. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini:

pengertian besaran pokok

- Dimensi Besaran Pokok

Pengertian dimensi adalah hubungan antara besaran itung dengan besaran – besaran pokok. Dimensi suatu besaran menunjukkan bagaimana besaran tersebut disusun atas besaran – besaran penyusunnya tersebut.

Besaran ini memiliki dimensi dalam fisika. Dibandingkan dengan dimensi besaran turunan, dimensi di besaran ini lebih mudah dihafal dan dipahami. Berikut adalah dimensi besaran pokok :
dimensi besaran pokok


Besaran Turunan

besaran turunan

- Pengertian Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang hasilnya tidak dapat diketahui langsung menggunakan alat ukur melainkan dengan rumus. Ada juga yang mengatakan bahwa pengertiannya adalah besaran yang satuannya merupakan turunan dari besaran – besaran penyusunnya.

Jadi untuk mencari hasil dari besaran inu adalah dengan mencarinya menggunakan rumus, karena tidak bisa langsung menggunakan alat ukur. Sebagai contoh pada rumus kecepatan :

Berdasarkan rumus besaran turunan, kecepatan disusun oleh 2 besaran yaitu jarak (panjang) dan waktu. Oleh karena itu satuan dari kecepatan adalah gabungan dari satuan besaran yaitu meter dan sekon. Sehingga dapat disimpulkan satuan dari kecepatan adalah m/s dan termasuk ke dalam kelompok besaran turunan.

- Contoh Besaran Turunan dan Satuannya

Di bawah terdapat contoh tabel besaran turunan beserta satuannya. Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian pengertian, satuan besaran ini adalah turunan dari besaran – besaran penyusunnya atau gabungan dari besaran – besaran penyusunnya. Berikut adalah contoh besaran turunan dan alat ukurnya:
contoh besaran turunan


- Dimensi Besaran Turunan

Dimensi besaran turunan adalah dimensi turunan dari dimensi besaran penyusunnya atau gabungan dari dimensi besaran penyusunnya. Cara mudah untuk mengetahui dimensi dari besaran ini adalah dengan menghafal dimensi besaran pokok.

Jika kita sudah hafal besaran tersebut, kita tinggal menyusunnya saja berdasarkan urutan dan rumus besaran tersebut seperti dimensi daya, dimensi gaya, dimensi berat, dimensi momentum dan dimensi energi. Berikut adalah dimensi besaran turunan lengkap:
dimensi besaran turunan

Demikianlah bahasan kali ini mengenai Besaran Pokok dan Besaran Turunan: Pengertian, Contoh dan Dimensi. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada kesalahan penulisan pada artikel ini dan ada yang ingin ditanyakan, bisa ditanyakan langsung di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Besaran Pokok dan Besaran Turunan: Pengertian, Contoh & Dimensi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel