Cara Clear Cache di Android dan PC/Laptop Lengkap

cara clear cache


Cara Clear Cache – Seperti yang kita tau, cache yang menumpuk membuat kinerja android atau laptop terasa lemot dan lambat. Oleh karena itu kita perlu membersihkannya, dan di postingan kali ini Doyan Blog akan membahas mengenai cara clear cache. Bagi kalian yang belum tau apa itu cache, bisa mengunjungi postingan Apa itu Cache ?.

Dengan kita membersihkan cache yang menumpuk, kinerja android dan pc akan lebih cepat dan lebih ringan. Akan tetapi dengan menggunakan cache, juga bisa mempercepat kinerja aplikasi dan browser yang kita gunakan. Oleh karena itu, kita hanya perlu membersihkan cache kita jika memang sudah bener – benar menumpuk dan aplikasi atau browser sudah mulai terasa lemot dan lambat.

Berikut adalah cara membersihkan cache android dan pc/laptop  :

Cara Membersihkan Cache di Android

Android adalah salah satu perangkat yang paling sering kita gunakan. Cache yang sudah menumpuk di android benar – benar mengganggu, bahkan membuat aplikasi yang kita jalankan bisa sangat lemot atau bahkan sampai force close tiba – tiba. Oleh karena itu kita perlu membersihkannya jika sudah menumpuk, berikut adalah cara clear cache android :


- Cara Clear Cache Android Manual

Terdapat 2 cara untuk membersihkan cache secara manual di android yaitu melalui pengaturan umum dan pengaturan aplikasi. Diantara 2 cara tersebut, ada kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Berikut adalah cara membersihkan cache di hp :

a. Melalui Pengaturan Umum

Jika menggunakan cara ini, seluruh cache aplikasi di android akan terhapus semuanya. Pertama masuk menu setting android kalian masing masing, lalu masuk menu Settings > Storage atau Pengaturan > Penyimpanan. Atau jika tidak sama, sesuaikan saja dengan pengaturan android kalian masing masing. Lalu klik pada menu Cached Data seperti gambar dibawah ini. Jika menggunakan cara ini, semua cache aplikasi di android akan terhapus.

cara clear cache android

b. Melalui Pengaturan Aplikasi

Jika menggunakan cara ini, data cache dari aplikasi yang dipilih saja yang akan terhapus. Masuk ke menu setting android kalian masing – masing, Settings > Installed Apps > cari aplikasi yang ingin dihapus data cachenya atau Pengaturan > Aplikasi Terinstal > cari aplikasi yang ingin dihapus data cachenya. Pilih clear data, lalu pilih clear cache. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar.

cara membersihkan cache android

- Cara Clear Cache Aplikasi

Pada tutorial ini, kalian harus mendownload salah satu aplikasi pembersih terlebih dahulu di playstore. Bagi kalian yang bingung ingin menginstall aplikasi yang mana, Doyan Blog pernah memberikan rekomendasi aplikasi pembersih android pada postingan 5 Aplikasi Pembersih Android.

Dengan memilih aplikasi yang terbaik, cache yang terhapus akan benar – benar bersih. Sebagai contoh saya menggunakan Ccleaner, kalian tinggal jalankan fitur yang ada untuk membersihkan cache.

cara clear cache aplikasi


- Cara Clear Cache Browser

Google chrome dan mozilla firefox masih menjadi browser favorit. Cache yang menumpuk bisa membuat dua browser tersebut terasa lemot dan lambat. Untuk mengatasi kedua browser tersebut yang lemot dan lambat adalah dengan menghapus cache yang menumpuk tersebut. Berikut adalah cara membersihkan cache browser android :

a. Cara Clear Cache Chrome Android

Google chrome adalah salah satu browser favorit bagi para pengguna android. Masuk ke google chrome lalu Settings > Privacy > Clear browsing data > kita tinggal pilih data mana saja yang ingin dibersihkan dan pilih data waktu sejak kapan untuk dibersihkan > Clear Data.

cara clear cache chrome android

b. Cara Clear Cache Firefox Android

Mozille firefox adalah salah satu browser favorit bagi para pengguna android. Masuk ke mozilla firefox lalu Settings > Clear Private Data > Pilih data mana saja yang ingin dihapus > Clear Data.

cara clear cache firefox android


Cara Membersihkan Cache di Laptop dan Komputer/PC

Cache pada laptop atau komputer/pc, biasanya selalu menumpuk pada browser. Cache yang sudah menumpuk pada browser, membuat kinerja PC terasa lambat dan lemot karena penggunaan cache yang sudah menumpuk. Untuk mengatasi pc yang sudah lambat dan lemot itu adalah dengan membersihkan cache di chrome dan firefox, sehingga tidak memakan banyak ram lagi. Berikut adalah cara clear cache laptop/PC :

- Cara Clear Cache Chrome PC/Laptop

Google chrome adalah salah satu browser favorit bagi para pengguna PC. Karena telah menjadi favorit, banyak para penggunanya tidak sadar bahwa cache pada chrome bisa membuat kinerja google chrome bisa menjadi lemot dan lambat. Oleh karena itu, untuk mengatasi chrome yang menjadi lemot dan lambat adalah dengan membersihkan cache pada chrome tersebut. Berikut adalah cara membersihkan cache chrome :
Buka google chrome lalu masuk menu Settings > Advanced> Clear browsing data > Pilih data yang ingin dihapus dan jangka waktu data sejak kapan yang ingin dihapus > Clear Data 

cara clear cache chrome pc laptop


- Cara Clear Cache Firefox PC/Laptop

Selain google chrome, mozilla firefox juga menjadi salah satu browser favorit bagi para pengguna PC. Cache yang menumpuk pada firefox juga benar – benar mengganggu, karena bisa membuat firefox menjadi lemot dan lambat. Untuk mengatasi browser firefox yang lemot dan lambat adalah dengan membersihkan cache yang menumpuk. Berikut adalah cara membersihkan cache firefox :
Buka mozilla firefox lalu masuk menu Options > Privacy & Security > Pilih data mana saja yang ingin dihapus > Clear

cara clear cache firefox pc laptop


Usai sudah bahasan kali ini mengenai cara clear cache di android dan PC/laptop lengkap. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kesalahan penulisan dan ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung ditanyakan langsung di kolom komentar.


Belum ada Komentar untuk "Cara Clear Cache di Android dan PC/Laptop Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel