Sumber Energi Alternatif: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

energi alternatif


Pengertian Energi Alternatif

Energi alternatif adalah jenis energi atau bahan bakar yang digunakan sebagai pengganti bahan bakar konvensional. Jadi, bisa dibilang bahwa bahan bakar alternatif adalah sebagai jalan keluar dari ketergantungan manusia terhadap bahan bakar konvensional yang semakin menipis dan pasti akan habis. Contoh energi alternatif di Indonesia yaitu air, matahari, gelombang laut, angin, gas alam dan lain-lain.

Oleh karena itu, keunggulan energi alternatif adalah karena energi ini tidak akan pernah habis karena termasuk sumber daya yang dapat diperbarui dan juga efek yang ditimbulkan tidak seburuk efek yang dihasilkan oleh bahan bakar konvensional. Sebelum bahan bakar konvensional seperti minyak bumi habis, kita harus mencari jenis bahan bakar lain dan ternyata itu sudah tersedia di alam. Dan sekarang tugas kita, mau beralih ke bahan bakar alternatif atau tidak.

Banyak negara maju sudah mulai beralih ke bahan bakar alternatif, dan mudah – mudahan Indonesia bisa menyusul karena ini lebih ramah lingkungan dan juga sebagai solusi dari ketergantungan masyarakat terhadap bahan bakar minyak.


Manfaat Energi Alternatif

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan menggunakan bahan bakar alternatif, mudah – mudahan setelah kita mengetahui manfaatnya kita bisa langsung beralih ke bahan bakar alternatif. Berikut adalah keuntungan energi alternatif, yaitu :

  • Dapat digunakan secara terus menerus dan tidak akan pernah habis karena termasuk ke dalam sumber daya yang dapat diperbarui
  • Energi yang dihasilkan cukup besar, sehingga bisa memenuhi segala kebutuhan energi untuk kehidupan kita
  • Tidak menimbulkan efek yang bisa mencemari lingkungan karena tidak menghasilkan zat – zat buangan yang buruk bagi lingkungan


Contoh Energi Alternatif

Setelah mengetahui mengenai manfaat bahan bakar alternatif, saya akan menjelaskan contoh bahan bakar alternatif. Ini bisa menjadi acuan bagi kalian untuk bisa beralih ke bahan bakar alternatif. Berikut adalah beberapa contoh energi alternatif pengganti minyak bumi :

Sumber Energi Alternatif Matahari

energi alternatif matahari

Matahari adalah sumber energi utama bagi seluruh kehidupan di bumi, terutama untuk manusia. Selama ini matahari dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia seperti menjemur baju, menjemur makanan dan lain – lain. Selain itu juga panas matahari di pagi hari juga bermanfaat bagi kesehatan manusia. Namun baru – baru ini, para ilmuan berhasil menemukan energi yang dihasilkan dari panas matahari.

Ternyata panas matahari yang semakin hari semakin panas bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi yaitu listrik. Panas matahari diubah menjadi listrik menggunakan alat yang dinamakan panel surya. Panel surya ini biasa kita lihat di atas lampu pinggir jalan atau tol, dan juga di atap rumah. Namun masih jarang yang menggunakan panel surya ini.

Panel surya memiliki kelemahan yaitu pada saat musim hujan, karena saat musim hujan jarang mendapatkan panas matahari. Oleh karena itu, energi yang dihasilkan panel surya saat musim hujan tidak sebanyak yang dihasilkan pada saat musim panas.


Sumber Energi Alternatif Angin

energi alternatif angin

Energi yang selanjutnya adalah angin. Angin yang dihembuskan kemudian diubah oleh kincir angin menjadi sebuah energi. Walaupun begitu ternyata kincir angin sudah dimanfaatkan untuk memompa air untuk irigasi di Belanda. Kincir angin yang menghasilkan energi disebut turbin angin.

Walaupun turbin angin itu terlihat memiliki baling baling yang besar dan berat, namun energi yang dihasilkan juga besar. Kemudian putaran dari baling baling kincir angin tersebut diubah oleh generator menjadi energi listrik. Dibanding panel surya, turbin angin tidak terpengaruh oleh cuaca dan musim, karena hembusan angin setiap saat selalu ada dibanding panas matahari.


Sumber Energi Alternatif Panas Bumi

energi alternatif bumi

Energi panas bumi adalah jenis energi yang menggunakan panas dari dalam bumi. Panas bumi muncul karena adanya aktivitas gunung berapi atau vulkanik. Terdapat 3 sumber panas geotermal yaitu air yang panas, uap bumi, dan batu – batuan yang panas dan kering.

Mungkin energi panas bumi masih terdengar asing karena belum dimanfaatkan secara luas dan juga masih diteliti untuk digunakan sebagai energi. Akan tetapi pemanfaatan air panas sudah cukup dikenal untuk kegiatan yang berhubungan dengan pemanasan.


Sumber Energi Alternatif Gas Alam

energi alternatif gas bumi

Bahan bakar alternatif selanjutnya adalah energi gas alam. Pemanfaatan energi gas alam ini masih tergolong baru di Indonesia. Gas alam ini diambil dari bawah tanah kemudian diolah dan salah satu hasil olahan gas tersebut sekarang kita kenal dengan sebutan gas elpiji.

Gas elpiji memiliki banyak manfaat, seperti untuk memasak. Selain itu juga bahkan untuk bahan bakar mesin mesin pabrik dan kendaraan bermotor. Selain gas elpiji, gas alam ini dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga gas (PTLG).


Sumber Energi Alternatif Hydropower

energi alternatif air

Energi Hydropower atau energi alternatif air adalah jenis energi yang dihasilkan dari kekuatan air pada bendungan. Cara kerjanya adalah pada bendungan air dipasangi pipa lalu air tersebut masuk melalui pipa air kemudian diarahkan ke turbin air.

Cara kerja hydropower sering kita temukan pada Pembangkit Tenaga Listrik Air (PLTA) di danau dan waduk – waduk tertentu. Energi hydropower ini dipengaruhi dari jumlah air yang mengalir dan jarak jatuhnya air ke turbin.


Sumber Energi Alternatif Hidrogen

energi alternatif hidrogen

Energi hidrogen adalah jenis energi yang berasal dari air yang dibakar. Energi hidrogen tersebut bisa digunakan bahan bakar pengganti bahan bakar berminyak (BBM) dan juga tidak menghasilkan polusi atau zat buangan yang berbahaya, yang bisa merusak lingkungan.

Akan tetapi untuk menghasilkan energi hidrogen ini diperlukan energi yang besar juga dan saat ini untuk mengolahnya masih menggunakan bahan bakar fosil sehingga tidak sebanding atau tidak menguntungkan dengan yang dihasilkan. Agar energi hidrogen ini benar benar menguntungkan, dibutuhkan sumber energi yang dapat diperbaharui untuk pengolahannya.


Sumber Energi Alternatif Biomassa

sumber energi alternatif

Energi biomassa adalah jenis energi yang berasal dari kotoran hewan atau manusia dan massa pada tumbuhan yang dibakar langsung atau perlu diubah ke bahan lain terlebih dahulu agar mudah dibakar.
Sebenarnya energi biomassa ini bisa berasal dari semua makhluk di bumi namun yang paling sering digunakan adalah kotoran manusia atau hewan dan juga tumbuhan kemudian dibakar. Hasil pembakaran tersebut akan menghasilkan sebuah gas, gas tersebut dinamakan dengan biogas.


Sumber Energi Alternatif Biofuel

energi alternatif biofuel

Energi biofuel adalah jenis energi yang berasal dari tumbuhan atau bahan – bahan nabati seperti jagung, jarak dan lain – lain. Energi biofuel ini bisa digunakan untuk bahan bakar dan biasa disebut juga Bahan Bakar Nabati (BBN).

Bahan bakar nabati ini berbentuk biodiesel dan bioetanol, dan bisa digunakan untuk bahan bakar kendaraan. Akan tetapi biodiesel ini memiliki kelemahan yaitu tidak bisa digunakan untuk kendaraan kecepatan atau daya tinggi.


Sumber Energi Alternatif Tidal

energi alternatif tidal

Energi Tidal adalah jenis energi yang memanfaatkan pasang surut yang terjadi pada air laut. Energi tidal ini kurang diketahui orang orang awam jika dibandingankan dengan energi angin atau energi matahari. Akan tetapi memiliki keunggulan yaitu lebih gampang untuk diprediksi.

Untuk menghasilkan energi tidal ini, tidak memerlukan teknologi yang rumit dan tempat yang luas. Akan tetapi dibutuhkan alat - alat yang cukup kuat untuk bertahan dari ombak laut dan tahan dari korosi.


Sumber Energi Alternatif Gelombang Laut

energi alternatif gelombang laut

Energi gelombang laut adalah jenis energi yang memanfaatkan gelombang laut. Beda dibandingkan dengan energi tidal yang hanya memanfaatkan air laut saat pasang, akan tetapi energi gelombang laut tidak hanya membutuhkan air laut tetapi membutuhkan energi dari gelombang air laut.

Cara kerjanya adalah dengan mengumpulkan energi pada gelombang air laut kemudian memutar turbin pada generator. Walaupun belum banyak yang mengetahui mengenai energi gelombang laut ini, akan tetapi ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia kedepannya nanti.


Sumber Energi Alternatif Biodiesel

energi alternatif biodiesel

Energi biodiesel adalah jenis energi yang berasal dari lemak hewan atau tumbuhan baik yang masih dalam keadaan murni maupun yang sudah dicampur dengan bahan lain. Kabarnya energi biodiesel ini bisa menjadi solusi bagi lingkungan karena lebih ramah lingkungan dan tidak menghasilkan zat buangan yang berbahaya bagi lingkungan.

Energi biodiesel ini sudah digunakan oleh negara – negara maju sebagai pengganti bahan bakar fosil dan juga menghilangkan ketergantungan kepada penggunaan bahan bakar minyak yang semakin menipis.


Sumber Energi Alternatif Etanol

contoh energi alternatif

Energi metanol adalah jenis energi yang berasal dari alkohol karena hasil fermentasi pada suatu tumbuhan tertentu seperti gandum dan jagung. Walaupun etanol ini jarang ada yang mengetahui tapi tahukah anda bahwa Brazil telah mengembangkan energi etanol ini. Bahkan Brazil menjadi negara nomor 1 karena menjadi negara terbesar yang berani menggunakan energi etanol sebagai pengganti BBM (Bahan Bakar Minyak).


Sumber Energi Alternatif Metanol

pengertian energi alternatif

Energi Metanol atau Metil Alkohol adalah jenis bahan bakar alkohol yang berasal dari kayu. Energi metanol ini bisa digunakan secara murni atau digunakan sebagai campuran bensin. Akan tetapi energi metanol memiliki kelemahan yaitu menyebabkan korosi pada kendaraan yang menggunakan energi metanol ini.


Sumber Energi Alternatif Piezoelektrik

contoh energi alternatif

Energi Piezoelektrik adalah jenis energi yang mengubah energi mekanik menjadi listrik. Cara kerjanya adalah dengan mengubah tekanan dari orang – orang pada suatu tempat lalu dikonversi menjadi energi listrik.

Energi piezoelektrik ini sangat cocok digunakan di tempat umum yang ramai dan juga sudah di terapkan di Jepang pada stasiun kereta dan di Inggris pada rumah disco. Energi yang dihasilkan bisa untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di tempat tersebut.


Sumber Energi Alternatif Nuklir

energi alternatif nuklir

Energi nuklir adalah jenis energi yang berasal dari bahan – bahan radioaktif. Energi ini cukup terkenal karena dianggap berbahaya dan sebagai alat perang. Akan tetapi energi nuklir mampu menghasilkan energi yang sangat besar.

Oleh karena itu, energi nuklir dimanfaatkan untuk kebutuhan listrik. Dan juga energi ini dianggap ramah lingkungan karena tidak menyebabkan pemanasan global dan memancarkan gas pada rumah kaca. Banyak negara yang berlomba – lomba mengembangkan potensi nuklir ini, salah satunya adalah Jepang. Bahkan sekarang mereka menggunakan nuklir untuk memenuhi kebutuhan listrik di Jepang.


Usai sudah bahasan kali ini tentang energi alternatif, beserta pengertian, manfaat dan contohnya. Jika ada kesalahan penulisan dan ada yang ingin ditanyakan, bisa ditanyakan langsung di kolom komentar.


Belum ada Komentar untuk "Sumber Energi Alternatif: Pengertian, Manfaat dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel