Home Internet Apa Itu Cache ? Pengertian, Fungsi dan Cara Membersihkannya

Apa Itu Cache ? Pengertian, Fungsi dan Cara Membersihkannya

apa itu cache

Apa Itu Cache – Pada postingan Doyan Blog kali ini saya akan menjelaskan mengenai apa itu cache ? beserta pengertian cache, fungsi cache dan cara membersihkan cache. Jika kalian sedang mencari – cari artikel mengenai apa itu cache, kalian sekarang berada di tempat yang tepat karena Doyan Blog kali ini akan menjelaskan apa itu cache dengan lengkap.

Apa Itu Cache ?

Pengertian cache adalah file yang disimpan pada penyimpanan internal tetapi bersifat sementara. Jadi cache atau beberapa orang biasa menyebutnya dengan tembolok, sering kita temukan pada browser dan pada aplikasi – aplikasi yang sering memunculkan gambar, video, musik dan data – data lainnya.

Cache ini sebenarnya sangat berguna karena bisa mempercepat kinerja saat menjalankan aplikasi. Akan tetapi jika terlalu banyak cache bisa membuat aplikasi yang kita buka terasa lemot dan lambat atau bahkan force close.

Jadi cache ini seperti saat kita memutar video di instagram, saat pertama kali memutar video tersebut pasti akan loading atau buffer karena harus mendownload video tersebut dahulu. Tetapi jika sudah full terdownload, video tersebut disimpan sebagai cache jadi saat pemutaran kedua, ketiga, keempat atau seterusnya tidak akan ada loading lagi dan video bisa langsung diputar.

Fungsi Cache

Setelah membahas mengenai apa itu cache, sekarang kita membahas mengenai fungsi cache. Cache memiliki banyak fungsi yang sangat berguna bagi kita, akan tetapi juga memiliki efek buruk. Dengan memahami fungsi cache, kita bisa menentukan apakah cache harus dihapus atau tidak.

Berikut adalah beberapa fungsi cache :
1. Mempercepat kinerja aplikasi dan browser
2. Meningkatkan performa dari android dan pc
3. Menghemat kuota yang digunakan

Apakah Cache Harus Dihapus ?

apakah cache harus dihapus

Jika kita telah memahami fungsi cache, kita bisa menentukan apakah cache harus dihapus atau tidak. Tetapi jika kalian masih belum memahami, saya akan memberikan penjelasan apakah cache harus dihapus atau tidak.

Seperti sebelumnya sudah saya jelaskan, jika cache bisa memiliki efek baik dan bisa juga memiliki efek yang buruk. Selama cache belum terlalu banyak dan menumpuk, kita tidak perlu menghapusnya. Tetapi jika browser atau aplikasi sudah terasa lambat dan lemot, kita harus menghapus cache pada aplikasi atau browser tersebut.

Jadi, apakah cache harus dihapus atau tidak ? menurut saya, IYA. Cache harus dihapus tetapi tidak perlu rutin setiap hari atau bahkan setiap jam. Hapus cache setiap seminggu sekali, atau beberapa hari sekali, atau ketika aplikasi atau browser sudah mulai terasa lemot dan lambat.

Cara Membersihkan Cache

cara membersihkan cache

Jika kalian sudah memahami apakah cache harus dihapus atau tidak, kalian harus tau bagaimana cara menghapus cache. Banyak cara untuk menghapus cache pada browser atau aplikasi android. Bisa melalui pengaturan pada android atau manual melalui pengaturan aplikasi tersebut. Untuk lebih lengkap cara membersihkan cache sudah dijelaskan pada postingan Cara Membersihkan Cache.

Akan tetapi ada cara yang lebih mudah untuk menghapus cache pada aplikasi dan browser, yaitu menggunakan aplikasi pembersih atau biasa kita kenal dengan “Cleaner”. Banyak sekali aplikasi pembersih android bertebaran di playstore, tetapi saya akan memberikan beberapa rekomendasi cleaner yaitu pada postingan 5 Aplikasi Pembersih Android.

Dengan menggunakan aplikasi pembersih terbaik, cache yang dibersihkan akan benar – benar bersih dan tidak ada cache yang tersisa atau tertinggal pada aplikasi atau browser. Sehingga aplikasi yang dijalankan akan terasa lebih ringan dan lebih cepat.

Demikianlah bahasan kali ini mengenai apa itu cache ? beserta pengertian, fungsi dan cara membersihkannya. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung ditanyakan di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here