Home PPKN Pengertian, Makna dan Arti Semboyan Bhineka Tunggal Ika

Pengertian, Makna dan Arti Semboyan Bhineka Tunggal Ika

arti bhineka tunggal ika

Arti Bhineka Tunggal Ika – Siapa yang tidak pernah mendengar kata “Bhineka Tunggal Ika” ? Kata tersebut pasti familiar di kuping kita rakyat Indonesia karena kata atau kalimat tersebut terpampang jelas di bawah gambar Garuda Pancasila. Namun tidak jarang di antara kita yang tidak tau mengenai bhineka tunggal ika dan ketika ditanya “Apa Arti Bhineka Tunggal Ika ?” mereka menjawab “Pancasila”, “Garuda”, dan lain – lain. Berdasarkan jawaban orang – orang tersebut masih banyak yang belum mengetahui arti semboyan bhineka tunggal ika yang sebenarnya, untuk itu akan dijelaskan di postingan kali ini dengan lengkap dan juga sejelas – jelasnya.

Pengertian Bhineka Tunggal Ika

pengertian bhineka tunggal ika

Pengertian bhineka tunggal ika dalam lambang negara garuda pancasila adalah semboyan yang dimiliki bangsa Indonesia yang juga tertulis pada lambang negara Indonesia yaitu Pancasila. Jadi bhineka tunggal ika adalah sebagai semboyan bagi bangsa Indonesia. Bhineka tunggal ika juga tertulis pada lambang negara Indonesia yaitu pancasila, karena pada gambar garuda pancasila dan juga isi pancasila masih memiliki hubungan makna seperti menggambarkan keberagaman tetapi tetap harus bersatu.

Secara sederhana, arti bhineka tunggal ika adalah “Walaupun berbeda – beda tetapi tetap satu”, itu melambangkan keberagaman Indonesia yang terdiri dari banyak suku, bangsa, bahasa dan agama tetapi tetap harus bersatu. Dengan dijadikannya bhineka tunggal ika sebagai semboyan, diharapkan seluruh bangsa Indonesia yang beragam dan berbeda – beda ini tidak terpecah belah dan bisa menjadi satu yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia karena itulah makna bhineka tunggal ika bagi bangsa indonesia. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya mengenai arti bhineka tunggal ika.

Arti Bhineka Tunggal Ika

arti semboyan bhineka tunggal ika

Bhineka Tunggal Ika terdiri kata bhineka yang berarti “beragam” atau “beraneka ragam”, tunggal yang berarti “satu” dan juga ika yang berarti “itu”. Jadi jika disimpulkan secara harfiah arti bhineka tunggal ika adalah walaupun beraneka ragam suku, bangsa, ras dan agama tetapi tetap satu.

Asal usul kalimat bhineka tunggal ika terdapat berbagai macam versi. Ada yang bilang berasal dari bahasa kuno, sansekerta, dan juga ada yang berasal dari kitab dan lain – lain. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai asal usul kata bhineka tunggal ika, akan dijelaskan yaitu sebagai berikut :

  • Bhineka Tunggal Ika Berasal Dari Bahasa

Kalimat bhineka tunggal ika berasal dari bahasa jawa kuno yaitu bhineka yang berarti “beraneka” atau “berbeda-beda”, tunggal yang berarti “satu” dan juga “ika” yang berarti “itu” jika diterjemahkan yaitu “Beraneka satu itu”. Maksud dari kalimat tersebut adalah menjelaskan tentang keberagaman yang ada di Indonesia akan tetapi kita harus tetap bersatu.

Bhineka Tunggal Ika juga berasal dari bahasa sanskerta yang juga memiliki arti yaitu “Beraneka satu itu” yang juga menggambarkan beraneka ragam tetapi tetap harus bersatu. Jadi bisa disimpulkan, jika diartikan berdasarkan bahasa jawa kuno dan bahasa sanskerta yaitu walaupun beraneka ragam bangsa, suku, bangsa, ras, agama yang ada Indonesia tetap kita harus bersatu yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  • Bhineka Tunggal Ika Berasal Dari Kitab

Kalimat bhineka tunggal ika berasal dari kitab kakawin sutasoma yang merupakan karangan Mpu Tantular, yang sudah ada pada masa kerajaan majapahit yaitu sekitar pada tahun 14 Masehi. Istilah bhineka tunggal ika sudah ada di kehidupan kerajaan majapahit pada era kepemimpinan Wisnuwardhana.

Pengertian bhineka tunggal ika dalam buku sutasoma lebih ditekankan pada keberagaman atau beraneka ragam kepercayaan dan agama saat itu. Istilah bhineka tunggal ika dibuat untuk menyatukan masyarakat majapahit yang memiliki perbedaan kepercayaan agar tetap bisa bersatu dan tidak memecah belah kehidupan yang ada di kerajaan majapahit tersebut.

Namun istilah bhineka tunggal ika pada semboyan bangsa Indonesia tidak hanya terfokus mengenai keberagaman kepercayaan atau agama, akan tetapi lebih luas lagi seperti keberagaman ras, suku, agama, bangsa dan lain – lain. Oleh karena itu pemerintah Indonesia terinsipirasi untuk menggunakan istilah bhineka tunggal ika yang sudah digunakan pada era kerajaan majapahit saat itu.

Makna Bhineka Tunggal Ika

makna bhineka tunggal ika

Jika sebelumnya kalian telah memahami arti bhineka tunggal ika, maka kali ini akan dijelaskan mengenai makna semboyan bhineka tunggal ika. Berdasarkan terjemahan dari bahasa jawa kuno, bhineka tunggal ika berarti “Beraneka satu itu” jika disederhanakan lagi yaitu menjadi “Berbeda – beda tetapi tetap satu jua” atau “Walaupun berbeda – beda tetapi tetap satu”.

Maksud dari “Berbeda – beda tetapi tetap satu jua” adalah menjelaskan tentang keberagaman yang ada Indonesia seperti ras, agama, bangsa, suku dan bahasa agar tetap bisa bersatu dan menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perbedaan yang ada Indonesia adalah bukti kekayaan yang Indonesia miliki yang seharusnya bisa dimanfaatkan sebagai daya tarik, bukan malah dijadikan ajang untuk saling membeda – bedakan.

Makna bhineka tunggal ika adalah untuk menciptakan kedamaian dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan yang ada walaupun terdapat perbedaan diantara kita dan juga terus menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, kita sebagai bangsa Indonesia harus terus menjunjung tinggi persatuan dan bisa mengamalkan yang sesungguhnya kepada keluarga dan masyarakat tentang makna bhineka tunggal ika dan arti bhineka tunggal ika.

Demikianlah bahasan postingan kali ini mengenai Pengertian, Makna dan Arti Semboyan Bhineka Tunggal Ika. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kesalahan penulisan dan ada yang ingin ditanyakan bisa langsung ditanyakan di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here