asal usul nenek moyang bangsa indonesia

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia dan Penyebarannya

Diposting pada

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia –Postingan ini akan menjelaskan mengenai kehidupan manusia praaksara dan asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa indonesia. Teori asal usul nenek moyang bangsa indonesia akan dijelaskan yaitu sebagai berikut.

 

Teori Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

teori asal usul nenek moyang bangsa indonesia

Kehidupan manusia praaksara dan asal usul nenek moyang bangsa indonesia terdapat berbagai macam versi, tapi di antara semua teori tersebut sebagian besar menyatakan bahwa nenek moyang bangsa indonesia adalah datang dari Asia Tenggara.

Para ahli memiliki teori masing masing mengenai asal nenek moyang kita seperti Teori Yunan, Teori Nusantara, Teori Afrika dan lain-lain. Dan oleh karena itu saya akan menguraikan teori teori tersebut menurut para ahli yang mengemukakannya.

 

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Menurut Para Ahli

Asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa indonesia memiliki berbagai teori atau pendapat yang diungkapkan oleh para ahli. Asal nenek moyang bangsa indonesia menurut para ahlinya akan dijelaskan yaitu sebagai berikut :

1. Teori menurut Von Heine Geine

Teori Van Heine Geine atau biasa disebut Teori Yunan adalah teori mengenai asal nenek moyang bangsa indonesia yang paling terkenal dan diterima banyak pihak.  Menurut Van Heine Geine, nenek moyang kita datang terbagi menjadi 2 gelombang migrasi yaitu terjadi sekitar tahun 500 SM (Deutero Melayu) dan terjadi sekitar tahun 1500 SM (Proto Melayu).

Mereka datang menyebrangi Samudera Hindia lalu berhenti di pulau – pulau sekitar samudera tersebut lalu menyebar kembali melalui wilayah – wilayah yang sekarang kita sebut dengan Asia Tenggara. Teori asal usul nenek moyang bangsa indonesia digambarkan secara sederhana seperti gambar dibawah.

asal usul persebaran nenek moyang bangsa indonesia
peta persebaran nenek moyang bangsa indonesia
  • Nenek Moyang Bangsa Indonesia Proto Melayu (Melayu Tua)

Berdasarkan teori bangsa Proto Melayu menyatakan bahwa nenek moyang kita datang pada sekitar tahun 2000 SM dan berasal dari orang – orang austronesia. Bangsa Proto Melayu memasuki Indonesia dibagi menjadi 2 jalur, yaitu jalur barat dan jalur utara.  Jalur barat melalui Malaysia – Sumatera, sedangkan jalur utara melalui Philipina – Sulawesi. Untuk lebih jelasnya bisa melihat di peta persebaran nenek moyang bangsa indonesia.

Orang – orang austronesia sudah memasuki kebudayaan Neolithikum (Batu Baru), oleh karena itu banyak ditemukan Kapak Persegi di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali dan Sulawesi Utara. Kapak Persegi adalah salah satu hasil kebudayaan Neolithikum. Salah satu suku di Indonesia yaitu suku Toraja dan Dayak merupakan keturunan dari bangsa Proto Melayu.

 

  • Nenek Moyang Bangsa Indonesia Deutro Melayu (Melayu Muda)

Berdasarkan teori bangsa Deutro Melayu menyatakan bahwa nenek moyang kita datang pada sekitar tahun 400 – 300 SM. Bangsa Deutro Melayu adalah lanjutan dari migrasi bangsa Proto Melayu. Bangsa Melayu muda datang ke Indonesia melalui jalur barat yaitu melalui Yunan (Teluk Tonkin) lalu melewati Vietnam dan Malaysia.

Bangsa Deutro lebih maju dari pada bangsa Proto Melayu karena telah mampu menghasilkan barang barang dari logam seperti perunggu dan besi. Barang – barang yang dihasilkan bangsa deutro melayu adalah nekara, kapak serpatu, kapak corong, sarkopagus, menhir, kubur batu, punden berundak dan lain – lain. Yang merupakan keturunan bangsa melayu muda adalah suku Melayu, Bugis dan Jawa.

Sebenarnya, selain Proto Melayu dan Deutro Melayu ada juga teori yang mengatakan bahwa, asal-usul nenek moyang bangsa indonesia adalah bangsa melanesoid. Bangsa melanesoid tinggal di sekitar bagian pasifik dan papua. Terdapat percampuran antara bangsa melanesoid dan bangsa melayu dan keturunannya tinggal menetap di Maluku dan Nusa Tenggara Timur.

 

2. Teori Menurut Drs. Moh. Ali

kehidupan manusia praaksara dan asal usul nenek moyang bangsa indonesia
perahu bercadik

Menurut Drs. Moh. Ali, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan. Mereka datang terbagi menjadi 2 gelombang. Gelombang yang pertama datang pada tahun 3000 – 1500 SM melalui hulu – hulu sungai besar di Asia dengan ciri menggunakan perahu bercadik satu. Sedangkan gelombang yang kedua datang pada tahun 1500 – 500 SM dengan menggunakan ciri perahu bercadik dua. Teori ini menguatkan bahwa nenek moyang kita adalah memang seorang pelaut.

 

3. Teori Menurut Moens

Menurut Moens, bahwa asal nenek moyang bangsa indonesia berasal dari bangsa Mongol yang terdesak karena kalah kuat dengan bangsa – bangsa lainnya, yang menyebabkan mereka menyebar ke Indonesia melalui jalur selatan.

 

4. Teori Menurut Prof. H. Kroom

Menurut Prof. H. Kroom, ia menyatakan bahwa nenek moyang bangsa kita berasal dari daerah Cina Tengah melalui sungai sungai yang besar. Mereka datang ke Indonesia pada sekitar tahun 2000 – 1500 SM.

 

5. Teori Menurut Moh. Yamin

Dari semua pendapat para ahli lainnya, Moh. Yamin memiliki pendapat yang sangat bertentangan dengan pendapat ahli lainnya karena Moh. Yamin menyatakan bahwa, asal nenek moyang bangsa indonesia berasal dari Indonesia sendiri. Teori dari Moh. Yamin atau biasa dikenal dengan Teori Nusantara ini diperkuat dengan suatu pernyataan yaitu Blood Und Breden Unchiro yang artinya adalah tanah dan daerah bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri.

Selain itu pendapat Moh. Yamin ini juga diperkuat dengan penemuan – penemuan fosil dan artefak yang lebih lengkap di Indonesia dibanding negara negara Asia lainnya seperti penemuan manusia purba yaitu Homo Wajakensis dan Homo Soleonsis.

 

Demikian penjelasan mengenai kehidupan manusia praaksara dan asal usul nenek moyang bangsa indonesia. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisan dan ingin memberikan kritik atau saran, bisa ditulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *