besaran pokok dan besaran turunan

Besaran Pokok dan Turunan : Pengertian, Contoh & Dimensi

Diposting pada

Besaran Pokok dan Turunan – Postingan kali ini akan menjelaskan mengenai pengertian, dimensi, satuan, dan contoh besaran pokok dan besaran turunan. Apa yang dimaksud besaran pokok dan besaran turunan ? Pengertian besaran pokok dan besaran turunan akan dijelaskan lebih lengkap yaitu sebagai berikut :

 

Besaran dan Satuan

Besaran fisika secara sederhana dapat dijabarkan menjadi materi besaran dan satuan. Sebelum masuk ke penjelasan pengertian besaran pokok dan besaran turunan, kita harus memahami terlebih dahulu tentang satuan dan besaran. Pengertian besaran dan satuan fisika akan dijelaskan lebih lengkap yaitu sebagai berikut :

 

Besaran Adalah

Apa itu besaran ? pengertian besaran adalah sesuatu yang dapat dihitung atau diukur dan memiliki satuan atau dapat dinyatakan dengan angka. Jadi pengertian besaran dalam fisika adalah sesuatu yang dapat diukur dan memiliki angka yang pasti. Contoh besaran adalah massa, panjang, berat dan lain – lain.

Mengapa harus ada besaran ? karena di dunia ini ada yang tidak dapat diukur dan tidak memiliki angka yang pasti. Secara umum, besaran  dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu pokok dan turunan. Dalam sebuah besaran, pasti memiliki yang namanya satuan. Apa yang dimaksud satuan ? akan dijelaskan lebih lengkap sebagai berikut.

 

Satuan Adalah

Apa itu satuan ? pengertian satuan adalah sesuatu yang nilainya ditetapkan lebih dahulu sebagai dasar pengukuran. Satuan adalah nilai untuk menyatakan ukuran sebuah besaran. Contoh satuan adalah sekon, meter, kilogram, celsius dan lain – lain.

Namun dalam sebuah satuan, terdapat yang namanya satuan internasional. Apa yang dimaksud dengan satuan internasional ? Sistem satuan internasional adalah sistem satuan yang ditetapkan oleh standar organisasi internasional untuk digunakan oleh seluruh dunia. Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai satuan internasional, bisa mengunjungi postingan satuan internasional.

Contoh besaran pokok dan satuan dalam SI yaitu sebagai berikut :

No Besaran Satuan SI
1 Panjang Meter
2 Massa Kilogram
3 Waktu Sekon
4 Suhu Kelvin
5 Kuat Arus Ampere
6 Intensitas Cahaya Candela
7 Jumlah Zat Mol

 

Perbedaan Besaran dan Satuan

Pengertian besaran dan satuan sudah dijelaskan, lalu apa perbedaan besaran dan satuan ? besaran adalah sesuatu yang dapat dihitung melalui pengukuran dan memiliki satuan. Sedangkan satuan adalah nilai yang menyatakan ukuran sebuah besaran dan merupakan bagian dari besaran.

Jadi besaran dan satuan memiliki hubungan dan saling melengkapi satu sama lain. Sebagai contoh :

  • Panjang meja belajar Sulaiman adalah 2 meter. (Panjang = Besaran, Meter = Satuan)
  • Massa 1 karung beras adalah 30 kg. (Massa = Besaran, Kg = Satuan)
  • Waktu yang ditempuh untuk sampai ke sekolah adalah 30 menit. (Waktu = Besaran, Menit = Satuan)

 

Contoh Soal Besaran dan Satuan

Setelah mengetahui pengertian besaran dan satuan beserta perbedaannya, selanjutnya saya akan memberikan soal dan pembahasan besaran dan satuan. Contoh soal besaran dan satuan beserta pembahasannya yaitu sebagai berikut :

1. Perhatikan tabel besaran dan satuan berikut :

No Besaran Satuan SI
1 Panjang Centimeter
2 Massa Gram
3 Waktu Sekon
4 Intensitas Cahaya Candela

Berdasarkan tabel diatas, pasangan besaran dan satuan SI yang benar adalah …
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 1 dan 4

Jawaban yang benar adalah (C)
Pembahasan : Untuk tabel nomor 1 salah, karena satuan SI dari panjang adalah Meter, bukan Centimeter. Dan untuk tabel nomor 2 juga salah, karena satuan SI dari Massa adalah Kilogram, bukan Gram. Oleh karena itu, jawaban yang benar dari tabel diatas adalah nomor 3 dan 4.

 

2. Yang merupakan satuan SI dari Suhu adalah …
a. Celsius
b. Kelvin
c. Reamur
d. Fahrenheit

Jawaban yang benar adalah (B)

Pembahasan : Satuan SI dari Suhu adalah Kelvin, bukan Celsius, Reamur atau Fahrenheit.

 

Dimensi Fisika

Dimensi dalam fisika merupakan bagian dari besaran fisika. Dimensi merupakan bagian dari satuan dan besaran. Apa itu dimensi dalam fisika ? untuk penjelasan lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut :

Dimensi Dalam Fisika Adalah

Pengertian dimensi dalam fisika adalah cara penulisan atau penggambaran dengan menggunakan lambang besaran pokok. Dimensi besaran fisika adalaha hubungan antara besaran itung dengan besaran – besaran pokok.

Dimensi dalam fisika berfungsi untuk menggambarkan bagaimana sebuah besaran tersusun atas besaran besaran penyusunnya (besaran pokok). Untuk memahami cara menggunakan dimensi, kalian harus memahami lambang dimensi besaran pokok terlebih dahulu.

 

Dimensi Besaran Fisika

Berikut adalah tabel dimensi besaran fisika yaitu sebagai berikut :

No Besaran Lambang Dimensi
1 Panjang [L]
2 Massa [M]
3 Waktu [T]
4 Suhu [θ]
5 Kuat Arus [I]
6 Intensitas Cahaya [J]
7 Jumlah Zat [N]

 

 

Besaran Pokok

Apa yang dimaksud besaran pokok ? untuk penjelasan lebih lengkapnya akan dijelaskan yaitu sebagai berikut :

 

Besaran Pokok Adalah

Apa itu besaran pokok ? pengertian besaran pokok adalah besaran yang langsung dapat diketahui hasilnya dengan menggunakan alat ukur. Ada juga yang mengatakan bahwa, besaran pokok fisika adalah besaran yang satuannya sudah ditetapkan terlebih dahulu.

Jadi besaran ini adalah besaran yang bisa langsung diukur menggunakan alat ukur. Sebagai contoh, Rendi ingin mengukur panjang meja. Untuk mengukur panjang meja tersebut, Rendi bisa langsung menggunakan penggaris atau meteran tanpa harus menggunakan rumus.

Apa perbedaan besaran pokok dan besaran turunan ? besaran pokok adalah besaran yang sudah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak disusun dari besaran – besaran lainnya. Sedangkan besaran turunan adalah besaran yang disusun dari besaran besaran pokok.

Yang termasuk besaran pokok adalah Panjang, Massa, Waktu, Suhu, Kuat Arus, Intensitas Cahaya, dan Jumlah Zat. Besaran pokok dan satuannya akan dijelaskan yaitu sebagai berikut.

 

Satuan Besaran Pokok

Besaran pokok dan satuannya akan dijabarkan dalam bentuk tabel yaitu sebagai berikut:

No Besaran Pokok Lambang Besaran Satuan Internasional Lambang Satuan
1 Jumlah Zat n mol mol
2 Intensitas Cahaya I candela cd
3 Waktu t sekon s
4 Kuat Arus I ampere A
5 Suhu T kelvin K
6 Massa m kilogram kg
7 Panjang l meter m

 

Tabel besaran pokok diatas sudah dijelaskan dengan lengkap, satuan yang digunakan adalah satuan besaran pokok SI. Besaran ini berdiri sendiri, tanpa berasal dari gabungan penyusun besaran – besaran lainnya.

Contoh besaran pokok beserta satuannya di atas harus dihafalkan dan dipahami untuk menguasai materi besaran pokok dan besaran turunan. 7 besaran pokok beserta satuannya dapat dihafalkan dengan mudah yaitu menggunakan singkatan atau akronim yaitu “JIWAKU SMP”. Apa maksud dari singkatan “JIWAKU SMP” ? untuk penjelasannya terdapat pada gambar dibawah ini :

besaran pokok dan turunan

Alat Ukur Besaran Pokok

Alat ukur besaran pokok dan penjelasannya akan dijabarkan dalam bentuk tabel yaitu sebagai berikut :

No Besaran Pokok Satuan Internasional
Lambang Satuan
Alat Ukur
1 Jumlah Zat mol mol
2 Intensitas Cahaya candela cd Candle meter, Lux meter
3 Waktu t sekon Stopwatch, Jam Tangan, Jam Pasir
4 Kuat Arus ampere A Amperemeter
5 Suhu kelvin K Termometer
6 Massa kilogram kg Neraca Lengan, Neraca Pegas, Neraca Digital
7 Panjang meter m Mistar, Jangka Sorong, Mikrometer Sekrup

 

Dimensi Besaran Pokok

Setelah mengetahui mengenai satuan selanjutnya akan dijelaskan mengenai dimensi dari besaran pokok. Tabel besaran pokok akan dijabarkan yaitu sebagai berikut :

No Besaran Pokok Satuan Internasional
Lambang Satuan
Lambang Dimensi
1 Jumlah Zat mol mol [N]
2 Intensitas Cahaya candela cd [J]
3 Waktu t sekon [T]
4 Kuat Arus ampere A [I]
5 Suhu kelvin K [θ]
6 Massa kilogram kg [M]
7 Panjang meter m [L]

 

 

Besaran Turunan

besaran turunan

Besaran Turunan Adalah

Apa itu besaran turunan ? pengertian besaran turunan adalah besaran yang hasilnya tidak dapat diketahui langsung menggunakan alat ukur melainkan dengan rumus. Ada juga yang mengatakan bahwa pengertiannya adalah besaran yang satuannya merupakan gabungan dari besaran – besaran penyusun.

Jadi untuk mencari hasil dari besaran ini adalah dengan mencarinya menggunakan rumus, karena tidak bisa langsung menggunakan alat ukur. Sebagai contoh pada rumus kecepatan :

rumus besaran turunan

Berdasarkan rumus, kecepatan disusun oleh 2 besaran yaitu jarak (panjang) dan waktu. Oleh karena itu satuan dari kecepatan adalah gabungan dari satuan besaran yaitu meter dan sekon. Sehingga dapat disimpulkan satuan dari kecepatan adalah m/s dan termasuk ke dalam kelompok besaran turunan.

 

– Contoh Besaran Turunan dan Satuannya

Di bawah terdapat contoh tabel besaran turunan. Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian pengertian, satuan besaran ini adalah besaral dari besaran – besaran penyusunnya atau gabungan dari besaran – besaran penyusunnya. Berikut adalah macam macam besaran turunan :

contoh besaran turunan

– Dimensi Besaran Turunan

Dimensi besaran turunan adalah dimensi yang berasal dari dimensi besaran penyusunnya atau gabungan dari dimensi besaran penyusunnya. Cara mudah untuk mengetahui dimensi dari besaran ini adalah dengan menghafal dimensi besaran pokok.

Jika kita sudah hafal besaran tersebut, kita tinggal menyusunnya saja berdasarkan urutan dan rumus besaran tersebut seperti dimensi daya, dimensi gaya, dimensi berat, dimensi momentum dan dimensi energi. Berikut adalah dimensinya :

dimensi besaran turunan

 

 

Usai sudah bahasan pada artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada kesalahan penulisan pada artikel ini dan ada yang ingin ditanyakan, bisa ditanyakan langsung di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *