Home Komputer Cara Membedakan Baterai Laptop atau Notebook Original, OEM dan KW

Cara Membedakan Baterai Laptop atau Notebook Original, OEM dan KW

cara membedakan baterai latop
 

Cara Membedakan Baterai Laptop – Kali ini Doyan Blog akan membahas tentang cara mengetahui perbedaan baterai laptop atau notebook original, OEM dan KW. Artikel ini sangat cocok untuk kalian yang sedang ragu saat ingin membeli baterai laptop atau notebook dan ingin tau cara cek keaslian baterai laptop agar tidak ditipu oleh baterai palsu.

Setiap barang elektronik semakin sering dipakai dan berumur pasti kualitas dan performa baterai semakin menurun. Itulah yang menyebabkan baterai laptop atau notebook jadi semakin cepat habis dan tidak tahan lama jika digunakan.

Jika sudah begitu hanya ada 2 pilihan, menggunakan kembali baterai tersebut tapi harus selalu stand by dengan chargernya atau membeli baterai yang baru.

Karena itulah saya akan memberikan tips membeli baterai laptop. Baterai laptop atau notebook terbagi menjadi 3 tipe yaitu Original (Original Service Center), OEM (Original Equipment Manufacturer), dan yang KW (Palsu).

Tips Mengetahui Tipe Baterai Laptop Original, OEM, dan KW

Berikut saya akan menjelaskan tentang tips mengetahui tipe baterai laptop original, OEM, dan KW dengan jelas dan lengkap.

1. Baterai Laptop Original

Baterai jenis ini biasanya disebut juga baterai OSC (Original Service Center) dan biasanya baterai jenis ini benar-benar original karena berasal dari service center. Sebenarnya baterai jenis ini memiliki kesamaan dengan OEM tetapi hanya mencari baterai OEM cukup sulit dan justru lebih banyak menemukan yang KW.

Oleh karena itu dibanding yang lain, Kualitas Baterai Laptop Original ini benar-benar original dan terpercaya. Namun harga baterai laptop original ini cukup mahal dan kita diharuskan datang ke service center. Karena hal itu banyak orang lebih memilih baterai OEM.

2. Baterai Laptop OEM (Original Equipment Manufacturer)

Baterai laptop OEM (Original Equipment Manufacturer) ini sebenarnya sama dengan baterai laptop original, tetapi berbeda tempat penjualannya. Baterai Laptop OEM bisa dibeli ditoko – toko pc dan laptop maupun toko online, sedangkan baterai laptop OSC hanya dijual di service center.

Dari segi kualitas, kualitas baterai OEM dan OSC sebenernya sama, hanya mendapatkan baterai laptop OEM cukup sulit dan lebih banyak menemukan baterai laptop KW. Walaupun begitu, baterai laptop OEM ini harganya cukup murah dibanding baterai OSC jadi karena itu orang – orang lebih memilih baterai OEM dibanding OSC.

3. Baterai Laptop KW (Palsu)

Baterai laptop KW ini merupakan jenis baterai yang palsu dan selalu bersaing dengan baterai laptop OEM. Baterai KW dan OEM cukup sulit dibedakan karena yang KW lebih banyak beredar dibanding OEM, karena itu kita harus jeli saat membeli.

Kualitas dari baterai KW ini cukup buruk dan biasanya daya tahannya tidak lama atau cepat rusak. Sedangkan harga dari baterai KW lebih murah dibanding baterai OSC dan OEM. Karena itu banyak orang sering tertipu dengan baterai KW ini karena harganya yang murah.

Cara Membedakan Baterai Laptop Asli dan Palsu

Setelah kita baca cara mengetahui tipe baterai laptop original, OEM dan KW maka kali ini saya akan memberitahu cara membedakan baterai original dan palsu. Berikut saya akan menjelaskan cara mengetahui perbedaan baterai laptop original dan palsu.

1. Tempat Membeli Baterai Laptop

Yang ini adalah cara yang paling mudah untuk mengetahui perbedaan baterai laptop original dan palsu. Baterai original bisa didapatkan di service center dan juga toko-toko besar terpercaya atau toko – toko langganan. Sedangkan baterai laptop palsu biasa dijual di toko online atau di toko – toko yang memang biasa menjual barang – barang palsu.

2. Harga Baterai Laptop

Yang kedua untuk mengetahui perbedaan baterai laptop original dan palsu adalah dari harganya. Sudah pasti harga adalah satu godaan dalam membeli barang apapun. Tapi kalian harus tau harga biasanya sebanding dengan kualitas oleh karena itu jauhi harga yang miring apalagi itu adalah brand besar. Pilihlah baterai dengan harga yang pasaran atau yang cukup bersaing dari brand – brand tertentu.

3. Garansi Baterai Laptop

Cara kali ini adalah salah satu cara yang cukup mudah dalam membedakan baterai laptop original dan palsu. Biasanya baterai original memiliki garansi langsung dari produsen dan memiliki garansi yang cukup panjang. Sedangkan baterai palsu memiliki garansi toko dan garansi yang cukup pendek.

4. Kemasan Baterai Laptop

Baterai original biasanya memiliki kemasan yang cukup rapih dan bagus sedangkan baterai palsu memiliki kemasan yang cukup buruk dan mudah rusak. Karena itu sebelum membeli baterai laptop, lihat dulu kemasan tersebut jika dirasa tidak meyakinkan lebih baik dihindari.

5. Tampilan Baterai Laptop

Cara ini sebenarnya cukup sulit untuk mengetahui perbedaan baterai original dan palsu. Tetapi sebaik-baiknya tupai melompat pasti akan jatuh juga. Cara mengetahui perbedaan baterai laptop dari tampilan adalah dengan disamakan dengan baterai original saat pertama kali baru membeli laptop tersebut. Jika tampilannya sama, perhatikan tulisan pada baterai tersebut biasanya baterai original memiliki tulisan yang jelas sedangkan yang palsu agak buram dan tidak jelas. Yang kedua adalah dengan melihat barcode atau serial code produk tersebut, jika tidak memiliki barcode dan serial code bisa dipastikan itu adalah baterai palsu.

Barusan kita telah membahas cara membedakan baterai laptop atau notebook original, OEM dan KW. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk pembaca, saran saya harus lebih berhati-hati dalam membeli produk elektronik apapun jika tidak ingin menyesal setelah membelinya. Jika ada pertanyaan atau kekurangan bisa ditanyakan di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here