Home Blogging Cara Membuat Blog Pribadi Gratis Untuk Pemula Lengkap

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis Untuk Pemula Lengkap

cara membuat blog pribadi

Cara Membuat Blog Pribadi – Jika anda mempunyai jiwa seorang penulis dan sedang mencari – cari artikel tentang cara membuat blog di google.  Maka kalian sedang berada di tempat yang tepat karena Doyan Blog kali ini akan membahas tentang cara membuat blog sendiri.

Biasanya beberapa penulis menggunakan blog untuk sekedar menceritakan pengalamannya, namun ada juga beberapa penulis yang menggunakan blog untuk menghasilkan uang dari adsense. Di zaman yang sudah canggih ini, mindset orang-orang berpikir bahwa blog selalu bisa menghasilkan uang dan kenyataan yang terjadi ternyata tidak begitu.

Karena hal itu orang-orang berlomba-lomba bikin blog untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari adsense. Jika kita hanya mengejar penghasilan biasanya blog akan terbangkalai dan justru tidak menghasilkan apa-apa.

Jadi jangan berpikir tentang penghasilan dulu ya hehehe.

Saat membangun sebuah blog lebih baik memikirkan dulu artikel apa yang ingin dihasilkan dan yang pasti harus berkualitas agar visitor atau pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan merasa nyaman, baru mulai bisa memikirkan penghasilan.

Dalam menyusun atau membuat blog pribadi banyak hal yang diperlukan agar blog milik kita berada di halaman pertama google yaitu ide, niche, SEO, artikel, backlink dan lain-lain.

Jadi dalam pembuatan blog itu kita harus memiliki konsep dan struktur agar blog bisa berkembang dan bisa menghasilkan uang. Tidak bisa asal buat blog lalu pos artikel dan berharap menghasilkan uang.

Pada saat membuat blog sendiri kita harus memilih platform gratis yang ingin digunakan untuk blog kita, ada beberapa platform blog yang biasa digunakan yaitu blogger dan wordpress. Di bawah artikel ini juga nanti akan menjelaskan tentang cara buat blog gratis di kedua platform tersebut.

Kenapa menggunakan blogger atau wordpress ? karena 2 platform tersebut adalah yang paling banyak digunakan oleh blogger di seluruh dunia secara gratis. Diantara kedua 2 platform tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan. Apa kelebihan dan kekurangan blogger dan wordpress ? Itu telah dibahas di postingan Perbedaan Blogger dan WordPress, Mana yang Lebih Unggul ?.

Berikut ini akan menjelaskan tentang cara membuat blog gratis di blogger dan wordpress secara lengkap beserta gambar.

Cara Membuat Blog di Blogger

1. Pertama yang kita perlukan untuk daftar blogger yaitu adalah gmail. Kemudian buka situs blogger.com. Jika kalian belum memiliki gmail, bisa mengunjungi postingan Cara Buat Akun Gmail Gratis dan Mudah.

pertama buka situs blogger.com
2. Lalu masukkan alamat gmail anda. Kenapa gmail ? karena blogger.com ini termasuk produk google jadi diperlukan gmail untuk masuk ke blogger.com kemudian pilih Berikutnya.
 
kedua masukkan alamat gmail
 
3. Masukkan password alamat gmail yang anda miliki lalu pilih Berikutnya.
 
ketiga masukkan password alamat gmail
4.Kemudian kita diharuskan memilih profil terlebih dahulu, pada step kali ini kita pilih Profil Google+ saja dengan cara klik Buat profile Google+.
 
keempat pilih profil
5. Sekarang muncul form yang telah diisi otomatis, kok bisa isi otomatis ? karena data tersebut diperoleh dari data akun gmail anda tapi jika ada yang ingin dirubah, silahkan diubah terlebih dahulu lalu pilih CREATE PROFILE.
 
kelima buat profile google plus
6. Selanjutnya kita diberikan opsi untuk menambahkan foto profil. Jika ingin menambahkan silahkan klik pada gambar kamera, lalu pilih SAVE. Jika ingin dilewati saja bisa pilih SKIP.
 
keenam pilih foto profil
7. Lalu akan muncul Konfirmasi bahwa akun Google+ anda telah dibuat untuk melanjutkan pilih Lanjutkan ke Blogger.
 
ketujuh konfirmasi akun google plus
8. Kemudian akan muncul pilihan untuk membuat blog baru, pilih BUAT BLOG BARU.
 

 

kedelapan pilih blog baru
9. Nanti akan muncul form yang digunakan untuk mengisi Judul, Alamat, dan memilih Tema lalu klik Buat blog!.

 

 
kesembilan buat judul alamat dan pilih tema blog
 
          Keterangan :

 

  • Judul : Isi pada form ini sesuai dengan judul yang anda inginkan, sebagai contoh kita isi Doyan Blog
  • Alamat : Isi pada form ini sesuai dengan alamat yang diinginkan, sebagai contoh kita isi doyanblog.blogspot.com
  • Tema : Pilih tema default yang sediakan oleh blogger, pilih saja sesuai dengan selera.
 
10. Sampai di step kali ini maka berarti blog anda telah berhasil dibuat. Silahkan isi blog anda dengan artikel yang berkualitas maka cepat atau lambat penghasilan akan menghampiri blog anda hehe tapi sebelum itu anda harus mengetahui beberapa menu yang terdapat di blogger.com
 
kesepuluh blog telah berhasil dibuat

Menu-menu pada blogger.com

  • Pos : menu ini akan menampilkan pos yang ada di blog anda, biasanya terbagi-bagi ada yang sudah terbit/index dan ada yang masih bentuk draft.
  • Statistik : menu ini menampilkan informasi pada blog anda dalam bentuk statistic seperti penayangan hari ini, kemarin dan lain-lain.
  • Komentar : menu ini menampilkan komentar yang ada, ada yang sudah terbit, menunggu konfirmasi dan komentar spam
  • Laman : menu ini akan menampilkan laman yang ada di blog anda, biasanya terbagi-bagi ada yang sudah terbit/index dan ada yang masih bentuk draft.
  • Tata Letak : pada menu ini akan menampilkan tampilan pada blog anda seperti widget dan lain-lain.
  • Tema : menu ini menampilkan setting untuk tema blog anda. Anda bisa mengganti dan mengedit blog anda pada blog anda di menu ini.
  • Setelan : menu ini menampilkan pengaturan untuk blog anda.
  • Daftar bacaan : menu ini menampilkan postingan blog blog yang telah anda ikuti, ini bisa membantu anda dalam mencari referensi untuk artikel yang ingin anda buat.
  • Bantuan : menu ini menampilkan menu bantuan dari google untuk membantu anda dalam menggunakan blogger.com

Cara Membuat Blog di WordPress

1. Pertama yang harus dilakukan untuk daftar blog di wordpress adalah dengan membuka situs id.wordpress.com lalu pilih Mulai di pojok kanan atas.

pertama buka situs wordpress.com

2. Kemudian kita diharuskan untuk membuat akun blog namun ada opsi agar kita tidak perlu melakukan hal tersebut yaitu dengan memilih Lanjutkan Google. Untuk menggunakan opsi Lanjutkan Google pastikan anda memiliki akun gmail, jika belum mempunyai bisa membuka

 
kedua pilih lanjutkan google

3. Lalu masukkan gmail dan password yang anda miliki lalu pilih Berikutnya.

 
masukkan alamat dan password gmail

4. Selanjutnya akan muncul form yang harus diisi sesuai dengan blog yang ingin anda buat. Sebagai contoh bisa melihat gambar dibawah lalu pilih Lanjutkan.

 
keempat isi form sesuai dengan blog

5. Kemudian anda harus memilih alamat blog anda atau istilahnya domain blog anda nantinya. Isi pada kolom search sesuai dengan alamat blog yang anda ingin buat lalu akan muncul banyak pilihan. Karena artikel ini membahas tentang cara bikin blog gratis maka pilih saja Gratis.

kelima pilih alamat blog wordpress

6. Lalu akan muncul pilihan untuk paket hosting blog wordpress yang ingin kita buat. Kita pilih saja yang gratis jadi klik pada Mulai dengan Gratis.

keenam pilih hosting gratis

7. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa blog anda telah berhasil dibuat, pilih Lanjutkan.

 
ketujuh pemberitahuan blog telah berhasil dibuat

8. Kemudian anda telah masuk ke dashboard wordpress blog anda dan sampai tahap ini cara buat blog baru di wordpress telah berhasil. Selesaikan verifikasi untuk blog kalian tapi agar kalian lebih mudah menggunakan wordpress, pelajari dulu Menu-menu pada wordpress.com

 
kedelapan masuk ke dashboard blog wordpress

Menu-menu pada wordpress.com

menjelaskan menu menu yang ada pada blogger.com
  • Lihat Situs : menu ini berfungsi untuk menuju blog yang telah anda buat.
  • Statistik : menu ini menampilkan statistik blog anda seperti jumlah pengunjung dan lain-lain.
  • Aktivitas : menu ini menampilkan aktivitas pada blog anda seperti artikel yang baru saja anda buat, penggantian domain dan lain-lain.
  • Paket : menu ini menampilkan paket hosting yang anda pilih, anda bisa upgrade hosting anda pada menu ini.
  • Halaman Situs : menu ini berfungsi melihat dan membuat halaman pada blog anda.
  • Pos Blog : menu ini berfungsi melihat dan membuat pos pada blog anda.
  • Media : menu ini menampilkan media yang ada pada blog anda seperti gambar, video dan suara.
  • Comments : menu ini menampilkan komentar yang ada pada blog anda.
  • Umpan Balik : menu ini menampilkan artikel yang sudah terbit atau masih draft.
  • Plugin : menu ini berfungsi untuk menambahkan dan mengelola plugin untuk blog kita. Apa gunanya plugin ini ? banyak sekali salah satu contoh seperti SEO dengan menambahkan plugin Yoast SEO.
  • Impor : menu ini berfungsi untuk membantu kita mengimpor atau memasukkan seperti postingan, halaman, komentar, gambar dan lain-lain yang sudah ada pada blog kita sebelumnya yang menggunakan platform blog lain seperti blogger.com ke wordpress.
  • Sesuaikan : menu ini berfungsi mengatur desain pada blog kita seperti tema, widget dan lain-lain.
  • Berbagi : menu ini berfungsi untuk memilih sosial media yang akan muncul di dalam blog sebagai media untuk share artikel blog kita.
  • Orang-orang : menu ini berfungsi untuk menambahkan orang lain untuk mengelola blog kita atau bahkan akun kita yang lain.
  • Domain : menu ini menampilkan domain blog anda, tapi juga bisa membeli custom domain pada menu ini. Jika kalian ingin tau cara membeli domain dan hosting bisa mengunjungi postingan Cara Beli Domain dan Hosting Murah.
  • Pengaturan : menu ini menampilkan pengaturan – pengaturan yang ada pada blog kita seperti mengganti nama blog, domain, bahasa , waktu dan lain-lain.

Semoga dengan postingan cara membuat blog pribadi gratis di blogger dan wordpress ini bisa bermanfaat untuk para pembaca. Apabila ada kekurangan atau pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here