metamorfosis anjing

Metamorfosis dan Daur Hidup Anjing : Urutan dan Tahapan

Diposting pada

Daur Hidup Anjing – Anjing merupakan hewan yang paling dekat dan ramah dengan manusia selain kucing. Karena kedekatan antara manusia dan anjing, metamorfosis anjing menarik untuk dipelajari. Daur hidup anjing dan penjelasannya akan dijelaskan yaitu sebagai berikut :

Baca juga Daur Hidup Nyamuk

 

Siklus Hidup Anjing

siklus hidup anjing
gambar anjing

Anjing merupakan hewan yang termasuk ke dalam kelas “Mammalia” dan termasuk juga ke dalam Ordo “Carnivora”. Anjing salah satu hewan yang paling dekat dengan manusia. Selain dijadikan sebagai hewan peliharaan, anjing juga bisa dilatih untuk keperluan tertentu seperti anjing penjaga atau anjing pelacak karena memiliki kepintaran.

Ciri khas dari hewan ini adalah rahang yang kuat dan gigi yang tajam untuk menyerang dan menggigit makanan. Hewan ini juga memiliki 4 kaki yang bisa digunakan untuk berlari dengan sangat cepat.

Indra penciuman yang dimiliki oleh anjing juga sangat tajam. Bahkan sudah banyak anjing yang dilatih untuk melacak narkoba atau barang selundupan hingga melacak bau seseorang. Anjing dilatih dengan cara fokus untuk mencium 1 bau dan menghiraukan bau – bau yang lainnya.

Anjing juga disebut memiliki kekurangan pada indra penglihatannya yaitu buta warna. Akan tetapi terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa anjing sebenarnya tidak buta warna, hanya saja warna yang dilihat oleh penglihatan anjing tidak sebanyak seperti pada penglihatan manusia.

Anjing juga termasuk hewan karnivora yang berarti hewan ini memakan daging. Selain itu anjing juga memakan daging bangkai, oleh karena itu anjing juga dijuluki hewan pemakan bangkai. Walaupun pemakan daging, ternyata anjing juga bisa memakan sayur sayuran dan tumbuh tumbuhan.

Para peneliti menyatakan bahwa anjing sudah ada sejak 15.000 – 100.000 tahun yang lalu. Anjing juga banyak sekali jenis dan rasnya, bahkan banyak ras atau spesies baru yang dihasilkan dari perkawinan beda ras.

Anjing juga termasuk ke dalam hewan yang tidak metamorfosis karena tidak mengalami perubahan bentuk pada daur hidupnya, akan tetapi anjing memiliki daur hidup. Untuk lebih lengkapnya, daur hidup hewan anjing akan dijelaskan yaitu sebagai berikut.

Baca juga Daur Hidup Katak

 

Daur Hidup Anjing

daur hidup anjing
gambar daur hidup anjing

Gambar daur hidup anjing diatas merupakan gambaran sederhana dari seluruh proses siklus hidup pada anjing. Daur hidup anjing dan penjelasannya akan dijelaskan yaitu sebagai berikut :

1. Fase Anak Anjing

Pada fase yang pertama ini, anak anjing dilahirkan dari hasil perkawinan antara anjing jantan dan betina. Anjing betina akan memasuki fase kehamilan dari hasil perkawinannya tersebut. Fase kehamilan pada anjing membutuhkan waktu sekitar 63 hari hingga melahirkan.

Setelah melahirkan, anak anjing akan selalu bersama induknya hingga 8 minggu pertama. Pada fase ini, anak anjing juga masih membutuhkan susu dari induknya untuk pertumbuhan. Anak anjing akan belajar mengenali lingkungan sekitar dan juga mengenali manusia dan hewan lainnya.

Fase ini berlangsung hingga anjing mulai berusia 6 bulan sampai 18 bulan dan juga anak anjing sudah bisa untuk hidup mandiri dan tidak membutuhkan susu dari induknya lagi.

 

2. Fase Anjing Muda

Fase ini terjadi ketika anjing mulai berusia 6 bulan hingga 18 bulan, tergantung dari jenis atau spesies dan juga lingkungan tempat anjing tersebut tinggal. Pada fase ini, anjing sudah tidak lagi membutuhkan susu dari sang induk.

Anjing muda juga sudah mulai bisa mencari makanannya sendiri dan mulai hidup mandiri. Selain itu, fase ini juga adalah fase yang paling pas untuk melatih seekor anjing untuk dijadikan anjing pelacak atau anjing penjaga.

Mengapa disebut fase yang paling pas untuk melatih anjing ? karena pada fase ini, motorik anjing sudah mulai matang dan lebih mudah untuk dilatih untuk menuruti perintah yang diberikan.

 

3. Fase Anjing Dewasa

Setelah anjing mulai berusia 18 bulan hingga 24 bulan, maka anjing sudah mulai memasuki fase anjing dewasa. Pada fase ini, tubuh anjing sudah mulai proporsional dan memiliki rahang yang kuat dan gigi yang tajam.Pada fase ini juga, anjing sudah sangat mudah mengenali lingkungan sekitar dan mudah diberikan perintah jika sudah dilatih sejak kecil.

Indra penciuman hewan ini juga semakin tajam jika dibandingkan ketika masih fase anjing muda. Organ reproduksi hewan ini juga mulai matang dan siap untuk ber-reproduksi atau melakukan perkawinan. Anjing juga akan mulai melakukan perkawinan dan melahirkan anak anak anjing yang baru.

 

Usai sudah bahasan kali ini mengenai metamorfosis dan daur hidup anjing. Jika terdapat kesalahan penulisan dan ada yang ingin ditanyakan, silahkan ditanyakan di kolom komentar. Sekian dan terima kasih.