metamorfosis ikan

Metamorfosis dan Daur Hidup Ikan : Tahapan dan Siklus

Diposting pada

Daur Hidup Ikan – Ikan merupakan hewan yang hidup di air dan bernafas menggunakan insang. Selain fakta tersebut, metamorfosis ikan menarik untuk dipelajari. Siklus hidup ikan dan penjelasannya akan dijelaskan lebih lengkap yaitu sebagai berikut.

Baca juga Daur Hidup Anjing

 

Metamorfosis Ikan

siklus hidup ikan

Ikan merupakan hewan yang termasuk ke dalam filum Chordata dan termasuk ke dalam kelompok Vertebrata (hewan bertulang belakang). Ikan memiliki ciri khas hidup di air dan memiliki sirip untuk berenang. Karena ikan hidup di air, ikan memiliki alat pernafasan yang unik. Jika pada umumnya hewan bernafas menggunakan paru paru, maka ikan bernafas menggunakan insang.

Secara umum ikan terbagi 3 jenis yaitu ikan tanpa rahang, ikan bertulang rawan dan ikan bertulang keras. Dari 3 jenis ikan tersebut, terdapat 27.000 lebih spesies ikan yang tersebar di seluruh dunia.

Ikan merupakan hewan yang dapat konsumsi karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Terdapat berbagai macam cara mengonsumsi ikan yaitu dikonsumsi dalam keadaan mentah seperti sushi, dikonsumsi dalam keadaan dibumbui seperti ikan bakar atau sop ikan, dan ada juga yang diolah terlebih dahulu seperti bakso ikan atau kerupuk ikan.

Selain memiliki manfaat seperti dapat dikonsumsi oleh manusia, namun terdapat hal lain dari ikan yang menarik untuk diketahui yaitu metamorfosis ikan. Daur hidup ikan melalui 3 fase yaitu telur – larva (ikan kecil) – ikan dewasa. Ikan memiliki daur hidup akan tetapi tidak memiliki metamorfosis, karena tidak mengalami perubahan bentuk.

Baca juga Daur Hidup Ayam

 

Daur Hidup Ikan

daur hidup ikan
gambar daur hidup ikan

Gambar metamorfosis ikan diatas merupakan gambaran sederhana dari seluruh proses daur hidup ikan. Metamorfosis ikan melalui 3 tahapan yaitu telur – larva – ikan. Daur hidup ikan dan penjelasannya akan dijelaskan lebih lengkap yaitu sebagai berikut.

1. Telur

Awal daur hidup ikan yang pertama adalah telur. Pada fase ini telur akan dibuahi di luar tubuh induk betina. Ikan betina akan meletakkan telurnya di suatu tempat yang aman dari para pemangsa. Kemudian ikan jantan akan membuahi telur tersebut dengan cara menyemprotkan sperma pada kumpulan telur tersebut.

Telur – telur yang berhasil dibuahi tersebut akan terbentuk menjadi embrio baru kemudian menetas. Cepat atau lambatnya telur menetas bisa dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu suhu dan jenis perairan. Pada umumnya ikan yang hidup pada perairan yang memiliki suhu hanget, telur yang dihasilkan akan lebih cepat menetas. Sebaliknya, pada ikan yang hidup pada perairan yang memiliki suhu dingin, telur yang dihasilkan akan lebih lama menetasnya.

 

2. Larva

Siklus hidup ikan yang kedua adalah larva atau ikan kecil. Larva adalah bentuk setelah embrio ikan berhasil menetas. Biasanya setelah menetas, bentuk larva seperti memiliki kantung kecil berwarna kuning pada perutnya.

Kantung kuning tersebut berfungsi sebagai sumber makanan bagi larva yang baru saja menetas. Kantung tersebut juga hanya akan bertahan beberapa hari. Setelah kantung tersebut habis atau menghilang, larva mulai akan mencari makanannya sendiri.

Beberapa bagian tubuh ikan pada fase ini juga masih belum sempurna. Dan juga pada fase ini, larva sangat rentan untuk dimangsa karena belum bisa melindungi diri.

 

3. Ikan Dewasa

Daur hidup ikan yang terakhir adalah ikan dewasa. Setelah ikan memiliki bentuk tubuh yang sempurna, maka ikan sudah mulai memasuki fase ikan dewasa. Ikan dewasa sudah mulai bisa memangsa dan melindungi diri dari pemangsa karena sudah memiliki tubuh yang kuat dan sempurna.

Selain itu ikan dewasa juga sudah mulai bisa bereproduksi karena memiliki alat reproduksi yang matang. Ikan dewasa mulai berkembang biak dengan cara mulai bertelur dan juga membuahi untuk menghasilkan telur telur yang akan menjadi ikan ikan yang baru.

 

Demikian penjelasan mengenai metamorfosis dan daur hidup ikan. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisan dan ingin memberikan kritik atau saran, bisa ditulis di kolom komentar.