siklus hidup kambing

Daur Hidup Kambing : Jenis dan Skema Siklus Hidup

Diposting pada

Daur Hidup Kambing – Kambing merupakan hewan yang dikenal memiliki suara unik dan juga dikenal sebagai hewan ternak. Selain fakta menarik tersebut, jenis siklus hidup kambing juga menarik untuk kita ketahui. Skema siklus hidup kambing dan penjelasannya akan dijelaskan yaitu sebagai berikut.

Baca juga Daur Hidup Anjing

 

Skema Siklus Hidup Kambing

skema siklus hidup kambing
gambar kambing

Kambing merupakan hewan yang termasuk ke dalam filum “Chordata” dan juga termasuk ke dalam kelas “Mammalia” dan ordo “Artiodactyla”. Hewan ini memiliki ciri khas memiliki suara yang unik dan memiliki janggut, selain itu seluruh bagian tubuh hewan ini memiliki banyak manfaat.

Karena memiliki banyak manfaat seperti daging dan kulitnya, kambing dijadikan sebagai hewan ternak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menyatakan bahwa kambing sudah dijadikan hewan ternak sejak 8000 sampai 9000 tahun yang lalu di Asia Barat.

Kambing juga termasuk ke dalam herbivora yang berarti sebagai hewan pemakan tumbuh – tumbuhan. Terdapat 300 spesies kambing yang tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Spesies kambing yang terkenal di Indonesia adalah spesies kambing etawa, kambing boer, kambing jawa randu, kambing merica dan lain – lain. Kambing jantan dan betina memiliki perbedaan pada ukuran tanduknya. Tanduk pada kambing jantan jauh lebih besar dibanding betina.

Hewan ini tidak mengelami metamorfosis karena tidak mengalami perubahan bentuk, namun kambing memiliki daur hidup. Skema siklus hidup kambing melalui 3 tahapan yaitu anak kambing – kambing muda- kambing dewasa. Penjelasan tentang daur hidup kambing akan dijelaskan lebih lengkap setelah ini.

Baca juga Daur Hidup Ayam

 

Daur Hidup Kambing

daur hidup kambing
gambar daur hidup kambing

Gambar daur hidup kambing diatas merupakan gambaran sederhana dari proses siklus hidup kambing. Daur hidup kambing melalui 3 fase yaitu anak kambing – kambing muda – kambing dewasa. Jenis siklus hidup kambing dan penjelasannya akan dijelaskan lebih lengkap sebagai berikut.

1. Anak Kambing

Metamorfosis kambing yang pertama adalah anak kambing. Cara berkembang biak kambing adalah dengan melakukan perkawinan dan melahirkan. Sebelum kambing melahirkan anak kambing, kambing dewasa jantan dan betina akan melakukan perkawinan terlebih dahulu.

Setelah melakukan perkawinan, kambing betina sudah dibuahi oleh jantan dan mulai mengandung anak kambing. Ketika sudah waktunya untuk melahirkan, sang induk akan melahirkan anak kambingnya tersebut.

Anak kambing yang baru dilahirkan memiliki berat bervariasi antara 1 kg hingga 4 kg, tergantung spesies dan jenis kambingnya. Anak kambing belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna. Oleh karena itu, anak kambing hanya akan bergantung dari susu induknya sebagai sumber makanan.

 

2. Kambing Muda

Daur hidup kambing yang kedua adalah kambing muda. Ketika anak kambing sudah memiliki pencernaan yang sempurna dan bisa mencari makanannya sendiri. Maka anak kambing sudah mulai memasuki fase kambing muda.

Pada fase ini, kambing mulai mencari jati diri dan status sosialnya. Dan juga, kambing akan menentukan apakah ia akan hidup mandiri atau berkelompok. Untuk spesies kambing liar, biasanya akan hidup secara mandiri.

Namun untuk spesies kambing ternak, biasanya akan hidup secara berkelompok. Dalam satu kelompok kambing ternak, terdiri dari 3 sampai 10 kambing.

 

3. Kambing Dewasa

Skema siklus hidup kambing yang terakhir adalah kambing dewasa. Di fase ini, kambing sudah memiliki bentuk tubuh yang sempurna dan cocok untuk dikonsumsi. Pada kambing betina juga sudah menghasilkan susu dan sudah bisa untuk menyusui.

Dan pada fase ini juga, kambing sudah memiliki alat reproduksi yang matang. Karena sudah memiliki alat reproduksi yang matang, maka hewan ini akan melakukan perkawinan dan melahirkan anak – anak kambing baru.

 

Demikian penjelasan mengenai metamorfosis dan daur hidup kambing. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisan dan ingin memberikan kritik atau saran, bisa ditulis di kolom komentar.