pertumbuhan kucing

Pertumbuhan dan Daur Hidup Kucing : Proses dan Siklus Hidup

Diposting pada

Daur Hidup Kucing – Kucing merupakan salah satu hewan yang paling dekat dengan manusia. Karena merupakan hewan yang paling dekat dengan manusia, kita perlu mengetahui Pertumbuhan kucing. Metamorfosis kucing dan penjelasannya akan dijelaskan lebih lengkap yaitu sebagai berikut.

Baca juga Daur Hidup Anjing

 

Metamorfosis Kucing

metamorfosis kucing
gambar kucing

Kucing merupakan hewan yang termasuk ke dalam filum “Chordata”, kelas “Mammalia” dan ordo “Carnivora”. Hewan ini dianggap masih 1 keluarga dengan singa, macan dan harimau dan sudah ada sejak 6 – 7 tahun yang lalu di Asia.

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia selain anjing. Karena tingkah yang lucu dan menggemaskan serta memiliki bulu yang lembut, membuat banyak orang tertarik untuk memelihara hewan ini.

Kucing memiliki ciri ciri yaitu memiliki bulu lembut dan gigi taring yang tajam. Pada umumnya, tubuh kucing memiliki berat 3 hingga 7 kg. Selain itu kucing dapat hidup selama 15 sampai 20 tahun, tergantung pada jenis dan lingkungan tempat kucing tersebut tinggal.

Kucing memiliki tingkah laku unik seperti sering menjilati tubuhnya dengan tujuan untuk membersihkan tubuhnya. Kucing juga memiliki cara beradaptasi yang unik seperti menandai sebuah tempat dengan air seni.

Karena banyak yang menyukai dan memelihara kucing, kita perlu mengetahui siklus hidup kucing. Kucing tidak melakukan metamorfosis akan tetapi memiliki daur hidup. Karena kucing tidak mengalami perubahan bentuk saat berkembang biak.

Metamorfosis tidak sempurna pada kucing menarik untuk dipelajari. Daur hidup kucing dan penjelasannya akan dijelaskan lebih lengkap pada bagian Pertumbuhan Kucing.

Baca juga Daur Hidup Ikan

 

Pertumbuhan Kucing

daur hidup kucing
gambar daur hidup kucing

Gambar pertumbuhan kucing diatas merupakan gambaran sederhana dari proses daur hidup kucing. Daur hidup kucing mengalami 3 fase yaitu anak kucing – kucing muda – kucing dewasa. Siklus hidup kucing akan dijelaskan lebih lengkap yaitu sebagai berikut.

1. Anak Kucing

Daur hidup kucing yang pertama adalah anak kucing. Anak kucing dihasilkan dari proses perkawinan antara kucing jantan dan kucing betina. Kucing dewasa betina mampu mengandung 4 janin sekaligus karena memiliki bentuk khusus pada perutnya. Itulah alasan kenapa kucing dalam sekali melahirkan bisa lebih dari 1 ekor.

Kucing betina akan mengandung anak kucing sekitar 63 hari. Ketika sudah dilahirkan, anak kucing akan terlahir dalam keadaan tidak bisa melihat dan tidak bisa mendengar. Namun indra penciuman sudah bekerja dengan baik.

Pertumbuhan anak kucing berlangsung bertahap. Anak kucing baru bisa melihat saat berusia 7 – 15 hari dan baru mendengar saat berusia 15 hari atau lebih. Induk kucing akan menjaga dan menyusui anak kucing hingga usia 6 – 7 minggu, setelah itu anak kucing mulai mencari makanannya sendiri dibantu oleh induk kucing.

 

2. Kucing Muda

Daur hidup hewan kucing yang kedua adalah kucing muda. Ketika sudah berusia hingga 17 minggu maka kucing mulai memasuki fase kucing muda. Pada fase ini, organ tubuh pada kucing muda mulai terbentuk dengan sempurna.

Pertumbuhan hewan kucing pada fase ini sudah mulai terlihat. Kucing sudah mulai tumbuh gigi taring dan alat reproduksi sudah mulai matang, sehingga mulai tertarik dengan lawan jenis. Fase kucing muda hanya terjadi ketika kucing berusia 17 minggu hingga 1 tahun.

 

3. Kucing Dewasa

Daur hidup kucing yang terakhir adalah kucing dewasa. Tahap pertumbuhan hewan kucing pada fase ini sudah mulai matang. Kucing sudah mulai memasuki usia lebih dari 1 tahun. Organ tubuh kucing sudah sempurna dan alat reproduksi sudah matang.

Pada fase ini kucing sudah siap untuk melakukan perkawinan dan melahirkan anak anak kucing baru. Fase birahi pada kucing hanya terjadi sekitar 2 sampai 3 kali dalam setahun.

Pada umumnya kucing hanya mampu hidup selama 15 tahun. Namun umur kucing tergantung tempat dimana kucing tersebut tinggal. Jika kucing hidup secara liar, biasanya hanya mampu hidup hingga 2 sampai 3 tahun karena dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya adalah perkelahian antar kucing karena memperebutkan wilayah.

Berbeda dengan kucing yang dijadikan hewan peliharaan. Kucing peliharaan mampu hidup lebih lama dibanding kucing liar karena kebutuhan kucing sudah terjamin seperti makanan, kebersihan dan kesehatannya. Selain itu, kucing tidak perlu melakukan perkelahian dengan kucing lain untuk memperebutkan wilayah.

 

Demikian penjelasan mengenai metamorfosis dan daur hidup kucing. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisan dan ingin memberikan kritik atau saran, bisa ditulis di kolom komentar.