Beranda IPA Metamorfosis dan Daur Hidup Lalat

Metamorfosis dan Daur Hidup Lalat

metamorfosis lalat

Daur Hidup Lalat – Lalat adalah binatang sejenis serangga yang dibenci karena dianggap kotor dan membawa berbagai macam penyakit. Lalat biasa hidup di tempat yang kotor seperti tempat sampah dan biasa hinggap pada makanan – makanan yang tidak tertutup. Walaupun dianggap serangga yang menjijikkan dan hewan pengganggu, Lalat memiliki metamorfosis yang unik dan membuat banyak peneliti tertarik untuk meniliti mengenai metamorfosis lalat. Untuk lebih jelasnya mengenai siklus hidup lalat akan dijelaskan sebagai berikut.

Pengertian Lalat

siklus hidup lalat
gambar lalat

Lalat adalah salah satu bintang yang termasuk ke dalam jenis serangga. Lalat juga termasuk ke dalam kerajaan animalia dan filum arthropoda. Dan juga lalat termasuk ke dalam ordo diptera, dalam bahasa yunani Diptera terdiri dari “Di” yang berarti dua dan “Ptera” yang berarti dua. Jika disimpulkan bahwa lalat adalah jenis serangga yang memiliki dua sayap.

Perbedaan yang cukup jelas antara lalat dengan ordo serangga yang lainnya adalah lalat memiliki dua jenis sayap, yaitu sepasang sayap yang digunakan untuk terbang dan juga sepasang sayap yang biasa disebut sebagai halter yang berasal dari sayap bagian belakang pada metatoraks. Selain itu, metamorfosis lalat disebut juga sebagai metamorfosis sempurna karena terdiri dari empat tahap yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa.

Menurut penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa daur hidup lalat membutuhkan waktu sekitar 7 – 22 hari, bisa juga berubah tergantung beberapa faktor seperti suhu dan makanan. Daur hidup lalat disebut sebagai metamorfosis sempurna, karena melewati 4 tahapan yaitu telur, larva, pupa dan dewasa. Selain lalat, terdapat bintang lainnya yang memiliki metamorfosis sempurna yaitu daur hidup nyamuk dan daur hidup katak. Untuk lebih lengkapnya mengenai metamorfosis lalat yaitu sebagai berikut.

 

Daur Hidup Lalat

daur hidup lalat
gambar daur hidup lalat

Metamorfosis lalat disebut sebagai metamorfosis sempurna karena memiliki 4 tahap yaitu telur lalat, larva lalat, pupa lalat lalu kemudian menjadi lalat dewasa. Dibawah ini penjelasan lebih lengkapnya mengenai daur hidup lalat.

1. Telur Lalat

Lalat termasuk ke dalam hewan yang bertelur, oleh karena itu fase pertama dalam siklus hidup lalat adalah telur. Hasil dari perkawinan lalat betina dan lalat jantan akan menghasilkan telur, lalu telur tersebut oleh lalat betina diletakkan di tempat tempat yang kotor seperti tempat sampah, kotoran manusia, dan bangkai binatang. Alasan lalat betina meletakkan telurnya pada tempat kotor adalah sebagai sumber makanan setelah telur tersebut menetas menjadi larva lalat dan juga dianggap aman dari para predator.

Pada umumnya, lalat betina hanya bisa bertelur hingga 5 – 6 kali dalam seumur hidupnya, akan tetapi dalam sekali bertelur bisa menghasilkan hingga 75 – 150 telur. Pada fase ini berlangsung 12 sampai 24 jam hingga telur menetas menjadi larva, tergantung pada kelembapan dan suhu. Semakin panas suhu, telur lalat tersebut akan cepat menetas dan begitupun sebaliknya.

2. Larva Lalat

Setelah melalui fase pertama yaitu telur. Kemudian lalat akan menetas menjadi sebuah larva atau yang biasa kita sebut sebagai belatung. Pada fase larva ini hanya membutuhkan waktu 2 hari sebelum ia memasuki fase pupa, larva akan berbentuk kecil dan berwarna putih lalu kemudian mencari makanan di tempat kotor seperti tempat sampah, bangkai hewan dan lain – lain, tidak jauh dari tempat dimana larva tersebut masih menjadi telur.

Selama fase ini, larva akan beberapa kali melakukan pergantian kulit lalu tumbuh semakin membesar dan tubuhnya akan semakin mengeras. Namun setelah itu larva akan segera mencari tempat perlindungan dari para predator lalu mulai memasuki fase pupa.

3. Pupa Lalat

Jika pada fase sebelumnya larva mulai mencari tempat perlindungan untuk memulai memasuki fase pupa sekaligus mencari tempat untuk berlindung dari para predator. Selain itu, larva juga akan memilih tempat yang memiliki suhu yang panas untuk mempercepat proses saat menjadi pupa.

Pada fase ini, pupa membutuhkan waktu sekitar 3 hari sampai 1 minggu. Saat proses menjadi pupa, tubuh larva akan mulai mengeras dan tidak bergerak sama sekali (tidak aktif). Tubuh pupa seperti memiliki cangkang. Pada fase akhir pupa, cangkang pupa mulai retak dan lalat mulai tumbuh sayap kemudian keluar dari cangkang pupa tersebut. Lalat akan keluar dari cangkang pupa kemudian terbang dan mulai tumbuh menjadi lalat dewasa (imago).

4. Lalat Dewasa

Siklus hidup lalat yang terakhir adalah lalat dewasa. Setelah melalui fase pupa, lalat mulai memasuki fase lalat dewasa. Pada fase ini lalat dewasa hanya mampu hidup dari 2 sampai 4 minggu. Banyak hal yang bisa mempengaruhi umur dari lalat dewasa yaitu kelembapan tempat, suhu udara dan juga sumber makanan.

Sumber makanan bagi lalat dewasa adalah zat – zat yang membusuk dan mengeluarkan bau tidak sedap seperti sampah, kotoran manusia dan juga bangkai makanan.Setelah menjadi lalat dewasa, ia akan mulai melakukan proses perkawinan antara lalat betina dan lalat jantan. Kemudian lalat betina mulai bertelur dan memulai proses metamorfosis lalat.

 

Demikianlah bahasan postingan kali ini mengenai metamorfosis  lalat dan daur hidup lalat. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kesalahan penulisan dan ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung ditanyakan di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here