jaring jaring kubus
jaring-jaring kubus

Contoh Gambar Jaring Jaring Kubus & Pembahasannya

Diposting pada

Gambar Jaring-Jaring Kubus – Postingan ini membahas tentang gambar jaring jaring kubus dengan lengkap disertai contoh dan juga penjelasannya.

Contoh jaring-jaring kubus akan diberikan yaitu sebagai berikut.

Baca Juga Bangun Ruang

 

Pengertian Bangun Kubus

Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki 12 rusuk dan 6 sisi dengan bentuk persegi atau bujur sangkar. Pada sebuah bangun kubus terbentuk dari unsur-unsur kubus.

Unsur bangun ruang kubus terdiri dari sisi, titik sudut, rusuk, diagonal bidang, diagonal ruang dan bidang diagonal.

Bangun ruang kubus memerlukan bagian bagian kubus tersebut untuk membentuk sebuah bangun kubus.

Pada setiap unsur tersebut memiliki ukuran sehingga bisa dihitung untuk luas, keliling dan volumenya.

Contoh jaring-jaring kubus tersusun dan terbentuk dari unsur unsur kubus seperti rusuk kubus, titik sudut kubus, sisi kubus dan lain lain.

Gambar jaring jaring kubus akan diberikan beserta pembahasannya pada bagian gambar jaring-jaring kubus.

Baca Juga Ciri Ciri Bangun Ruang

 

 

Unsur Unsur Kubus

Jaring jaring kubus tersusun dan terbentuk dari unsur unsur kubus. Dengan mengetahui unsur unsur kubus, kita dapat dengan mudah mengetahui bentuk dari bangun kubus.

Unsur unsur kubus yaitu sebagai berikut :

• Rusuk kubus merupakan garis yang membentuk sisi persegi pada setiap sisi kubus. Jumlah rusuk pada sebuah bangun kubus adalah 12. Pada setiap rusuk kubus tersebut memiliki panjang yang sama.

• Titik sudut kubus adalah pertemuan antara rusuk dan sisi pada bangun kubus. Pada bangun kubus, memiliki titik sudut berjumlah 8.

• Sisi kubus adalah daerah atau bidang yang membatasi bangun kubus. Pada sebuah bangun kubus, memiliki 6 sisi dan pada setiap sisinya berbentuk persegi atau bujur sangkar.

• Diagonal ruang kubus adalah garis yang terbentuk dari kedua titik sudut yang saling berhadapan di dalam ruang kubus. Diagonal ruang pada sebuah bangun kubus hanya ada 4 garis diagonal ruang.

• Diagonal bidang kubus adalah garis yang terbentuk dari dua titik sudut yang saling berhadapan pada bidang atau sisi kubus. Terdapat 12 garis diagonal bidang pada sebuah bangun kubus.

• Bidang diagonal kubus adalah bidang yang terbentuk di dalam ruang kubus yang terdiri dari diagonal bidang kubus dan rusuk yang sejajar. Jumlah bidang diagonal pada bangun kubus adalah 6 sisi.

Baca Juga Unsur Bangun Ruang

 

 

Gambar Jaring-Jaring Kubus

Jaring jaring kubus terbentuk dari 6 bangun datar berbentuk persegi yang disusun. Pada bangun kubus, semua rusuknya memiliki panjang yang sama sehingga pada setiap sisinya sama besar.

Bentuk jaring-jaring kubus terbentuk dari unsur unsur kubus yang telah disusun sehingga terbentuk menjadi sebuah bangun ruang kubus.

Gambar jaring jaring kubus yaitu sebagai berikut :

gambar jaring jaring kubus
gambar jaring-jaring kubus

Baca Juga Jaring-Jaring Bangun Ruang

 

 

Rumus Kubus

Gambar jaring jaring kubus dan pembahasannya sudah diberikan dan dijelaskan dengan lengkap diatas. Selanjutnya akan diberikan rumus untuk menghitung volume, luas permukaan, keliling dan panjang rusuk kubus.

Dengan mengetahui rumus rumus tersebut, kita dapat dengan mudah mengetahui dan menghitung sebuah bangun ruang kubus.

Rumus volume kubus yaitu :

Volume Kubus = s × s × s

Rumus luas permukaan kubus yaitu :

Luas Kubus = 6 × s²

Rumus keliling kubus yaitu :

Keliling Kubus = 12 × s

Rumus panjang rusuk kubus yaitu :

Panjang Rusuk Kubus = ∛V

Keterangan :
s = Panjang Rusuk
V = Volume Kubus

Baca Juga Rumus Bangun Ruang

 

 

Soal Jaring Jaring Kubus

Contoh jaring-jaring kubus dan rumus beserta pembahasannya sudah diberikan diatas dengan lengkap. Untuk lebih memahami mengenai materi kali ini, akan diberikan contoh soal dan juga penjelasannya dengan lengkap

Jaring jaring kubus dan contoh soal akan diberikan sebagai berikut.

1. Banyak persegi penyusun jaring-jaring kubus adalah ?
Jawaban : 6 (enam)

 

2. Bangun ruang kubus terdiri atas jaring-jaring bangun datar ?
Jawaban : Persegi

 

 

Contoh jaring jaring kubus beserta penjelasannya sudah diberikan dengan lengkap diatas. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisan dan ingin memberikan kritik atau saran, bisa ditulis di kolom komentar.

Artikel Terkait :