Home Bahasa Indonesia Majas Alegori: Pengertian dan Contoh

Majas Alegori: Pengertian dan Contoh

majas alegori

Majas Alegori – Di postingan Doyan Blog kali ini akan membahas mengenai majas alegori, beserta pengertian dan contohnya. Jika kalian sedang mencari – cari artikel mengenai gaya bahasa alegori, kalian sekarang berada di tempat yang tepat karena pada postingan kali ini Doyan Blog akan menjelaskan gaya bahasa metonimia dengan lengkap mulai dari pengertian hingga contoh gaya bahasa alegori.Untuk lebih lengkapnya mengenai gaya bahasa alegori, akan dijelaskan yaitu sebagai berikut :

Baca juga postingan Majas Simile

Pengertian Majas Alegori

pengertian majas alegori

Majas alegori adalah majas yang digunakan untuk menyandingkan sebuah objek dengan menggunakan kata kiasan atau bermakna ungkapan. Gaya bahasa alegori berfungsi untuk membandingkan sebuah objek dengan sesuatu hal tetapi dengan menggunakan kata kiasan atau ungkapan. Sebagai contoh seperti kamar yang berantakan lalu diungkapkan dengan sebuah kapal pecah.

Alegori berasal dari bahasa yunani kuno yaitu “allegorein” yang memiliki arti “bicara sebaliknya”. Jadi bisa disimpulkan bahwa alegori adalah sebuah gaya bahasa yang membicarakan sesuatu hal tetapi dibandingkan dengan sebuah ungkapan yang masih memiliki hubungan dengan kata yang dibicarakan.

Majas Alegori termasuk ke dalam majas perbandingan, karena memiliki sifat perbandingan. Sifat perbandingan pada gaya bahasa alegori ini adalah membandingkan sesuatu hal seperti sebuah objek dengan sebuah kata atau kalimat kiasan atau ungkapan yang menjelaskan mengenai objek yang sedang dibandingkan. Selain gaya bahasa alegori, terdapat majas lainnya yang termasuk ke dalam majas perbandingan yaitu pada postingan Macam Macam Majas.

Gaya bahasa alegori sering kita temukan pada percakapan kita sehari – hari dan pada sebuah karya sastra seperti novel, cerpen, puisi dan lain – lain. Tetapi untuk mengetahui sebuah kata atau kalimat menggunakan gaya bahasa alegori atau tidak, bisa kita ketahui dengan memahaminya berdasarkan contoh penggunaannya. Untuk lebih lengkapnya mengenai contoh gaya bahasa alegori, akan dilanjutkan sebagai berikut.

Baca juga postingan Majas Metafora

Contoh Majas Alegori

contoh majas alegori

Jika sebelumnya telah membahas mengenai contoh majas alegori, sekarang Doyan Blog akan membahas mengenai contoh gaya bahasa alegori. Untuk mengetahui sebuah kata atau kalimat menggunakan gaya bahasa alegori atau tidak adalah dengan memahaminya berdasarkan contoh penggunaanya. Berikut adalah contoh majas alegori :

  • Setelah aku coba ternyata masakanmu ini rasanya mirip sekali seperti sedang meminum air laut.
  • Agama dalam kehidupan adalah seperti peta penunjuk arah. Jika manusia tidak memilikinya, maka seperti manusia yang sedang tersesat dan tidak tahu arah.
  • Manusia itu mirip seperti sebuah mesin. Jika terus dinyalakan dari pagi hingga malam tanpa ada jeda istirahat dan tidak dirawat dengan baik, maka mesin tersebut akan cepat rusak dan perlu diperbaiki dan harus mengeluarkan uang untuk memperbaikinya.
  • Berbohong itu ibarat memakan makanan yang manis – manis. Tidak cukup hanya memakan satu saja, tetapi pasti akan memakan lebih dari satu sampai dirasa cukup untuk memakannya lagi.
  • Kenapa setiap aku berkunjung ke rumahmu dan masuk ke kamarmu. Kamarmu selalu saja seperti sebuah kapal pecah.
  • Ilmu itu seperti cahaya. Menerangi dalam kegelapan sehingga kita bisa melihat jalan dengan jelas tanpa harus takut terjatuh dan tersandung.
  • Seorang bayi yang baru lahir itu seperti sebuah kertas kosong. Masih begitu bersih, putih dan suci. Oleh karena itu, tugas kita sebagai orang tua mengisi kertas yang kosong tersebut dengan hal – hal baik sehingga anak tersebut bisa menjadi orang yang baik.
  • Kehidupan ini ibarat roda yang berputar. Kadang di atas dan kadang di bawah, tetapi kita bisa berusaha untuk tetap berada di atas jika kita terus berusaha dan juga berdoa.
  • Emosi pada diri kita ibarat sebuah api. Jika terus disulut dan disiram dengan minyak maka akan semakin membesar dan terasa panas, akan tetapi jika disiram dengan air yang menyejukkan maka api tersebut akan padam dan terasa sejuk.
  • Kenapa saat kau sedang dimarahi oleh kakakmu, nyalimu menjadi ciut seperti kerupuk yang terkena air.
  • Setelah terpentok tembok, kepalaku sekarang terasa pusing seperti ada burung yang berputar – putar di sekitar kepalaku.

Baca juga postingan Majas Asosiasi

Demikianlah bahasan mengenai pengertian dan contoh majas alegori. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kesalahan penulisan dan ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung ditanyakan di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here