Home Bahasa Indonesia Majas Antiklimaks: Pengertian dan Contoh

Majas Antiklimaks: Pengertian dan Contoh

majas antiklimaks

Majas Antiklimaks – Di postingan Doyan Blog kali ini akan membahas mengenai pengertian dan contoh majas antiklimaks. Bagi kalian yang sedang mencari – cari artikel mengenai gaya bahasa anti klimaks, maka kalian sedang berada di tempat yang tepat karena Doyan Blog kali ini akan membahas mengenai gaya bahasa anti klimaks mulai dari pengertian hingga contoh gaya bahasa antiklimaks. Untuk penjelasan lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut.

Baca juga postingan Majas Retoris

Pengertian Majas Antiklimaks

pengertian majas antiklimaks

Majas Antiklimaks adalah majas yang menggunakan kata – kata yang mengandung urutan – urutan secara menurun dari makna kata sebelumnya. Gaya bahasa antiklimaks berfungsi untuk mengungkapkan sesuatu secara bertingkat menurun sebagai bentuk sebuah penegasan pada kalimat. Kata – kata yang digunakan pada gaya bahasa antiklimaks pun memiliki hubungan makna atau kesan.

Antiklimaks memiliki arti yang berarti tidak klimaks/ tidak naik. Jadi bisa disimpulkan bahwa gaya bahasa antiklimaks adalah majas yang menggunakan kata – kata secara berurutan turun dari makna kata sebelumnya sebagai sebuah penegasan. Perbedaan antara gaya bahasa antiklimaks dengan majas klimaks adalah gaya bahasa klimaks kata – kata yang digunakan berurutan turun dari makna kata sebelumnya.

Majas antiklimaks termasuk ke dalam majas penegasan karena memilik sifat penegasan. Sifat penegasan pada gaya bahasa klimaks adalah karena menggunakan kata – kata secara bertingkat menurun dari makna kata sebelumnya untuk memperjelas makna kata yang berurutan tersebut. Selain itu juga terdapat jenis gaya bahasa lainnya selain gaya bahasa antiklimaks yang sudah dijelaskan pada postingan Macam Macam Majas.

Majas antiklimaks sering kita temukan pada percakapan kita sehari – hari dan juga pada sebuah karya sastra seperti novel, puisi, cerpen, lagu dan lain – lain. Tetapi untuk mengetahui sebuah kalimat menggunakan gaya bahasa antiklimaks atau bukan adalah dengan mengetahui cara penggunaannya berdasarkan contohnya. Untuk leboih lengkapnya mengenai contoh gaya bahasa antiklimaks adalah sebagai berikut.

Baca juga postingan Majas Pleonasme

Contoh Majas Antiklimaks

contoh majas antiklimaks

Jika pada bahasan sebelumnya telah membahas mengenai pengertian gaya bahasa antiklimaks, sekarang saya akan membahas mengenai contoh majas antiklimaks. Untuk mengetahui sebuah kalimat menggunakan gaya bahasa klimaks atau bukan adalah dengan mengetahui cara penggunaannya berdasarkan contohnya. Berikut adalah beberapa contoh majas klimaks :

  • Kelas yang diperbolehkan mengikuti kegiatan pramuka di SD Negeri 10 Tegal Alur adalah kelas 6, kelas 5, kelas 4 dan kelas 3.
  • Rapat yang diadakan oleh kepala desa dihadiri oleh Pak RW, Pak RT dan para warga sekitar.
  • Olimpiade Siswa Nasional (OSN) 2019 kali ini diikuti mulai dari siswa SMA, SMP hingga SD.
  • Keluarga itu mulai dari bapaknya, anaknya hingga cucunya pun sangat menyukai sepak bola.
  • Pemerintah hingga masyarakat diminta untuk sama – sama membantu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan demi terjaganya bumi kita tercinta.
  • Tiket yang dijual untuk pertandingan Persija Jakarta melawan Persela Lamongan di Stadion Wibawa Mukti dimulai dari VVIP, VIP, Kategori 2 dan Kategori 1.
  • Dimulai dari Kepala Sekolah, Guru, Karyawan dan para murid diminta bersama – sama untuk menjaga kebersihan sekolah demi menciptakan lingkungan bersih dan nyaman.
  • Diskon yang ditawarkan di toko baju itu mulai dari diskon 70% sampai 30%.
  • Prestasi yang diraih oleh Persija Jakarta dimulai dari kompetisi Asia hingga kompetisi Domestik.
  • Macet di Jalur Pantura terpantau dipenuhi oleh Bus, Mobil pribadi, Bajaj hingga sepeda motor.
  • Acara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia diperingati mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan hingga Kelurahan.
  • Ukuran celana yang dijual di toko celana itu cukup lengkap dimulai dari ukuran XXL, XL, L, M, hingga S.
  • Harga kenaikan BBM berdampak bagi masyarakat kalangan atas, menengah hingga bawah.
  • Mulai dari Orang tua, Orang Dewasa, Remaja dan anak – anak diperbolehkan mengikuti perlombaan yang diadakan oleh Pak Lurah untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga postingan Majas Personifikasi

Usai sudah bahasan kali ini mengenai pengertian dan contoh majas antiklimaks. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada kesalahan dalam penulisan dan ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung ditanyakan di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here