Home Bahasa Indonesia Majas Klimaks: Pengertian dan Contoh

Majas Klimaks: Pengertian dan Contoh

majas klimaks

Majas Klimaks – Pada postingan Doyan Blog kali ini akan membahas mengenai pengertian dan contoh majas klimaks. Bagi kalian yang sedang mencari artikel – artikel mengenai gaya bahasa klimaks, kalian sedang berada di tempat yang tepat karena kali ini Doyan Blog akan menjelaskan tentang gaya bahasa klimaks dengan lengkap mulai dari pengertian hingga contohnya. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Baca juga postingan Majas Pleonasme

Pengertian Majas Klimaks

pengertian majas klimaks

Majas Klimaks adalah majas yang menggunakan kata – kata yang mengandung urutan – urutan secara meningkat dari makna kata sebelumnya. Gaya bahasa klimaks berfungsi untuk mengungkapkan sesuatu secara bertingkat naik sebagai bentuk sebuah penegasan pada kalimat. Kata – kata yang digunakan pun memiliki hubungan makna atau kesan.

Klimaks berasal dari bahasa yunani yaitu “Klimax” yang memiliki arti “tangga” atau “jenjang”. Jadi bisa disimpulkan bahwa gaya bahasa klimaks adalah majas yang menggunakan kata – kata secara berurutan naik dari gagasan kata sebelumnya sebagai sebuah penegasan. Perbedaan antara gaya bahasa klimaks dengan majas antiklimaks adalah gaya bahasa klimaks kata – kata yang digunakan maknanya naik dari kata sebelumnya.

Majas klimaks termasuk ke dalam majas penegasan karena memiliki sifat penegasan. Sifat penegasan pada gaya bahasa klimaks adalah karena menggunakan kata – kata secara bertingkat naik dari makna kata sebelumnya untuk memperjelas makna kata yang berurutan tersebut. Selain gaya bahasa klimaks, terdapat jenis jenis majas lainnya yang termasuk ke dalam majas penegasan dan sudah dijelaskan pada postingan Macam Macam Majas.

Gaya bahasa klimaks biasa kita temukan pada percakapan kita sehari – hari dan juga pada sebuah karya sastra seperti puisi, cerpen, novel, lagu dan lain – lain. Tetapi untuk mengetahui sebuah kalimat mengunakan gaya bahasa klimaks atau bukan adalah dengan mengetahui cara penggunaannya berdasarkan contohnya. Untuk lebih lengkapnya mengenai contoh gaya bahasa klimaks adalah sebagai berikut.

Baca juga postingan Majas Epifora

Contoh Majas Klimaks

contoh majas klimaks

Jika sebelumnya telah membahas mengenai pengertian gaya bahasa klimaks, sekarang akan membahas mengenai contoh majas klimaks. Untuk mengetahui sebuah kalimat menggunakan gaya bahasa klimaks atau bukan adalah dengan mengetahui cara penggunaannya berdasarkan contohnya.

Berikut adalah beberapa contoh majas klimaks :

  • Pertandingan timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno dipenuhi para penonton mulai dari yang muda hingga yang tua.
  • Peraturan yang baru saja dibuat oleh sekolahku berlaku untuk semua warga sekolah mulai dari murid, karyawan, guru hingga kepala sekolah.
  • Imunisasi vaksin Rubella wajib dilakukan oleh yang masih bayi, anak – anak hingga remaja.
  • Baju kemeja yang dijual di toko pakaian itu tersedia dari ukuran S, M, L, XL hingga XXL.
  • Jabatan yang ada di gudang Distribution Center Indomaret dimulai dari helper, checker dan supervisor.
  • Tahapan pendidikan yang ada di Indonesia pada umumnya adalah dimulai dari TK, SD, SMP, SMA/SMK hingga Sarjana.
  • Bukan hanya ratusan tapi ribuan hingga puluhan ribu orang yang memadati Stadion Gelora Bung Karno untuk menyaksikan pertandingan Persija vs Persib.
  • Dari warga, Pak RT, Pak Rw hingga Pak Kepala Desa datang menghadiri rapat untuk membahas mengenai penyelenggaraan lomba 17 agustus-an yang akan diselenggarakan.
  • Pak Wawan sudah bekerja di Perusahaan Retail tersebut mulai dari tahun 1992 hingga saat ini.
  • Pengunjung yang berkunjung ke tempat wisata Ancol mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara.
  • Tiket pertandingan Arema vs Persebaya telah dijual mulai dari kategori 3, kategori 2, kategori 1, VIP dan VVIP.
  • Gathering yang diadakan oleh para blogger jabodetabek dihadiri oleh para pemula hingga para senior blogger.
  • Tim futsal sekolahku berhasil meraih juara futsal di tingkat kecamatan hingga tingkat kota.
  • Mulai dari Lurah, Camat, hingga Walikota diundang untuk datang ke kantor Gubernur.
  • Para teman, sahabat, kerabat hingga keluargaku mengucapkan selamat atas keberhasilanku menjadi juara olimpiade sains yang diadakan di Jerman.

Baca juga postingan Majas Anafora

Demikianlah bahasan kali ini mengenai pengertian dan contoh majas klimaks. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kesalahan penulisan dan ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung ditanyakan di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here