Home Bahasa Indonesia Majas Simbolik: Pengertian dan Contoh

Majas Simbolik: Pengertian dan Contoh

majas simbolik

Majas Simbolik – Di postingan Doyan Blog kali ini akan membahas mengenai pengertian dan contoh majas simbolik. Bagi kalian yang sedang mencari – cari artikel tentang gaya bahasa simbolik, kalian sekarang berada di tempat yang tepat karena kali ini Doyan Blog akan menjelaskan dengan lengkap mengenai gaya bahasa simbolik mulai dari pengertian hingga contohnya. Berikut adalah penjelasan lengkapnya mengenai gaya bahasa simbolik.

Baca juga postingan Majas Metafora

Pengertian Majas Simbolik

pengertian majas simbolik

Majas Simbolik adalah majas yang menggunakan sebuah kata perumpamaan yang bersifat simbolik seperti lambang, simbol, benda, tokoh, hewan dan lain – lain. Gaya bahasa simbolik berfungsi untuk membandingkan sesuatu hal dengan sebuah kata perumpamaan seperti simbol, lambang, benda, tokoh, hewan dan lain – lain.

Simbolik berasal dari bahasa yunani yaitu “Symbolics” yang memiliki arti “tanda” atau “simbol”. Jadi bisa disimpulkan bahwa gaya bahasa simbolik adalah majas yang menggunakan tanda atau simbol sebagai perumpamaan kata.

Majas Simbolik termasuk ke dalam majas perbandingan, karena memiliki sifat perbandingan. Sifat perbandingan pada gaya bahasa simbolik ini adalah membandingan sesuatu hal dengan sebuah kata perumpamaan seperti lambang, simbol, benda, tokoh, hewan dan lain – lain. Selain gaya bahasa simbolik, terdapat majas lainnya yang termasuk ke dalam majas perbandingan pada postingan Macam Macam Majas.

Gaya bahasa simbolik biasa kita temukan pada percakapan kita sehari – hari pada sebuah karya sastra seperti puisi, cerpen, novel dan lain – lain. Tetapi untuk mengetahui sebuah kalimat atau kata menggunakan gaya bahasa simbolik atau tidak, adalah dengan memahami berdasarkan contoh penggunaannya. Untuk lebih lengkapnya mengenai contoh gaya bahasa simbolik, akan dijelaskan sebagai berikut.

Baca juga postingan Majas Personifikasi

Contoh Majas Simbolik

contoh majas simbolik

Jika sebelumnya telah membahas mengenai pengertian gaya bahasa simbolik, kali ini Doyan Blog akan memberikan contoh majas simbolik. Untuk mengetahui sebuah kalimat atau kata menggunakan gaya bahasa simbolik atau tidak adalah dengan memahami contoh penggunaannya berdasarkan contohnya. Berikut adalah beberapa contoh majas simbolik :

  • Ilmu adalah jendela dunia. Oleh karena itu, teruslah tuntut ilmu sampai akhir hayatmu.
  • Aku akan terus mengibarkan bendera merah putih di dalam hatiku dimanapun aku berada. ( Bendera Merah Putih = Bendera Indonesia )
  • Lionel Messi terkenal sebagai pemain terbaik di dunia karena sangat mahir mengolah si kulit bundar ( Kulit Bundar = Bola )
  • Andi dijadikan kambing hitam oleh teman – temannya karena ia tidak mau ikut membolos sekolah ( Kambing Hitam = Orang yang dijebak atau disalahkan )
  • Untung Pemadam Kebakaran segera datang dan berhasil memadamkan si jago merah yang telah melahap habis beberapa rumah warga ( Si Jago Merah = Api )
  • Pencuri yang ditangkap basah warga karena sedang mencoba mencuri sepeda motor akan segera dijebloskan ke dalam jeruji besi ( Jeruji Besi = Penjara )
  • Memang si Udin sudah dikenal sebagai lelaki berhidung belang ( Lelaki Hidung Belang = Orang yang suka mempermainkan wanita )
  • Karena konflik yang tidak berujung, Rudi dan Bambang siap menyelesaikan di meja hijau ( Meja Hijau = Pengadilan )
  • Ia diberi bogem mentah oleh Rafli karena telah menghina kedua orang tuanya ( Bogem Mentah = Pukulan )
  • Fitri terkenal sebagai kembang desa, oleh karena itu banyak laki – laki yang tergila – gila dengannya ( Kembang Desa = Wanita Paling Cantik )
  • Karena sudah berbeda pergaulan, Rendi sekarang menjadi tinggi hati ( Tinggi Hati = Sombong )
  • Setelah mengetahui hasil pemilihan ketua osis, Maya sekarang hanya bisa gigit jari ( Gigit Jari = Kecewa )
  • Karena perselingkuhan, Pak Wawan sekarang menjadi buah bibir oleh warga sekitar kampungnya ( Buah Bibir = Topik Pembicaraan )
  • Setelah ditinggal oleh kedua orang tuanya, Rini sekarang menjadi sebatang kara ( Sebatang Kara = Hidup Sendiri, Tidak memiliki siapapun )
  • Karena loyalitasnya kepada perusahaan, kini Bayu menjadi tangan kanan bosnya ( Tangan Kanan = Orang Kepercayaan )
  • Orang tua anak itu sudah angkat tangan karena kenakalan yang telah dibuat anaknya ( Angkat Tangan = Menyerah )
  • Setelah jam pelajaran, Ibu guru meminta bicara empat mata denganku ( Empat Mata = Berdua saja )

Baca juga postingan Majas Asosiasi

Demikianlah bahasan kali ini mengenai pengertian dan contoh majas simbolik. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kesalahan penulisan dan ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung ditanyakan di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here