Home Bahasa Indonesia Majas Sinisme: Pengertian dan Contoh

Majas Sinisme: Pengertian dan Contoh

majas sinisme

Majas Sinisme – Pada postingan Doyan Blog kal ini akan menjelaskan tentang pengertian dan conto majas sinisme. Jika kalian sedang mencari – cari artikel mengenai gaya bahasa sinisme, kalian sudah berada di tempat yang tepat karena kali ini Doyan Blog akan menjelaskan tentang gaya bahasa sinisme dengan lengkap mulai dari pengertian hingga contohnya. Berikut adalah untuk penjelasan lebih lengkapnya.

Baca juga postingan Majas Paradoks

Pengertian Majas Sinisme

pengertian majas sinisme

Majas Sinisme adalah majas yang berisi sindiran dengan mengatakan sesuatu secara langsung tanpa menggunakan kiasan. Gaya bahasa sinisme berfungsi untuk menyindir atau mengatakan sesuatu kepada orang lain dengan tujuan agar orang yang disindir segera sadar dengan hal yang disindir.

Majas sinisme termasuk ke dalam majas sindiran karena memiliki sifat sindiran. Sifat sindiran pada gaya bahasa sinisme yaitu menyatakan sesuatu kepada orang lain dengan tujuan menyindir/sindiran secara langsung tanpa menggunakan kata kiasan. Selain gaya bahasa sinisme terdapat gaya bahasa lainnya yang juga termasuk ke dalam majas sindiran yang sudah dijelaskan pada postingan Macam Macam Majas.

Yang membedakan antara gaya bahasa sinisme dengan majas sindiran lainnya adalah gaya bahasa sinisme lebih halus dari majas sarkasme tetapi lebih kasar dibandingkan majas ironi karena gaya bahasa ironi masih menggunakan kiasan seperti menyatakan hal yang sebaliknya.

Gaya bahasa sinisme sering kita temukan pada percakapan kita sehari – hari dan juga pada sebuah karya sastra seperti puisi, cerpen, novel, dan lain – lain. Tetapi untuk mengetahui sebuah kalimat menggunakan gaya bahasa sinisme atau bukan adalah dengan cara memahami contoh penggunaannya berdasarkan contoh. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai contoh gaya bahasa sinisme.

Baca juga postingan Majas Litotes

Contoh Majas Sinisme

contoh majas sinisme

Di atas sudah dijelaskan mengenai pengertian gaya bahasa sinisme, sekarang kita akan membahas mengenai contoh majas sinisme. Tetapi untuk mengetahui sebuah kalimat menggunakan gaya bahasa sinisme atau bukan adalah dengan memahami contoh penggunaannya berdasarkan contohnya. Berikut adalah beberapa contoh majas sinisme :

  • Percuma saja kamu meminta tolong kepadanya, dia adalah tipe orang yang tidak mau menolong orang lain.
  • Aku tidak mau dibantu olehmu, karena sudah pasti ada sesuatu yang kamu inginkan setelah membantuku.
  • Terima saja pekerjaan itu, dengan ijazah SMA-mu apakah kamu pikir bisa memilih milih pekerjaan seperti apa yang kamu inginkan dan dengan gaji yang besar ?
  • Karena kamu terlalu polos, itulah sebabnya kamu sering dimanfaatkan oleh teman – temanmu.
  • Nafas yang keluar dari mulutmu bau sekali, apakah kamu tidak pernah menggosok gigimu setiap hari ?
  • Apakah kamu belum mencicipi makanan yang kamu buat ? Rasanya sangat asin dan membuatku selera makanku hilang.
  • Sudah jangan pura – pura menangis seperti itu, aku sudah tau kamu orang yang seperti apa dan aku tidak ingin tertipu oleh air mata buayamu itu.
  • Lebih baik aku memberikan kucingku ini ke orang lain yang lebih penyayang dibanding kamu yang kasar dan tidak punya hati.
  • Mulai besok kamu harus lebih banyak dirumah, soalnya kulitmu sekarang hitam seperti dilapisi oleh arang.
  • Sepertinya julukan mahasiswa tercantik kepada wanita itu kurang tepat, karena wajah dan penampilannya kurang menarik dan kurang pas dengan julukan mahasiswa tercantik.
  • Mau sampai kapan kau menjadi beban bagi orang tuamu ? lebih baik kamu mulai mencari pekerjaan sehingga tidak merepotkan kedua orang tuamu lagi.
  • Memangnya kamu adalah anak raja yang ketika makan harus dilayani dan dibawakan ? Mulai dari sekarang aku tidak ingin memanjakanmu lagi.
  • Aku tidak yakin ini adalah hasil kerajinan tanganmu, saat ditanya bagaimana cara membuatnya dan bahan bahan yang digunakan pun kamu tidak tahu.
  • Aku tidak setuju jika dia menjadi ketua kelas, karena dia terlalu egois dan sifatnya masih seperti anak – anak.
  • Mulai dari sekarang aku tidak akan curhat lagi kepadamu. Karena mulutmu seperti ember sehingga teman teman dikelas tahu isi curhatan saat aku curhat kepadamu minggu lalu.

Baca juga postingan Majas Asosiasi

Demikianlah postingan kali ini mengenai pengertian dan contoh majas sinisme. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kesalahan penulisan dan ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung ditanyakan di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here