daur hidup kupu kupu

Daur Hidup dan Metamorfosis Kupu Kupu : Siklus dan Proses

Diposting pada

Metamorfosis Kupu Kupu – Kupu kupu merupakan serangga yang dianggap indah oleh sebagian orang . Namun sebelum berubah menjadi hewan yang indah, kupu kupu melalui siklus hidup dari hewan yang dianggap menjijikan menjadi sebuah hewan yang cantik dan indah. Daur hidup kupu kupu dan penjelasannya akan dijelaskan lebih lengkap yaitu sebagai berikut :

Baca juga Metamorfosis Nyamuk

 

Siklus Hidup Kupu Kupu

siklus hidup kupu kupu
gambar kupu kupu

Kupu kupu merupakan hewan yang termasuk ke dalam kelas Insecta dan juga termasuk ke dalam ordo Lepidoptera. Kecoa memiliki banyak sekali spesies, bahkan di pulau bali dan jawa saja sudah terdapat 600 spesies kupu kupu.

Karena keanekaragaman dan keindahannya, banyak yang mengoleksi kupu kupu untuk dijadikan hiasan rumah. Ciri ciri dari hewan bersayap ini adalah memiliki corak yang indah pada sayapnya dan biasa muncul pada pekarangan bunga atau tanaman bunga. Alasan hewan tersebut biasa muncul pada pekarangan bunga karena mereka mencari makan dari nektar yang ada pada bunga lalu kemudian mereka juga membantu penyerbukan pada bunga tersebut.

Sebelum menjadi sebuah kupu kupu yang indah, ia harus melalui proses dari sebuah ulat yang dianggap menjijikan. Oleh karena itu, proses metamorfosis kupu kupu dianggap memiliki keunikan dan sering dijadikan analogi kehidupan bagi manusia.

Metamorfosis pada kupu kupu termasuk tipe metamorfosis sempurna dikarenakan melalui 4 proses atau tahapan yaitu telur – larva – kepompong – kupu kupu. Metamorfosis sempurna kupu kupu akan dijelaskan lebih lengkap yaitu sebagai berikut.

Baca juga Metamorfosis Kecoa

 

Daur Hidup Kupu Kupu

metamorfosis kupu kupu
gambar metamorfosis kupu kupu

Gambar daur hidup kupu kupu diatas merupakan gambaran sederhana daur hidup hewan kupu kupu. Proses metamorfosis kupu kupu sempurna melalui 4 tahapan atau proses yaitu telur – ulat – kepompong – kupu kupu. Metamorfosis kupu kupu dan penjelasannya akan dijelaskan yaitu sebagai berikut.

1. Fase Telur

Urutan daur hidup kupu kupu yang pertama adalah telur. Ketika akan bertelur biasanya kupu kupu dewasa akan meletakkan telurnya di permukaan daun, lebih tepatnya di bawah permukaan daun. Alasan kupu kupu dewasa meletakkan telurnya di bawah permukaan daun adalah agar telur – telurnya tersebut terhindar dari para predator pemangsa.

Dalam sekali bertelur, biasanya kupu kupu dewasa bisa menghasilkan hingga ratusan telur. Namun karena banyaknya predator pemangsa, hal tersebut yang menyebabkan hanya sedikit telur yang bisa bertahan dan berubah menjadi sebuah ulat. Biasanya telur membutuhkan waktu 3 – 10 hari untuk berubah menjadi sebuah ulat.

 

2. Fase Ulat

Tahapan metamorfosis kupu kupu yang kedua adalah ulat. Setelah berubah dari telur menjadi ulat, biasanya ulat akan memakan cangkang telurnya sendiri untuk memenuhi kebutuhan makanannya sementara.

Kemudian ulat juga akan memakan daun dimana tempat ia menetas dan daun daun yang ada di sekitarnya. Beberapa ulat memiliki bau yang tidak enak sebagai bentuk melindungi diri dari pada predator.

Pertumbuhan tubuh ulat akan sangat cepat dan juga melalui proses berganti kulit hingga 4 – 6 kali. Setelah pertumbuhan ulat sudah maksimal, ulat akan mencari tempat berlindung untuk berubah menjadi sebuah kepompong.

 

3. Fase Kepompong

Urutan metamorfosis kupu kupu yang ketiga adalah kepompong. Biasanya ulat akan mencari tempat persembunyian lalu berubah menjadi kepompong atau pupa. Kepompong biasanya berbentuk seperti daun yang membungkus dan bergantung atau menempel di bawah permukaan daun.

Kepompong biasanya berwarna hijau atau coklat dengan tujuan menyamarkan diri dengan tumbuhan dan lingkungan sekitar. Dalam prosesnya dari kepompong menjadi kupu kupu membutuhkan waktu antara 7 sampai 21 hari.
Ketika waktunya telah tiba, kupu kupu akan keluar dengan perlahan dari cangkang kepompongnya tersebut.

 

4. Fase Kupu Kupu

Proses daur hidup kupu kupu yang terakhir adalah kupu kupu dewasa. Pada saat menetas dari kepompong, kupu kupu akan melalui proses imago terlebih dahulu. Imago adalah tahapan saat sebuah kepompong berubah menjadi kupu kupu. Ketika keluar dari cangkang kepompong, kupu kupu akan terlihat dibasahi oleh cairan.

Cairan itu disebut hemolymph. Cairan tersebut sangat membantu pertumbuhan sayap pada seekor kupu kupu. Saat keluar dari kepompong, kupu kupu akan mengeringkan tubuh dan sayapnya terlebih dahulu. Baru setelah tubuh dan sayapnya kering, kupu kupu baru bisa bergerak normal dan terbang menggunakan sayapnya.

Makanan dari seekor kupu kupu adalah nektar. Nektar adalah cairan yang terdapat pada bunga. Itulah yang menyebabkan mengapa kita sering menemukan kupu kupu pada taman bunga.

 

Usai sudah bahasan kali ini mengenai penjelasan metamorfosis kupu kupu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kesalahan penulisan atau ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung ditanyakan di kolom komentar.