Home SEO Pengertian SERP Beserta Manfaat dan Cara Cek Posisi di SERP

Pengertian SERP Beserta Manfaat dan Cara Cek Posisi di SERP

pengertian serp

Pengertian SERP – Apa itu SERP ? kali ini Doyan Blog akan membahas tentang pengertian SERP beserta manfaat SERP dan cara cek posisi artikel di SERP dengan lengkap.

Jika membahas tentang dunia blogging dan seo, membahas posisi blog yang kita miliki di halaman google adalah hal yang setiap hari dibicarakan. Dan jika membahas tentang posisi di halaman google, sudah pasti tidak asing dengan sebutan SERP.

Apa itu SERP ?

Definisi SERP atau Search Engine Result Page adalah hasil halaman dari pencarian sebuah kata kunci di search engine. Ketika sedang mencari di search engine, kita ambil contoh adalah google, pasti yang kita kunjungi adalah blog atau website yang berada di halaman pertama google,

Apakah blog kita berada di halaman pertama google ? bisa iya, bisa tidak, itu tergantung bagaimana kita mengoptimalkan SEO pada blog kita. Jika anda belum mengetahui apa itu SEO, bisa mengunjungi postingan Apa itu SEO ? Beserta Pengertian, Tujuan dan Cara Kerja SEO.

Blogger mana yang tidak ingin blognya berada di halaman pertama google. Salah satu cara agar blog kita bisa terus naik di SERP adalah dengan optimasi SEO On page dan SEO Off Page.

Manfaat SERP

Dengan adanya SERP ini kita bisa mengukur kualitas blog yang kita miliki, jika kita terus menaikkan kualitas blog yang kita miliki dengan memaksimalkan optimasi SEO on page dan SEO off page.

Sudah pasti blog yang kita miliki akan terus naik di SERP karena itu adalah fungsi SERP dan mungkin bisa berada di halaman pertama google, oleh karena itu mempelajari SEO adalah hal yang penting dalam dunia blogging jika memang blog yang kalian miliki ingin berada di halaman pertama google.

Perbedaan SEO dan SERP

Banyak orang yang masih bingung perbedaan antara SEO dan SERP. Maka kali ini saya akan menjelaskan dengan lengkap agar tidak ada yang bingung atau  salah lagi mengartikan SEO dan SERP.

SEO atau (Search Engine Optimasi) adalah melakukan sebuah optimasi agar blog yang kita miliki bisa bersaing di SERP atau berada di halaman pertama google.

Sedangkan SERP atau (Search Engine Result Page) adalah hasil dari SEO yang telah kita lakukan. Jika kita melakukan optimasi SEO dengan baik maka kita bisa berada di posisi atas SERP, sedangkan jika kita tidak melakukan optimasi SEO atau optimasi SEO berlebihan maka berada di posisi bawah SERP.

Jadi bisa dibilang SEO adalah kata kerja, sedangkan SERP adalah kata benda. Jadi SERP adalah hasil dari setelah kita melakukan SEO.

Cara Kerja SERP

Posisi di SERP  tergantung dari optimasi yang dilakukan oleh blog atau website. Semakin bagus optimasi SEO on page dan off page yang kita lakukan pada blog yang kita miliki. Maka akan semakin bagus juga posisi blog kita di SERP.

Akan tetapi, optimasi berlebihan juga tidak bagus dan malah membuat posisi di SERP semakin menurun dan berada dibawah. Itulah tujuan SERP, menaikkan yang berkualitas dan menurunkan yang tidak memiliki kualitas.

Posisi SERP biasanya dimulai dari halaman dengan nomor paling besar ke halaman paling kecil. Begitupun urutan di halaman, dari besar ke kecil. Dan kembali lagi itu semua ditentukan dari optimasi yang kita lakukan pada blog kita.

Cara Cek Posisi Artikel di SERP

Untuk mengecek artikel di SERP, kita memiliki 2 pilihan yaitu sebagai berikut :
1. Cara mengetahui posisi artikel di SERP yang pertama adalah dengan cara manual. Tapi sebelum itu, pastikan browser kalian sudah di clear cache dan cookies terlebih dahulu. Kemudian lakukan searching di browser, masukkan kata kunci yang telah ditargetkan dari artikel yang telah kita buat. Selanjutnya cek apakah artikel kita berada di halaman pertama google atau berada di halaman belakang.

2. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan serp checker. Sebenarnya banyak sekali penyedia untuk mengetahui posisi artikel di google. Tapi kali ini kita menggunakan smallseotools saja. Dengan cara masukkan url blog kita, lalu masukkan kata kunci yang telah kita targetkan di artikel yang dibuat lalu akan muncul hasilnya.

cara mengetahui posisi artikel di serp

Itulah bahasan kali ini tentang pengertian SERP beserta manfaat SERP dan cara kerja SERP . Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca, jika bermanfaat bisa di share postingan kali ini. Jika terdapat kekurangan dan pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here