rumus alas segitiga
rumus mencari alas segitiga

Rumus Mencari Alas Segitiga : Cara Menghitung & Soal

Diposting pada

Rumus Alas Segitiga – Postingan ini akan membahas mengenai rumus mencari alas segitiga disertai contoh soal dan juga penjelasannya dengan lengkap.

Cara mencari alas segitiga dan pembahasannya akan diberikan sebagai berikut.

Baca Juga Bangun Datar

 

Bangun Datar Segitiga

bangun datar segitiga
gambar segitiga

Sebuah segitiga adalah bentuk geometri yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Dalam matematika, segitiga menjadi objek yang menarik dan sering dipelajari karena sifat uniknya.

Salah satu komponen penting dalam segitiga adalah alas, yaitu salah satu sisi yang menjadi dasar segitiga. Selain itu, tinggi juga menjadi konsep penting dalam segitiga, yaitu jarak dari salah satu sudut segitiga ke garis yang sejajar dengan alas.

Rumus luas segitiga adalah salah satu rumus yang melibatkan alas dan tinggi. Rumus ini digunakan untuk menghitung luas wilayah yang terdapat di dalam segitiga. Luas = 1/2 x alas x tinggi.

Selain itu, dalam ilmu trigonometri, segitiga juga berperan penting. Dalam segitiga siku-siku, teorema Pythagoras mengaitkan panjang sisi dan sudut dalam segitiga tersebut.

Sebagai bentuk geometri yang sederhana namun bermanfaat, segitiga memiliki banyak penerapan dalam berbagai bidang, seperti arsitektur, teknik, dan fisika.

Dalam arsitektur, segitiga sering digunakan dalam desain bangunan dan struktur. Dalam teknik, segitiga membantu dalam perencanaan dan perhitungan struktur. Dalam fisika, segitiga digunakan dalam perhitungan berbagai parameter. Memahami konsep segitiga dan rumus-rumus terkaitnya membantu dalam pemecahan masalah dan pemahaman geometri serta trigonometri secara lebih mendalam.

 

Baca Juga Rumus Rumus Bangun Datar

 

Sifat Sifat Segitiga

Sebuah bangun segitiga mempunyai sifat sifat dan karakteristik yang membedakannya dengan jenis bangun datar lainnya. Dengan mengetahui karakteristik pada bangun segitiga tersebut, kita dapat dengan mudah mengenali bentuk bangun segitiga.

Sifat sifat segitiga yaitu sebagai berikut :
• Mempunyai 3 sisi yang garisnya saling berhubungan
• Mempunyai 3 sudut, yang jika dijumlahkan total sudutnya sebesar 180⁰
• Jika dijumlahkan dua sisinya maka akan selalu lebih besar dari sisi ketiganya
• Sisi yang paling panjang berada di depan sudut terbesar
• Sisi yang paling pendek berada di depan sudut terkecil• Pada segitiga sama sisi, ketiga sisinya memiliki panjang yang sama dan ketiga sudutnya memiliki besar yang sama yaitu 90⁰
• Pada segitiga sama kaki, kedua sisinya memiliki panjang yang sama dan kedua sudutnya memiliki besar yang sama
• Pada segitiga siku siku, salah satu sudutnya berukuran 90⁰
• Pada segitiga lancip, masing masing sudutnya berukuran kurang dari 90⁰

Baca Juga Sifat Sifat Bangun Datar

 

Rumus Alas Segitiga

Rumus alas segitiga adalah metode matematis yang digunakan untuk menghitung panjang sisi yang menjadi dasar atau alas dari sebuah segitiga.

Sebagai salah satu bentuk geometri paling fundamental, segitiga memiliki tiga sisi dan tiga sudut yang membentuk bentuk segitiga yang khas. Alas adalah salah satu dari tiga sisi segitiga, yang menjadi landasan atau dasar dari bentuk tersebut.

Dalam memahami konsep segitiga, rumus alas menjadi sangat penting. Untuk menghitung panjang alas segitiga, kita perlu mengetahui informasi tentang sisi-sisi lainnya, atau menggunakan rumus-rumus trigonometri tertentu tergantung pada data yang tersedia. Selain itu, rumus alas segitiga juga berperan dalam menghitung luas segitiga.

Cara mencari alas segitiga yaitu :

Rumus Alas Segitiga = (2 × L) ÷ t

Keterangan :
L = Luas
t = tinggi

Rumus alas segitiga memiliki banyak penerapan dalam berbagai bidang. Dalam dunia arsitektur dan teknik, rumus ini digunakan dalam perancangan struktur bangunan atau objek yang memiliki bentuk segitiga.

Selain itu, dalam bidang fisika, rumus alas segitiga membantu dalam perhitungan berbagai parameter, misalnya dalam pergerakan benda atau dalam perhitungan gaya pada segitiga.

Pemahaman tentang rumus alas segitiga menjadi keterampilan yang berguna dalam menyelesaikan berbagai masalah matematika dan geometri. Dengan menguasai rumus ini, kita dapat dengan mudah menghitung berbagai aspek dalam segitiga dan menerapkan konsep-konsep matematika dan trigonometri dalam berbagai situasi kehidupan nyata maupun dalam bidang akademis.

Baca Juga :

 

Contoh Soal Rumus Mencari Alas Segitiga

Rumus mencari alas segitiga dan penjelasannya sudah dijelaskan dan diberikan dengan lengkap diatas. Selanjutnya agar lebih mudah memahami mengenai materi ini, akan diberikan beberapa contoh soal dan juga disertai pembahasannya dengan lengkap.

Cara mencari alas segitiga dan contoh soal akan diberikan sebagai berikut.

1. Diketahui sebuah bangun segitiga mempunyai tinggi yaitu 6 cm dan juga diketahui memiliki luas yaitu 24 cm². Tentukanlah panjang sisi alas pada bangun segitiga tersebut berdasarkan tinggi dan luas yang sudah diketahui !
Diketahui : L = 24 cm² , t = 6 cm
Ditanya : a (sisi alas) ?
Jawab :
Rumus Panjang Alas Segitiga = (2 × L) ÷ t
a = (2 × 24 cm²) ÷ 6 cm
a = 48 cm² ÷ 6 cm
a = 8 cm

Jadi, panjang sisi alas pada bangun segitiga tersebut diketahui berukuran 8 cm.

 

2. Sebuah bangun segitiga diketahui mempunyai luas dengan besar 48 cm² dan pada tingginya diketahui berukuran 8 cm. Berdasarkan luas dan tinggi pada bangun segitiga tersebut yang sudah diketahui, carilah tinggi pada bangun segitiga tersebut dengan tepat !
Diketahui : L = 48 cm² , t = 8 cm
Ditanya : a (sisi alas) ?
Jawab :
Cara Menghitung Alas Segitiga = (2 × L) ÷ t
a = (2 × 48 cm²) ÷ 8 cm
a = 96 cm² ÷ 8 cm
a = 12 cm

Jadi, diketahui bangun segitiga tersebut mempunyai sisi alas berukuran 12 cm.

 

3. Diketahui luas pada sebuah bangun segitiga mempunyai besar 100 cm². Selain itu tinggi pada bangun segitiga tersebut juga diketahui berukuran 10 cm. Jika luas dan tingginya sudah diketahui, tentukanlah sisi alas pada bangun segitiga tersebut dengan benar !
Diketahui : L = 100 cm² , t = 10 cm
Ditanya : a (sisi alas) ?
Jawab :
Cara Mencari Alas Segitiga Siku Siku = (2 × L) ÷ t
a = (2 × 100 cm²) ÷ 10 cm
a = 200 cm² ÷ 10 cm
a = 20 cm

Jadi, sebuah bangun segitiga tersebut diketahui memiliki panjang alas yaitu 20 cm.

 

4. Jika tinggi dari sebuah bangun segitiga diketahui berukuran 18 cm dan juga mempunyai besar luas berukuran 108 cm². Tentukanlah panjang alas pada bangun segitiga tersebut jika besar luas dan tingginya sudah diketahui !
Diketahui : L = 108 cm² , t = 18 cm
Ditanya : a (sisi alas) ?
Jawab :
Rumus Alas Segitiga Sama Kaki = (2 × L) ÷ t
a = (2 × 108 cm²) ÷ 18 cm
a = 216 cm² ÷ 18 cm
a = 12 cm

Jadi, diketahui sisi alas pada bangun segitiga tersebut mempunyai panjang 12 cm.

 

5. Sebuah bangun segitiga mempunyai luas dengan besar 192 cm² dan memiliki tinggi yaitu 16 cm. Dari besar luas dan tinggi yang sudah diketahui tersebut, carilah panjang alasnya dengan tepat dan benar !
Diketahui : L = 192 cm² , t = 16 cm
Ditanya : a (sisi alas) ?
Jawab :
Cara Mencari Alas Segitiga Sama Kaki = (2 × L) ÷ t
a = (2 × 192 cm²) ÷ 16 cm
a = 384 cm² ÷ 16 cm
a = 24 cm

Jadi, diketahui bangun segitiga tersebut memiliki alas dengan panjang yaitu 24 cm.

 

6. Diketahui pada bangun segitiga tersebut memiliki luas dan tinggi masing masing berukuran 154 cm² dan 14 cm. Berdasarkan luas dan tinggi yang diketahui tersebut, tentukanlah panjang alas dari bangun segitiga tersebut dengan benar !
Diketahui : L = 154 cm² , t = 14 cm
Ditanya : a (sisi alas) ?
Jawab :
Rumus Alas Segitiga Siku Siku = (2 × L) ÷ t
a = (2 × 154 cm²) ÷ 14 cm
a = 308 cm² ÷ 14 cm
a = 22 cm

Jadi, bangun segitiga tersebut mempunyai sisi alas berukuran yaitu 22 cm.

 

6. Diketahui pada bangun segitiga tersebut memiliki luas dan tinggi masing masing berukuran 154 cm² dan 14 cm. Berdasarkan luas dan tinggi yang diketahui tersebut, tentukanlah panjang alas dari bangun segitiga tersebut dengan benar !
Diketahui : L = 154 cm² , t = 14 cm
Ditanya : a (sisi alas) ?
Jawab :
Cara Mencari Panjang Alas Segitiga = (2 × L) ÷ t
a = (2 × 154 cm²) ÷ 14 cm
a = 308 cm² ÷ 14 cm
a = 22 cm

Jadi, bangun segitiga tersebut mempunyai sisi alas berukuran yaitu 22 cm.

 

7. Luas sebuah bangun segitiga diketahui mempunyai besar berukuran 247 cm² dan juga diketahui tingginya berukuran 19 cm. Jika luas dan tinggi dari bangun segitiga tersebut sudah diketahui, carilah panjang sisi alasnya dengan tepat !
Diketahui : L = 247 cm² , t = 19 cm
Ditanya : a (sisi alas) ?
Jawab :
Rumus Mencari Panjang Alas Segitiga = (2 × L) ÷ t
a = (2 × 247 cm²) ÷ 19 cm
a = 494 cm² ÷ 19 cm
a = 26 cm

Jadi, diketahui bangun segitiga tersebut memiliki alas dengan panjang 26 cm.

 

8. Sebuah bangun segitiga diketahui memiliki tinggi berukuran 14 cm dan juga diketahui mempunyai luas berukuran 196 cm². Berdasarkan besar luas dan tinggi yang sudah diketahui, berapakah tinggi pada bangun segitiga tersebut ?
Diketahui : L = 196 cm² , t = 14 cm
Ditanya : a (sisi alas) ?
Jawab :
Rumus Panjang Alas Segitiga = (2 × L) ÷ t
a = (2 × 196 cm²) ÷ 14 cm
a = 392 cm² ÷ 14 cm
a = 28 cm

Jadi, sisi alas pada bangun segitiga tersebut mempunyai panjang berukuran 28 cm.

 

9. Jika sebuah bangun segitiga mempunyai tinggi dan luas dengan masing masing berukuran 18 cm dan 270 cm². Dari tinggi dan besar luas yang sudah diketahui tersebut, carilah panjang sisi alas pada bangun segitiga tersebut dengan tepat !
Diketahui : L = 270 cm² , t = 18 cm
Ditanya : a (sisi alas) ?
Jawab :
Cara Menghitung Alas Segitiga = (2 × L) ÷ t
a = (2 × 270 cm²) ÷ 18 cm
a = 540 cm² ÷ 18 cm
a = 30 cm

Jadi, sebuah bangun segitiga tersebut memiliki alas dengan panjang yaitu 30 cm.

 

10. Tinggi yang dimiliki dari sebuah bangun segitiga diketahui berukuran 20 cm dan luasnya juga diketahui berukuran 340 cm². Berapakah panjang sisi alas pada bangun segitiga tersebut berdasarkan tinggi dan besar luas yang sudah diketahui ?
Diketahui : L = 340 cm² , t = 20 cm
Ditanya : a (sisi alas) ?
Jawab :
Rumus Mencari Alas Segitiga = (2 × L) ÷ t
a = (2 × 340 cm²) ÷ 20 cm
a = 680 cm² ÷ 20 cm
a = 34 cm

Jadi, diketahui panjang sisi alas dari bangun segitiga tersebut adalah 34 cm.

 

Rumus alas segitiga dan juga pembahasannya sudah diberikan dengan lengkap diatas. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisan dan ingin memberikan kritik atau saran, bisa ditulis di kolom komentar.

Artikel Terkait :