rumus keliling segitiga siku siku
rumus mencari keliling segitiga siku siku

Rumus Mencari Keliling Segitiga Siku Siku dan Contoh Soal

Diposting pada

Rumus Keliling Segitiga Siku Siku – Postingan ini menjelaskan tentang rumus keliling segitiga siku-siku disertai contoh soal dan juga pembahasannya dengan lengkap.

Rumus keliling segitiga siku-siku dan penjelasannya yaitu sebagai berikut.

Baca Juga Contoh Bangun Datar

 

Bangun Segitiga Siku Siku

Segitiga siku-siku adalah salah satu bentuk segitiga yang memiliki sifat unik karena memiliki satu sudut berukuran tepat 90 derajat, yang sering disebut sudut siku-siku.

Dalam matematika, segitiga ini sangat menarik karena memiliki banyak aplikasi dalam perhitungan dan pemecahan masalah geometri.

Untuk menghitung berbagai aspek dari segitiga siku-siku, kita perlu memahami beberapa istilah penting. Alas adalah panjang salah satu sisi yang tidak berhadapan langsung dengan sudut siku-siku. Tinggi adalah jarak tegak lurus dari sudut siku-siku ke sisi yang berhadapan langsung dengannya.

Sisi yang berhadapan dengan sudut siku-siku dinamakan sisi siku-siku, dan sisi ini merupakan sisi terpanjang dalam segitiga siku-siku.

Rumus yang sering digunakan untuk menghitung berbagai ukuran segitiga siku-siku adalah rumus Pythagoras. Rumus ini menyatakan bahwa jumlah kuadrat dari panjang alas dan tinggi sama dengan kuadrat panjang sisi siku-siku.

Selain itu, kita juga dapat menghitung keliling segitiga siku-siku dengan menjumlahkan panjang ketiga sisinya.

Segitiga siku-siku memiliki peran yang signifikan dalam trigonometri dan berbagai bidang ilmu lainnya. Pemahaman yang baik tentang segitiga siku-siku memungkinkan kita untuk menghitung berbagai ukuran dan properti segitiga dengan lebih mudah dan akurat, serta memecahkan masalah-masalah kompleks yang melibatkan sudut dan sisi segitiga.

Baca Juga Rumus Rumus Bangun Datar

 

Sifat Sifat Segitiga Siku Siku

Sebuah segitiga siku siku mempunyai sifat sifat dan karakteristik yang membedakannya dengan bangun datar lainnya. Dengan mengetahui karakteristiknya tersebut, kita dapat dengan mudah mengetahui bentuk segitiga siku siku.

Sifat sifat segitiga siku siku yaitu :
• Memiliki 1 sudut bebentuk siku siku (90°) dan 2 sudut lainnya berbentuk lancip (dibawah 90°)
• Memiliki 2 sisi yang saling tegak lurus satu sama lain. Dalam segitiga siku-siku, dua sisi yang bersebrangan dengan sudut siku-siku disebut sebagai kaki segitiga, dan kaki segitiga tersebut saling tegak lurus pada sudut siku-siku
• Kaki segitiga yang berhadapan dengan sudut siku-siku lebih pendek daripada kaki segitiga yang tidak berhadapan dengan sudut siku-siku. Kaki yang lebih pendek disebut kaki pendek, sedangkan kaki yang lebih panjang disebut kaki panjang
• Memenuhi rumus Pythagoras, yaitu kuadrat dari sisi miring sama dengan jumlah kuadrat dari kedua kaki segitiga
• Sisi miring segitiga siku-siku selalu lebih panjang daripada kedua kaki segitiganya

Baca Juga Sifat Sifat Bangun Datar

 

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku

Rumus keliling segitiga siku-siku adalah cara untuk menghitung jumlah panjang semua sisinya. Sebuah segitiga siku-siku memiliki satu sudut yang berukuran tepat 90 derajat, yang merupakan sudut siku-siku, dan ini membentuk sisi yang lebih panjang yang disebut hipotenusa.

Sudut siku-siku ini merupakan bagian yang unik dari segitiga ini dan memberikan dasar bagi berbagai perhitungan trigonometri.

Untuk menghitung keliling segitiga siku-siku, kita perlu mengetahui panjang ketiga sisinya. Sisi pertama adalah alas, sisi kedua adalah tinggi, dan sisi ketiga adalah hipotenusa.

Cara mencari keliling segitiga siku-siku yaitu :

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku = a + b + c

Keterangan :
a = panjang sisi a
b = panjang sisi b
c = panjang sisi c

Terkadang, mencari panjang hipotenusa bisa menjadi tugas yang rumit. Namun, kita dapat menggunakan rumus Pythagoras untuk menghitungnya.

Rumus Pythagoras menyatakan bahwa jumlah kuadrat dari panjang kedua sisi yang membentuk sudut siku-siku adalah sama dengan kuadrat panjang sisi siku-siku.

Dengan demikian, kita dapat menuliskan rumus keliling segitiga siku-siku dalam bentuk lain, yaitu keliling = alas + tinggi + akar dari (alas^2 + tinggi^2).

Rumus keliling ini berguna dalam berbagai konteks, seperti saat menghitung jumlah pagar yang dibutuhkan untuk mengelilingi suatu lahan yang berbentuk segitiga siku-siku, atau saat merencanakan proyek konstruksi yang melibatkan segitiga siku-siku.

Selain itu, rumus ini juga digunakan dalam trigonometri untuk memahami hubungan antara sudut dan sisi segitiga siku-siku.

Dalam pengaplikasiannya, rumus keliling segitiga siku-siku memudahkan kita dalam menghitung total panjang garis tepi segitiga tanpa harus mengukur satu per satu sisi secara manual. Dengan memahami konsep dan menguasai rumus kelilingnya, kita dapat dengan mudah melakukan perhitungan yang akurat dan efisien dalam berbagai situasi yang melibatkan segitiga siku-siku.

Baca Juga :

 

Contoh Soal Keliling Segitiga Siku Siku

Cara menghitung keliling segitiga siku-siku beserta pembahasannya sudah diberikan diatas dengan lengkap. Selanjutnya agar lebih memahami mengenai materi kali ini, akan diberikan beberapa contoh soal.

Rumus keliling segitiga siku-siku dan contoh soal akan diberikan sebagai berikut.

1. Jika pada sebuah bangun segitiga siku siku diketahui memiliki panjang sisi yaitu 3 cm, 4 cm dan 5 cm. Berapakah besar keliling dari bangun segitiga siku siku tersebut jika panjang sisinya sudah diketahui ?
Diketahui : a = 3 cm , b = 4 cm , c = 5 cm
Ditanya : K (keliling) ?
Jawab :
Mencari Keliling Segitiga Siku Siku = a + b + c
K = 3 cm + 4 cm + 5 cm
K = 12 cm

Jadi, besar keliling pada bangun segitiga siku siku tersebut berukuran 12 cm.

 

2. Sebuah bangun segitiga siku siku diketahui memiliki ketiga sisi dengan masing masing panjang berukuran 8 cm, 6 cm dan 10 cm. Dari panjang ketiga sisi yang diketahui tersebut, hitunglah keliling pada bangun segitiga siku siku tersebut dengan benar !
Diketahui : a = 8 cm , b = 6 cm , c = 10 cm
Ditanya : K (keliling) ?
Jawab :
Rumus Mencari Keliling Segitiga Siku-Siku = a + b + c
K = 8 cm + 6 cm + 10 cm
K = 24 cm

Jadi, diketahui keliling pada bangun segitiga siku siku tersebut berukuran 12 cm.

 

3. Diketahui ketiga sisi pada bangun segitiga siku siku mempunyai panjang berukuran 5 cm, 12 cm dan 13 cm. Berdasarkan panjang sisi yang dimiliki bangun segitiga siku siku tersebut, tentukanlah keliling bangun segitiga siku siku tersebut dengan tepat !
Diketahui : a = 5 cm , b = 12 cm , c = 13 cm
Ditanya : K (keliling) ?
Jawab :
Rumus Segitiga Siku-Siku Keliling = a + b + c
K = 5 cm + 12 cm + 13 cm
K = 30 cm

Jadi, pada bangun segitiga siku siku tersebut memiliki keliling berukuran 30 cm.

 

4. Sebuah bangun segitiga siku siku diketahui memiliki panjang yaitu 7 cm, 24 cm dan 25 cm. Berapakah keliling yang dimiliki oleh bangun segitiga siku siku tersebut jika panjang ketiga sisinya sudah diketahui ?
Diketahui : a = 7 cm , b = 24 cm , c = 25 cm
Ditanya : K (keliling) ?
Jawab :
Menghitung Keliling Segitiga Siku-Siku = a + b + c
K = 7 cm + 24 cm + 25 cm
K = 56 cm

Jadi, besar keliling pada bangun segitiga siku siku tersebut yaitu 56 cm.

 

5. Jika panjang ketiga sisi dari sebuah bangun segitiga siku siku diketahui mempunyai panjang 12 cm, 16 cm dan 20 cm. Carilah keliling pada bangun segitiga siku siku tersebut berdasarkan panjang sisi yang sudah diketahui !
Diketahui : a = 12 cm , b = 16 cm , c = 20 cm
Ditanya : K (keliling) ?
Jawab :
Mencari Keliling Segitiga Siku-Siku = a + b + c
K = 12 cm + 16 cm + 20 cm
K = 48 cm

Jadi, pada bangun segitiga siku siku tersebut mempunyai keliling dengan besar 48 cm.

 

6. Diketahui sebuah bangun segitiga siku siku mempunyai sisi dengan panjang yaitu 15 cm, 8 cm dan 17 cm. Jika panjang ketiga sisi bangun segitiga siku siku tersebut sudah diketahui, hitunglah besar keliling dari bangun segitiga siku siku tersebut dengan benar !
Diketahui : a = 15 cm , b = 8 cm , c = 17 cm
Ditanya : K (keliling) ?
Jawab :
Cara Mencari Keliling Segitiga Siku-Siku = a + b + c
K = 15 cm + 8 cm + 17 cm
K = 40 cm

Jadi, diketahui bangun segitiga siku siku tersebut mempunyai besar keliling 40 cm.

 

7. Jika bangun segitiga siku siku mempunyai ketiga sisi dengan panjang masing masing 9 cm, 40 cm dan 41 cm. Berdasarkan panjang ketiga sisi yang sudah diketahui tersebut, hitunglah keliling yang dimiliki oleh bangun segitiga siku siku tersebut !
Diketahui : a = 9 cm , b = 40  cm , c = 41 cm
Ditanya : K (keliling) ?
Jawab :
Cara Menghitung Keliling Segitiga Siku-Siku = a + b + c
K = 9 cm + 40 cm + 41 cm
K = 90 cm

Jadi, keliling yang dimiliki oleh bangun segitiga siku siku tersebut adalah 90 cm.

 

8. Panjang ketiga sisi yang dimiliki oleh sebuah bangun segitiga siku siku diketahui memiliki panjang berukuran 16 cm, 30 cm dan 34 cm. Dari panjang ketiga sisi yang diketahui tersebut, berapakah keliling pada bangun segitiga siku siku tersebut ?
Diketahui : a = 16 cm , b = 30 cm , c = 34 cm
Ditanya : K (keliling) ?
Jawab :
Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku = a + b + c
K = 16 cm + 30 cm + 34 cm
K = 80 cm

Jadi, diketahui bangun segitiga siku siku tersebut mempunyai besar keliling 80 cm.

 

9. Jika pada sebuah bangun segitiga siku siku diketahui memiliki panjang sisi masing masing yaitu 21 cm, 20 cm dan 29 cm. Hitunglah besar keliling pada bangun segitiga siku siku berdasarkan panjang sisi yang sudah diketahui !
Diketahui : a = 21 cm , b = 20 cm , c = 29 cm
Ditanya : K (keliling) ?
Jawab :
Rumus Keliling Segitiga Siku Siku = a + b + c
K = 21 cm + 20 cm + 29 cm
K = 70 cm

Jadi, diketahui keliling dari bangun segitiga siku siku tersebut berukuran 70 cm.

 

10. Jika panjang ketiga sisi yang dimiliki oleh bangun segitiga siku siku diketahui berukuran 24 cm, 10 cm dan 26 cm. Berdasarkan panjang sisi dari bangun segitiga siku siku tersebut sudah diketahui, tentukanlah besar keliling pada bangun segitiga siku siku tersebut dengan tepat !
Diketahui : a = 24 cm , b = 10 cm , c = 26 cm
Ditanya : K (keliling) ?
Jawab :
Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku = a + b + c
K = 24 cm + 10 cm + 26 cm
K = 60 cm

Jadi, bangun segitiga siku siku tersebut mempunyai keliling dengan besar 60 cm.

 

Rumus keliling segitiga siku siku disertai pengertian dan contoh soal sudah diberikan dengan lengkap diatas. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisan dan ingin memberikan kritik atau saran, bisa ditulis di kolom komentar.

Artikel Terkait :