rumus luas lingkaran
cara mencari luas lingkaran

Rumus Mencari Luas Lingkaran : Cara Menghitung & Soal

Diposting pada

Rumus Luas Lingkaran – Postingan ini akan menjelaskan tentang cara menghitung luas lingkaran beserta contoh soal dan juga disertai pembahasannya dengan lengkap.

Cara mencari luas lingkaran dan penjelasannya yaitu sebagai berikut.

Baca Juga Contoh Bangun Datar

 

Bangun Datar Lingkaran

Lingkaran adalah sebuah bentuk geometri dua dimensi yang sangat khas dan penting dalam matematika. Bentuk ini dibentuk oleh seluruh titik yang memiliki jarak yang sama dari suatu titik pusat yang tertentu.

Titik pusat ini merupakan pusat lingkaran, sedangkan jarak dari pusat ke tepi lingkaran disebut jari-jari. Lingkaran memiliki sifat yang menarik dan unik, dan banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Rumus-rumus penting yang terkait dengan lingkaran adalah rumus luas dan rumus keliling. Untuk menghitung luas lingkaran, kita menggunakan rumus luas = Phi (Φ) atau Pi (π) × jari-jari^2.

Phi (Φ) atau Pi (π) adalah suatu konstanta yang mendekati angka 3,14. Sementara itu, untuk menghitung keliling lingkaran, kita gunakan rumus keliling = Phi (Φ) atau Pi (π) × diameter. Diameter adalah jarak dari satu tepi lingkaran ke tepi seberangnya melalui titik pusat.

Pemahaman tentang lingkaran dan rumus-rumusnya membantu kita dalam berbagai perhitungan geometri dan aplikasi praktis, seperti dalam perencanaan pembangunan, arsitektur, atau desain industri.

Lingkaran menjadi dasar bagi banyak konsep matematika dan memberikan wawasan tentang bentuk-bentuk geometri yang lebih kompleks. Dengan memahami konsep lingkaran, kita dapat lebih menghargai keindahan dan keunikan bentuk geometri ini dalam dunia matematika dan dunia nyata sekitar kita.

Baca Juga Rumus Bangun Datar Lengkap

 

Bagian Bagian Lingkaran

Sebuah bangun lingkaran memiliki bagian bagian dan unsur unsur yang membentuk sebuah bangun lingkaran. Dengan mengetahui unsur unsur pembentuknya, maka akan lebih mudah untuk mengenali dan memahami mengenai bangun lingkaran.

Bagian-bagian lingkaran dan penjelasannya yaitu diberikan sebagai berikut :

• Titik pusat lingkaran adalah unsur lingkaran yang merupakan sebuah titik yang berada di tengah tengah bangun lingkaran. Jarak dari titik pusat lingkaran menuju ke setiap titik di tepi lingkaran adalah sama.

• Jari jari lingkaran adalah garis lurus pada lingkaran yang terbentuk dari titik pusat lingkaran menuju titik pada tepi lingkaran. Panjang jari jari lingkaran dari setiap tepi lingkaran ke titik pusat adalah sama panjang. Biasanya jari jari dilambangkan dengan “r“.

• Diameter lingkaran adalah garis lurus pada lingkaran yang terbentuk dari titik pada tepi lingkaran menuju titik pada tepi lingkaran satunya yang melewati titik pusat lingkaran. Diameter biasa dilambangkan dengan “d“.

Busur lingkaran adalah garis lengkung pada lingkaran yang berbentuk lengkungan dari titik pada tepi lingkaran menuju titik tepi lingkaran satunya.

Tali busur lingkaran adalah garis lurus pada lingkaran yang terbentuk dari titik pada tepi lingkaran menuju titik tepi lingkaran satunya tanpa melewati titik pusat lingkaran.

Tembereng lingkaran adalah luas daerah pada lingkaran yang terbentuk dan dibatasi oleh tali busur dan busur lingkaran.

Juring lingkaran adalah luas daerah pada lingkaran yang terbentuk dan dibatasi oleh dua jari jari lingkaran.

Apotema lingkaran adalah garis pada lingkaran yang terbentuk dari titik pusat lingkaran menuju titik tengah pada tali busur lingkaran.

Sudut pusat lingkaran adalah sudut pada lingkaran yang terbentuk dari dua jari jari lingkaran dan berada di titik pusat lingkaran.

Sudut keliling lingkaran adalah sudut pada lingkaran yang terbentuk dari perpotongan dua tali busur di suatu titik pada keliling lingkaran.

 

Rumus Luas Lingkaran

Rumus luas lingkaran adalah konsep matematika yang sangat penting dan digunakan untuk menghitung besarnya area atau luas yang tertutup oleh suatu lingkaran. Lingkaran merupakan sebuah bentuk geometri dua dimensi yang terbentuk oleh semua titik yang memiliki jarak yang sama dari titik pusat lingkaran.

Rumus luas ini didasarkan pada jari-jari lingkaran, yaitu jarak dari titik pusat ke tepi lingkaran, dan menggunakan konstanta Phi (Φ) atau Pi (π).

Cara menghitung luas lingkaran yaitu :

Rumus Luas Lingkaran = π × r²

Keterangan :
π = phi (3,14 atau 22/7)
r = panjang jari jari

Jari-jari dalam rumus ini menjadi kunci untuk mengetahui besar luas lingkaran, karena semakin besar jari-jari, semakin besar pula luas lingkaran yang tercipta.

Rumus luas lingkaran ini memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam dunia teknik dan rekayasa, rumus ini sering digunakan untuk menghitung luas permukaan lingkaran pada berbagai benda atau bangunan.

Rumus luas lingkaran juga berhubungan dengan rumus-rumus lainnya, seperti rumus keliling lingkaran. Jika kita memiliki informasi mengenai diameter lingkaran, kita juga dapat menghitung jari-jari dan menggunakan rumus luas untuk menentukan luas lingkaran secara efisien.

Dengan memahami rumus luas lingkaran, kita dapat mengaplikasikannya dalam berbagai konteks, seperti perhitungan luas area tanah, perencanaan taman, atau pembuatan desain geometri. Penguasaan tentang rumus luas lingkaran membantu kita memperkaya pengetahuan dalam matematika dan membawa manfaat dalam berbagai aspek kehidupan.

Baca Juga :

 

Contoh Soal Rumus Luas Lingkaran

Cara mencari luas lingkaran beserta penjelasannya sudah diberikan dan dijelaskan dengan lengkap diatas. Selanjutnya akan diberikan beberapa contoh soal dan juga pembahasannya, agar lebih mudah memahami mengenai materi kali ini.

Luas lingkaran rumus dan contoh soal akan diberikan sebagai berikut.

1. Diketahui sebuah bangun lingkaran memiliki panjang jari jari berukuran 14 cm. Dari panjang jari jari tersebut, berapakah besar luas dari lingkaran tersebut ?
Diketahui : π = 22/7 , r = 14 cm
Ditanya : L ?
Jawab :
Rumus Mencari Luas Lingkaran = π × r²
L = 22/7 × (14 cm)²
L = 22/7 × 196 cm²
L = 616 cm²

Jadi, besar luas pada bangun lingkaran tersebut berukuran 616 cm².

 

2. Pada sebuah bangun lingkaran diketahui memiliki panjang jari jari yaitu 10 cm. Berdasarkan panjang jari jari yang sudah diketahui tersebut, hitunglah luas bangun lingkaran tersebut dengan tepat !
Diketahui : π = 3,14 , r = 10 cm
Ditanya : L ?
Jawab :
Rumus Lingkaran Luas = π × r²
L = 3,14 × (10 cm)²
L = 3,14 × 100 cm²
L = 314 cm²

Jadi, diketahui pada bangun lingkaran tersebut memiliki luas 314 cm²

 

3. Jika pada bangun lingkaran diketahui mempunyai jari jari yaitu 7 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut berdasarkan panjang jari jari yang sudah diketahui ?
Diketahui : π = 22/7 , r = 7 cm
Ditanya : L ?
Jawab :
Cara Mencari Luas Lingkaran = π × r²
L = 22/7 × (7 cm)²
L = 22/7 × 49 cm²
L = 154 cm²

Jadi, diketahui luas pada bangun lingkaran tersebut adalah 154 cm²

 

4. Pada sebuah lingkaran memiliki jari jari dengan panjang berukuran 21 cm. Tentukanlah luas lingkaran tersebut berdasarkan jari jari yang diketahui tersebut !
Diketahui : π = 22/7 , r = 21 cm
Ditanya : L ?
Jawab :
Rumus Luas Lingkaran adalah π × r²
L = 22/7 × (21 cm)²
L = 22/7 × 441 cm²
L = 1386 cm²

Jadi, luas pada bangun lingkaran tersebut diketahui berukuran 1386 cm²

 

5. Jari jari pada sebuah bangun lingkaran memiliki panjang yaitu 20 cm. Jika panjang jari jarinya sudah diketahui, carilah luas dari bangun lingkaran tersebut dengan tepat dan benar !
Diketahui : π = 3,14 , r = 20 cm
Ditanya : L ?
Jawab :
Cara Menghitung Luas Lingkaran = π × r²
L = 3,14 × (20 cm)²
L = 3,14 × 400 cm²
L = 1256 cm²

Jadi, sebuah bangun lingkaran tersebut diketahui memiliki luas 1256 cm²

 

6. Diketahui panjang jari jari yang dimiliki sebuah bangun lingkaran berukuran yaitu 35 cm. Berdasarkan panjang jari jari yang diketahui tersebut, hitunglah besar luas pada bangun lingkaran tersebut dengan benar !
Diketahui : π = 22/7 , r = 35 cm
Ditanya : L ?
Jawab :
Luas Lingkaran Rumus = π × r²
L = 22/7 × (35 cm)²
L = 22/7 × 1225 cm²
L = 3850 cm²

Jadi, besar luas yang dimiliki pada bangun lingkaran tersebut adalah 3850 cm²

 

7. Jika sebuah bangun lingkaran mempunyai jari jari dengan panjang yaitu 30 cm. Hitunglah besar luas pada bangun lingkaran tersebut berdasarkan jari jari yang diketahui !
Diketahui : π = 3,14 , r = 30 cm
Ditanya : L ?
Jawab :
Rumus Mencari Luas Lingkaran = π × r²
L = 3,14 × (30 cm)²
L = 3,14 × 900 cm²
L = 2826 cm²

Jadi, bangun lingkaran tersebut diketahui memiliki luas berukuran adalah 2826 cm²

 

8. Diketahui jari jari dari bangun lingkaran berukuran yaitu 28 cm. Dari panjang jari jari yang sudah diketahui tersebut, tentukanlah luas bangun lingkaran tersebut dengan benar dan tepat !
Diketahui : π = 22/7 , r = 28 cm
Ditanya : L ?
Jawab :
Cara Mencari Luas Lingkaran = π × r²
L = 22/7 × (28 cm)²
L = 22/7 × 784 cm²
L = 2464 cm²

Jadi, diketahui bangun lingkaran tersebut mempunyai luas yaitu 2464 cm²

 

9. Sebuah bangun lingkaran diketahui mempunyai panjang jari jari yang berukuran 40 cm. Berdasarkan panjang jari jari tersebut, tentukanlah luas bangun lingkaran tersebut dengan tepat dan benar !
Diketahui : π = 3,14 , r = 40 cm
Ditanya : L ?
Jawab :
Rumus Mencari Luas Lingkaran = π × r²
L = 3,14 × (40 cm)²
L = 3,14 × 1600 cm²
L = 5024 cm²

Jadi, besar luas yang dimiliki bangun lingkaran tersebut adalah 5024 cm²

 

10. Jika panjang jari jari pada sebuah bangun lingkaran diketahui berukuran 42 cm. Dari jari jari yang diketahui tersebut, hitunglah luas yang dimiliki pada bangun lingkaran tersebut dengan tepat !
Diketahui : π = 22/7 , r = 42 cm
Ditanya : L ?
Jawab :
Cara Menghitung Luas Lingkaran = π × r²
L = 22/7 × (42 cm)²
L = 22/7 × 1764 cm²
L = 5544 cm²

Jadi, bangun lingkaran tersebut diketahui memiliki luas dengan besar 5544 cm²

Baca Juga :

 

Rumus luas lingkaran dan juga pembahasannya sudah diberikan dengan lengkap diatas. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisan dan ingin memberikan kritik atau saran, bisa ditulis di kolom komentar.

Artikel Terkait :