tangga satuan massa
tangga satuan massa

Satuan Massa : Pengertian, Konversi & Tangga Satuan

Diposting pada

Satuan Massa – Postingan ini akan menjelaskan tentang konversi satuan massa disertai pengertian, contoh dan tangga satuan beserta penjelasannya dengan lengkap.

Tangga satuan massa dan pembahasannya yaitu sebagai berikut.

Baca Juga Alat Ukur Massa

 

Satuan Massa Adalah

Satuan massa adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur jumlah materi dalam suatu benda atau sistem. Massa menggambarkan seberapa besar inersia atau ketahanan sebuah benda terhadap perubahan geraknya.

Satuan massa yang umum digunakan adalah kilogram (kg) dalam Sistem Internasional (SI). Satuan massa lain yang digunakan di beberapa negara adalah gram (g) dan ton (t). Kilogram merupakan satuan dasar dalam SI, sedangkan gram dan ton merupakan kelipatan dan subkelipatan dari kilogram.

Massa tidak sama dengan berat, meskipun keduanya sering kali digunakan secara bergantian dalam percakapan sehari-hari. Berat adalah gaya yang ditimbulkan oleh tarikan gravitasi pada suatu objek dan dapat bervariasi tergantung pada percepatan gravitasi di lokasi tersebut.

Dalam SI, satuan berat adalah newton (N). Namun, massa dalam kilogram sering digunakan untuk mengukur berat secara tidak resmi dalam kehidupan sehari-hari, karena berat dapat dihitung dengan mengalikan massa dengan percepatan gravitasi setempat.

Massa memiliki sifat dasar sebagai besaran skalar, yang berarti hanya memiliki nilai numerik tanpa arah tertentu. Massa juga merupakan salah satu prinsip dasar dalam hukum kekekalan massa, yang menyatakan bahwa massa total dalam suatu sistem terisolasi akan tetap konstan selama tidak ada pertukaran materi dengan lingkungannya.

Baca Juga Nama Nama Alat Ukur

 

Contoh Satuan Massa

Satuan massa adalah satuan yang digunakan untuk mengukur besaran massa suatu objek atau bahan. Massa merupakan ukuran kuantitatif dari jumlah materi yang terkandung dalam suatu objek.

Satuan massa yang umum digunakan di berbagai negara dan bidang ilmu adalah kilogram (kg), gram (g), pon/pound (lb), dan ons (oz).

Contoh satuan massa dan penjelasannya yaitu sebagai berikut.

• Kilogram (kg)

Satuan internasional massa adalah kilogram (kg). Kilogram adalah unit pengukuran yang digunakan untuk mengukur massa atau berat. Satu kilogram (kg) setara dengan 1.000 gram atau 1.000.000 miligram. Kilogram merupakan unit dasar dalam sistem metrik atau SI (Sistem Internasional).

Kilogram umumnya digunakan untuk mengukur berat benda-benda seperti manusia, bahan makanan, bahan kimia, atau objek-objek sehari-hari lainnya. Kilogram juga digunakan dalam industri, perdagangan, dan ilmu pengetahuan untuk mengukur berat barang dagangan, alat-alat, atau bahan-bahan dalam eksperimen.

Baca Juga Alat Untuk Mengukur Berat

 

• Gram (g)

Satuan massa benda adalah gram (g). Gram adalah unit pengukuran yang digunakan untuk mengukur massa atau berat. Satu gram (g) setara dengan satu per seribu (1/1000) dari satu kilogram. Gram merupakan subunit dari kilogram dalam sistem metrik atau SI (Sistem Internasional).

Gram sering digunakan untuk mengukur berat benda-benda kecil, seperti makanan, bahan kimia, atau obat-obatan. Gram juga digunakan dalam resep masakan, dalam industri farmasi, atau dalam percobaan ilmiah yang membutuhkan pengukuran massa yang presisi.

Baca Juga Macam Macam Timbangan

 

• Miligram (mg)

Satuan besaran massa adalah miligram (mg). Miligram adalah unit pengukuran yang digunakan untuk mengukur massa atau berat yang sangat kecil. Satu miligram (mg) setara dengan satu per seribu (1/1000) dari satu gram. Miligram merupakan subunit dari gram dalam sistem metrik atau SI (Sistem Internasional).

Miligram sering digunakan untuk mengukur berat benda-benda sangat kecil, seperti dosis obat-obatan, suplemen, atau bahan kimia dalam laboratorium. Miligram juga digunakan dalam analisis makanan atau minuman untuk mengukur kadar nutrisi atau bahan tambahan yang sangat kecil dalam jumlah.

 

• Ton (t)

Satuan massa adalah ton (t). Ton adalah unit pengukuran yang digunakan untuk mengukur massa atau berat. Terdapat jenis ton yang umum digunakan yaitu ton metrik (tonne).

Ton metrik (tonne): Satu ton metrik, juga dikenal sebagai “tonne”, setara dengan 1000 kilogram atau 1 juta gram. Ton metrik digunakan secara luas di seluruh dunia dalam konteks industri, perdagangan, dan kegiatan lain yang melibatkan pengukuran massa besar seperti di bidang konstruksi, pertanian, dan transportasi.

 

• Pon (lb)

Satuan massa adalah pon (lb). Pon adalah unit pengukuran yang digunakan untuk mengukur massa atau berat dalam beberapa negara di Asia, terutama di Asia Timur. Satu pon setara dengan 0,4536 kilogram atau 453,6 gram.

Pon umumnya digunakan dalam konteks pengukuran berat badan manusia, terutama dalam pengukuran berat badan secara personal atau dalam industri pakaian. Misalnya, saat membeli pakaian di negara-negara yang menggunakan pon, ukuran pakaian sering dinyatakan dalam pon.

 

• Ons (oz)

Satuan massa adalah ons (oz). Ons adalah unit pengukuran yang digunakan untuk mengukur massa atau berat. Satu ons setara dengan 1/16 pound atau sekitar 28,35 gram. Satu ons juga setara dengan 0,0625 pound.

Ons umumnya digunakan dalam konteks pengukuran bahan makanan, terutama dalam resep masakan, perdagangan bahan makanan, atau di toko-toko bahan makanan. Ons juga sering digunakan dalam pengukuran berat emas, perhiasan, atau barang-barang kecil lainnya.

 

• Karat (ct)

Satuan massa adalah karat. Karat berat adalah unit pengukuran yang digunakan untuk mengukur massa atau berat batu permata, terutama berlian. Satu karat berat setara dengan 200 miligram atau 0,2 gram. Karat berat merupakan ukuran standar yang digunakan di industri permata di seluruh dunia.

Satu karat berat dibagi menjadi 100 poin (atau 100 poin setara dengan 1 karat). Poin digunakan untuk memberikan penilaian lebih detail terhadap berat batu permata yang lebih kecil.

Penting untuk membedakan antara karat berat (pengukuran massa batu permata) dan karat (pengukuran kemurnian logam emas). Karat berat digunakan khusus untuk permata, sementara karat dalam konteks emas mengacu pada persentase kemurnian logam emas, di mana 24 karat adalah emas murni.

 

• Kwintal (q)

Satuan massa adalah kwintal (q). Kwintal adalah unit pengukuran yang digunakan untuk mengukur massa atau berat dalam sistem metrik. Satu kwintal setara dengan 100 kilogram atau 100.000 gram. Kwintal adalah satuan yang lebih besar dibandingkan dengan kilogram, di mana satu kwintal setara dengan seratus kilogram.

Kwintal digunakan terutama dalam konteks pertanian, perdagangan komoditas pertanian, dan industri gula. Misalnya, dalam pengukuran produksi gabah, gula tebu, atau produk-produk pertanian lainnya, sering kali menggunakan kwintal untuk mengukur berat.

 

• Stone (st)

Satuan massa adalah stone (st). Stone adalah unit pengukuran yang digunakan untuk mengukur massa atau berat, terutama dalam konteks pengukuran berat badan manusia di beberapa negara seperti Britania Raya dan Irlandia. Satu stone setara dengan 14 pound atau sekitar 6,35 kilogram.

Stone umumnya digunakan dalam pengukuran berat badan seseorang atau dalam percakapan sehari-hari terkait berat badan. Misalnya, seseorang dapat mengatakan bahwa beratnya adalah “10 stone” untuk menyatakan bahwa beratnya adalah 10 kali lipat dari satu stone (yang setara dengan 14 pound atau sekitar 6,35 kilogram).

 

• Slug

Satuan massa adalah slug. Slug adalah unit pengukuran yang digunakan dalam fisika untuk mengukur massa jenis atau “inersia” benda. Satu slug setara dengan massa yang akan memberikan gaya satu pound ketika dikenai percepatan gravitasi.

Slug digunakan terutama dalam konteks pengukuran dalam sistem imperial, seperti di Amerika Serikat, di mana pound dan slug lebih umum digunakan daripada kilogram dan Newton. Slug sering digunakan dalam perhitungan kinematika dan dinamika benda yang melibatkan gaya, percepatan, dan inersia.

 

 

Tangga Satuan Massa

tangga satuan massa
tangga konversi satuan massa

Tangga satuan massa adalah susunan hierarki satuan pengukuran massa yang digunakan untuk mengukur objek dengan berbagai ukuran.

Tangga satuan massa paling umum adalah tangga satuan SI (Sistem Internasional), yang menggunakan kilogram (kg) sebagai satuan dasar untuk massa.

Tangga konversi satuan massa dalam sistem metrik (SI) adalah sebagai berikut:
Kilogram (kg): Satuan dasar untuk massa dalam SI.
Hektogram (hg): Satu hektogram setara dengan 100 gram.
Dekagram (dag): Satu dekagram setara dengan 10 gram.
Gram (g): Satuan yang paling sering digunakan dalam pengukuran massa dalam SI.
Desigram (dg): Satu desigram setara dengan 0,1 gram.
Sentigram (cg): Satu sentigram setara dengan 0,01 gram.
Miligram (mg): Satu miligram setara dengan 0,001 gram.

Selain itu, terdapat juga satuan yang lebih besar dalam tangga satuan massa, seperti tonne (ton metrik) yang setara dengan 1000 kilogram, dan satuan massa yang lebih kecil seperti mikrogram (μg) dan nanogram (ng).

Tangga satuan massa memungkinkan pengukuran massa dengan berbagai tingkat presisi dan skala, memudahkan perbandingan dan konversi antara satuan-satuan tersebut. Satuan yang digunakan dalam tangga satuan ini tergantung pada konteks pengukuran dan kebutuhan aplikasinya.

 

Konversi Satuan Massa

Konversi satuan massa adalah proses mengubah suatu nilai massa dari satu satuan ke satuan lain yang sesuai. Satuan massa yang umum digunakan di seluruh dunia adalah kilogram (kg), gram (g), pon/pound (lb), dan ons (oz).

Konversi satuan massa penting dalam berbagai bidang, seperti sains, teknik, dan perdagangan, karena dapat membantu dalam perhitungan dan pemahaman yang lebih baik terkait massa suatu objek atau bahan.

Konversi satuan massa juga dapat dilakukan antara satuan massa yang berbeda, seperti kilogram ke pon atau gram ke ons. Untuk melakukan konversi ini, diperlukan faktor konversi yang tepat antara kedua satuan yang terlibat. Faktor konversi tersebut biasanya ditentukan berdasarkan perbandingan nilai massa antara kedua satuan yang bersangkutan.

Contoh konversi satuan massa dan penjelasannya yaitu sebagai berikut :

• Konversi Kilogram (kg) ke Gram (g)
Untuk mengonversi kilogram ke gram, kita perlu mengalikan jumlah kilogram dengan 1000.
Contoh: 2 kg = 2,000 g

• Konversi Gram (g) ke Kilogram (kg)
Untuk mengonversi gram ke kilogram, kita perlu membagi jumlah gram dengan 1000.
Contoh: 1500 g = 1.5 kg

• Konversi Kilogram (kg) ke Pon/Pound (lb)
Satu pon (1 lb) setara dengan 0.45359237 kilogram. Jadi, untuk mengonversi kilogram ke pon, kita perlu mengalikan jumlah kilogram dengan faktor konversi tersebut.
Contoh: 5 kg ≈ 11.0231 lb

• Konversi Pon/Pound (lb) ke Kilogram (kg)
Satu kilogram setara dengan 2.20462262 pon. Jadi, untuk mengonversi pon ke kilogram, kita perlu mengalikan jumlah pon dengan faktor konversi tersebut.
Contoh: 10 lb ≈ 4.5359 kg

• Konversi Gram (g) ke Ons (oz)
Satu ons (1 oz) setara dengan 28.3495231 gram. Jadi, untuk mengonversi gram ke ons, kita perlu membagi jumlah gram dengan faktor konversi tersebut.
Contoh: 500 g ≈ 17.6369 oz

• Konversi Ons (oz) ke Gram (g)
Satu gram setara dengan 0.0352739619 ons. Jadi, untuk mengonversi ons ke gram, kita perlu mengalikan jumlah ons dengan faktor konversi tersebut.
Contoh: 8 oz ≈ 226.796 g

 

Satuan massa beserta konversi dan tangga satuan sudah dijelaskan dengan lengkap diatas. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisan dan ingin memberikan kritik atau saran, bisa ditulis di kolom komentar.

Baca Juga :