satuan suhu
satuan suhu

Satuan Suhu : Pengertian, Contoh dan Konversi Satuan

Diposting pada

Satuan Suhu – Postingan ini menjelaskan tentang konversi satuan suhu mulai dari pengertian hingga contoh beserta penjelasannya dengan lengkap.

Satuan suhu adalah dan penjelasannya yaitu sebagai berikut.

Baca Juga Alat Ukur Suhu

 

Satuan Suhu Adalah

Satuan suhu adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur tingkat panas atau dingin suatu benda atau lingkungan. Satuan suhu memberikan informasi tentang perbedaan suhu antara dua titik atau menggambarkan derajat panas atau dingin suatu objek.

Satuan suhu dalam sistem internasional adalah Kelvin (K). Sedangkan satuan suhu yang biasa digunakan di indonesia adalah Celsius (°C).

Konversi antara satuan suhu dapat dilakukan menggunakan rumus konversi yang sesuai. Misalnya, untuk mengonversi suhu dari Celsius ke Fahrenheit, dapat menggunakan rumus F = (C × 9/5) + 32. Sedangkan untuk mengonversi suhu dari Celsius ke Kelvin, dapat menggunakan rumus K = C + 273.15.

Penting untuk menggunakan satuan suhu yang tepat dan mengikuti konvensi yang berlaku di bidang atau wilayah tertentu. Satuan suhu membantu kita memahami dan mengukur perubahan suhu dalam berbagai konteks, seperti dalam sains, teknik, pengaturan suhu dalam kehidupan sehari-hari, dan banyak lagi.

Penting untuk dicatat bahwa nilai suhu dapat diukur dalam berbagai satuan suhu tergantung pada preferensi atau kebutuhan. Misalnya, dalam beberapa negara, suhu tubuh manusia diukur dalam derajat Fahrenheit, sedangkan di negara lain, dalam derajat Celsius.

Baca Juga Macam Macam Alat Ukur

 

Contoh Satuan Suhu

Pengertian dan penjelasan mengenai satuan suhu sudah dijelaskan dengan lengkap. Selanjutnya akan diberikan penjelasan mengenai contoh satuan suhu.

Contoh satuan suhu dan penjelasannya yaitu sebagai berikut.

Celsius (°C)

Satuan suhu yang digunakan di indonesia adalah Celsius (°C). Skala ini dinamai dari astronom Swedia bernama Anders Celsius yang memperkenalkannya pada tahun 1742.

Pada skala Celsius, titik beku air adalah 0 derajat Celsius (°C) dan titik didih air adalah 100 derajat Celsius (°C) pada tekanan atmosfer standar. Satuan suhu yang digunakan di indonesia adalah Celsius.

Skala Celsius juga dikenal sebagai skala Celsius-Centigrade, karena dibagi menjadi 100 derajat antara titik beku dan titik didih air. Ini membuatnya lebih mudah untuk melakukan perhitungan dalam lingkup yang lebih luas daripada Fahrenheit, yang merupakan skala suhu lain yang umum digunakan terutama di Amerika Serikat.

Untuk mengkonversi suhu dari skala Fahrenheit ke Celsius, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

°C = (°F – 32) × 5/9

Dan untuk mengkonversi suhu dari Celsius ke Fahrenheit, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

°F = (°C × 9/5) + 32

Sekarang, dalam sebagian besar dunia, termasuk hampir semua negara yang menggunakan sistem metrik, Celsius adalah skala suhu yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dalam ilmu pengetahuan, dan dalam pengaturan suhu rumah tangga.

 

Kelvin (K)

Satuan suhu dalam si (sistem internasional) adalah kelvin (K). Kelvin adalah satuan dasar skala suhu termodinamika yang dikenal sebagai skala Kelvin.

Skala ini dinamai dari fisikawan Skotlandia bernama William Thomson, yang diberi gelar Lord Kelvin. Skala Kelvin didasarkan pada nol mutlak, yang merupakan titik di mana energi termal minimal dan tidak ada gerakan partikel.

Skala Kelvin tidak menggunakan tanda derajat (°) dan tidak memiliki nilai negatif. Titik nol mutlak dalam skala Kelvin setara dengan 0 Kelvin (0 K), yang merupakan suhu terendah yang mungkin dalam alam. Satu Kelvin (1 K) memiliki ukuran yang sama dengan satu derajat Celsius (1 °C).

Pada skala Kelvin, penambahan 1 Kelvin sama dengan penambahan 1 derajat Celsius. Oleh karena itu, untuk mengonversi suhu dari Celsius ke Kelvin, cukup tambahkan 273,15. Sebagai contoh, 25 derajat Celsius setara dengan 298,15 Kelvin (25 + 273,15).

Skala Kelvin sangat penting dalam fisika dan ilmu pengetahuan karena merupakan skala suhu yang digunakan dalam hampir semua perhitungan termodinamika. Skala ini juga digunakan dalam bidang-bidang seperti fisika nuklir, astronomi, dan studi benda-benda dengan suhu sangat rendah seperti gas terkondensasi dan superkonduktor.

Perlu dicatat bahwa Kelvin bukanlah skala yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau dalam pengaturan suhu rumah tangga. Skala Celsius lebih umum digunakan dalam konteks tersebut.

 

Fahrenheit (°F)

Fahrenheit adalah satuan suhu yang umum digunakan dalam sistem pengukuran Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. Skala ini dinamai dari fisikawan Jerman-Polandia bernama Daniel Gabriel Fahrenheit, yang memperkenalkannya pada tahun 1724.

Skala Fahrenheit memiliki titik beku air pada 32 derajat Fahrenheit (°F) dan titik didih air pada 212 derajat Fahrenheit (°F), pada tekanan atmosfer standar. Skala ini dibagi menjadi 180 derajat antara titik beku dan titik didih air.

Penting untuk dicatat bahwa Fahrenheit tidak memiliki hubungan langsung dengan sifat-sifat fisik air seperti skala Celsius atau Kelvin. Fahrenheit lebih sering digunakan dalam pengaturan suhu rumah tangga dan dalam konteks sehari-hari di Amerika Serikat.

Untuk mengkonversi suhu dari skala Celsius ke Fahrenheit, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

°F = (°C × 9/5) + 32

Sedangkan untuk mengkonversi suhu dari Fahrenheit ke Celsius, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

°C = (°F – 32) × 5/9

Penting untuk diingat bahwa Fahrenheit dan Celsius adalah dua skala suhu yang berbeda. Perbedaan antara dua suhu dalam Fahrenheit tidak akan sama dengan perbedaan dalam Celsius. Oleh karena itu, perlu melakukan konversi jika ingin mengubah suhu dari satu skala ke skala lainnya.

 

Reamur (°R)

Reamur adalah satuan suhu yang digunakan dalam beberapa sistem pengukuran, terutama di Indonesia dan beberapa negara lain di Asia Tenggara. Skala Reamur dinamai dari fisikawan Prancis bernama René Antoine Ferchault de Réaumur.

Skala Reamur memiliki titik beku air pada 0 derajat Reamur (°R) dan titik didih air pada 80 derajat Reamur (°R), pada tekanan atmosfer standar. Skala ini dibagi menjadi 80 derajat antara titik beku dan titik didih air, mirip dengan skala Celsius.

Untuk mengkonversi suhu dari skala Reamur ke Celsius, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

°C = (°R × 5/4)

Sedangkan untuk mengkonversi suhu dari Celsius ke Reamur, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

°R = (°C × 4/5)

Meskipun skala Reamur masih digunakan dalam beberapa konteks regional, penggunaannya secara internasional tidak seumum Celsius atau Fahrenheit. Seiring dengan adopsi metrik yang lebih luas, skala Celsius telah menjadi skala suhu yang lebih umum digunakan di banyak negara di seluruh dunia.

 

Rankine (°Ra)

Rankine adalah satuan suhu yang digunakan dalam beberapa aplikasi teknik dan industri, terutama di Amerika Serikat. Skala Rankine dinamai dari insinyur Skotlandia bernama William John Macquorn Rankine.

Skala Rankine mirip dengan skala Fahrenheit, tetapi dimulai dari nol mutlak seperti skala Kelvin. Dalam skala Rankine, nol mutlak setara dengan 0 Rankine (°R), di mana energi termal minimal. Skala ini berhubungan dengan Fahrenheit dengan perbedaan bahwa satu derajat Rankine (°R) memiliki ukuran yang sama dengan satu derajat Fahrenheit (°F).

Titik beku air dalam skala Rankine adalah 491,67 derajat Rankine (°R), yang setara dengan 32 derajat Fahrenheit (°F), dan titik didih air adalah 671,67 derajat Rankine (°R), yang setara dengan 212 derajat Fahrenheit (°F), pada tekanan atmosfer standar.

Skala Rankine umumnya digunakan dalam aplikasi teknik seperti dalam perencanaan sistem pemanasan, sistem pendinginan, dan analisis termodinamika. Hal ini terutama terjadi di Amerika Serikat, di mana sistem pengukuran Imperial masih digunakan secara luas dalam konteks teknik dan industri.

Untuk mengkonversi suhu dari skala Rankine ke Fahrenheit, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

°F = °R – 459.67

Sedangkan untuk mengkonversi suhu dari Fahrenheit ke Rankine, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

°R = °F + 459.67

 

 

Konversi Satuan Suhu

Konversi satuan suhu adalah proses mengubah nilai suhu dari satu sistem pengukuran ke sistem pengukuran lainnya.

Dalam kebanyakan kasus, kita mengonversi suhu dari satu unit seperti Celsius (°C) ke unit lain seperti Fahrenheit (°F) atau Kelvin (K), atau sebaliknya. Tujuannya adalah agar kita dapat mengukur suhu dengan cara yang lebih sesuai atau relevan dengan situasi atau preferensi kita.

Konversi satuan suhu biasanya melibatkan penggunaan rumus atau hubungan matematika tertentu antara unit-unit yang berbeda.

Pemahaman tentang konversi satuan suhu penting dalam berbagai bidang, termasuk ilmu pengetahuan, teknik, kuliner, dan meteorologi, karena seringkali kita perlu beroperasi dengan berbagai satuan suhu sesuai dengan kebutuhan khusus kita.

Dengan memahami konsep konversi suhu, kita dapat dengan mudah menghitung dan memahami suhu dalam berbagai satuan yang berbeda.

Contoh konversi satuan suhu antara Celsius (°C), Fahrenheit (°F), dan Kelvin (K) yaitu :

• Konversi dari Celsius ke Fahrenheit

Rumus konversi satuan suhu celsius ke fahrenheit :

°F = (°C × 9/5) + 32

Contoh: Mengonversi 25 derajat Celsius ke Fahrenheit:
°F = (25 × 9/5) + 32
°F = 45 + 32
°F = 77

 

• Konversi dari Fahrenheit ke Celsius

Rumus konversi satuan suhu fahrenheit ke celsius :

°C = (°F – 32) × 5/9

Contoh: Mengonversi 77 derajat Fahrenheit ke Celsius:
°C = (77 – 32) × 5/9
°C = 45 × 5/9
°C = 25

 

• Konversi dari Celsius ke Kelvin

Rumus konversi satuan suhu celsius ke kelvin :

K = °C + 273.15

Contoh: Mengonversi 25 derajat Celsius ke Kelvin:
K = 25 + 273.15
K = 298.15

 

• Konversi dari Kelvin ke Celsius

Rumus konversi satuan suhu kelvin ke celsius :

°C = K – 273.15

Contoh: Mengonversi 298.15 Kelvin ke Celsius:
°C = 298.15 – 273.15
°C = 25

 

• Konversi dari Fahrenheit ke Kelvin

Rumus konversi satuan suhu fahrenheit ke kelvin :

K = (°F + 459.67) × 5/9

Contoh: Mengonversi 77 derajat Fahrenheit ke Kelvin:
K = (77 + 459.67) × 5/9
K = 536.67 × 5/9
K = 298.15

 

• Konversi dari Kelvin ke Fahrenheit

Rumus konversi satuan suhu kelvin ke fahrenheit :

°F = K × 9/5 – 459.67

Contoh: Mengonversi 298.15 Kelvin ke Fahrenheit:
°F = (298.15 × 9/5) – 459.67
°F = 536.67 – 459.67
°F = 77

Dengan menggunakan rumus-rumus tersebut, Anda dapat mengonversi suhu antara Celsius, Fahrenheit, dan Kelvin. Pastikan untuk menggunakan rumus yang sesuai tergantung pada konversi yang Anda lakukan.

 

 

Satuan suhu beserta contoh dan konversinya sudah dijelaskan dengan lengkap diatas. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisan dan ingin memberikan kritik atau saran, bisa ditulis di kolom komentar.

Baca Juga :