metamorfosis lebah
gambar metamorfosis lebah

Metamorfosis & Siklus Hidup Lebah : Daur Hidup & Tahapan

Diposting pada

Siklus Hidup Lebah – Lebah merupakan serangga yang dikenal sebagai penghasil madu. Selain fakta tersebut, siklus hidup lebah juga menarik untuk diketahui.

Metamorfosis lebah dan penjelasannya akan dijelaskan yaitu sebagai berikut.

Baca Juga Contoh Hewan Yang Tidak Mengalami Metamorfosis Yaitu

 

Daur Hidup Lebah

daur hidup lebah
gambar lebah

Lebah adalah hewan yang termasuk ke dalam filum “Arthropoda” dan kelas “Insecta”. Selain itu, serangga ini juga termasuk ke dalam ordo “Hymenoptera” dan family “Apoidae”. Terdapat 20.000 spesies lebah tersebar di seluruh dunia kecuali benua antartika.

Lebah merupakan hewan yang hidup dengan cara berkelompok dalam jumlah besar, walaupun tidak semua lebah hidup secara berkelompok. Serangga ini biasanya hidup di pepohonan dan juga di atap rumah dengan membuat sebuah sarang.

Cara perkembangbiakan lebah adalah dengan cara bertelur di dalam sarangnya tersebut.

Pada kelompok lebah, terdapat 3 kasta yaitu lebah ratu, lebah jantan dan lebah betina. Lebah – lebah tersebut memiliki peran masing masing yang saling berkaitan seperti :

  • Lebah ratu, berperan sebagai induk atau pemimpin koloni lebah. Hanya ada satu lebah ratu dalam satu kelompok dan berjenis kelamin betina. Lebah ratu hanya bisa melakukan perkawinan sekali seumur hidup.
  • Lebah betina, berperan sebagai lebah pekerja. Dalam satu kelompok lebah, terdapat puluhan ribu lebah betina yang bertugas membuat sarang dan mencari makanan dari nektar dan serbuk sari.
  • Lebah jantan, berperan sebagai lebah yang mengawini lebah ratu dan juga menjaga sarang. Lebah jantan biasa disebut juga sebagai lebah prajurit. Sama seperti lebah ratu, lebah jantan hanya bisa melakukan perkawinan sekali seumur hidup lalu kemudian mati. Hanya terdapat ratusan lebah jantan dalam satu kelompok lebah.

Lebah berkembang biak dengan cara bertelur, karena serangga ini termasuk ke dalam hewan ovipar atau hewan yang berkembang biak dengan menghasilkan telur dan diawali dari telur.

Metamorfosis pada lebah termasuk ke dalam metamorfosis sempurna, sama seperti metamorfosis kupu kupu dan metamorfosis lalat.

Tahapan daur hidup lebah melalui 4 fase yaitu telur – larva – pupa – lebah.

Siklus hidup lebah madu akan dijelaskan lebih lengkap pada bagian Metamorfosis Lebah.

Baca juga Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna

 

Metamorfosis Lebah

metamorfosis lebah
gambar metamorfosis lebah

Gambar siklus lebah diatas merupakan gambaran sederhana dari proses daur hidup tawon.

Siklus hidup lebah madu melalui 4 fase yaitu telur – larva – pupa – lebah.

Daur hidup lebah akan dijelaskan lebih lengkap yaitu sebagai berikut.

1. Telur Lebah

Metamorfosis lebah madu yang pertama adalah telur.

Cara berkembang biak lebah adalah dengan cara bertelur. Sebelum bertelur, lebah ratu akan melakukan perkawinan terlebih dahulu dengan lebah jantan atau lebah prajurit.

Setelah bertelur, lebah ratu akan meletakkan telur telurnya di dalam sarang yang telah dibuat oleh lebah betina.

Di dalam sarang lebah terdapat masing masing sel, lebah ratu akan meletakkan satu telur pada satu sel dan diletakkan sesuai kastanya.

Pada sarang lebah, terdapat 3 kasta telur yaitu telur lebah ratu, telur lebah jantan dan telur lebah betina.

Lebah ratu akan meletakkan telur telurnya sesuai dengan kastanya. Dan biasanya untuk telur lebah betina atau lebah pekerja akan diletakkan pada sel yang sedikit lebih besar.

Bentuk telur lebah sangat kecil yaitu berukuran 1,7 milimeter dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Telur lebah membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk berubah menjadi larva.

Waktu yang dibutuhkan telur lebah untuk berubah menjadi larva tergolong cepat jika dibandingkan dengan hewan lainnya.

Baca Juga Daur Hidup Nyamuk

 

2. Larva Lebah

Siklus hidup lebah yang kedua adalah larva.

Setelah telur lebah menetas, maka metamorfosis lebah mulai memasuki fase larva. Larva lebah memiliki bentuk tubuh berwarna putih, terlihat seperti beras dan masih berukuran sangat kecil.

Di fase ini, larva akan sangat rakus dan akan mengalami 5 kali pergantian kulit. Lebah pekerja akan menyediakan makanan yaitu berupa serbuk sari dan nektar.

Lebah pekerja akan sangat sibuk menyediakan nektar dan serbuk sari karena larva bisa makan sampai 1300 kali dalam sehari.

Pertumbuhan larva akan sangat cepat dan akan terus berganti kulit sebanyak 5 kali hingga larva bersiap untuk berubah menjadi pupa.

Waktu yang dibutuhkan hingga larva berubah menjadi pupa berbeda beda setiap kasta.

Lebah prajurit membutuhkan waktu 10 hari dan lebah ratu membutuhkan waktu hanya 9 hari. Sedangkan untuk lebah pekerja membutuhkan waktu sedikit lebih lama yaitu 13 hari.

Ketika larva sudah siap berubah menjadi pupa, maka lebah pekerja akan menutup masing masing sel atau sarang larva tersebut.

Baca Juga Daur Hidup Semut

 

3. Pupa Lebah

Daur hidup lebah yang selanjutnya adalah fase pupa.

Setelah lebah pekerja menutup sarang larva dengan lilin, maka metamorfosis tawon sudah memasuki fase pupa. Pada fase ini, bentuk pupa akan mengalami pertumbuhan seperti pada kaki, mata dan sayap.

Pada awalnya tubuh pupa lebah akan terlihat berwarna putih karena ditutup lilin. Lilin tersebut merupakan sumber makanan satu satunya bagi pupa.

Kemudian pada mata pupa akan berubah warna, yang pada awalnya berwarna merah lalu ungu kemudian berwarna hitam.

Jika warna mata pupa sudah berwarna hitam, maka bentuk mata lebah sudah sempurna.

Sama seperti pada fase larva, waktu yang dibutuhkan pupa untuk berubah menjadi pupa berbeda beda setiap kasta.

Pada lebah prajurit membutuhkan waktu 6 hari dan untuk lebah ratu membutuhkan waktu hanya 3 hari. Sedangkan untuk lebah pekerja membutuhkan waktu selama 7 hari.

Di fase akhir, pupa akan bertumbuh bulu bulu halus di tubuhnya yang menandakan bahwa pupa sudah bersiap menjadi lebah dewasa.

Setelah makanan sudah habis, maka pupa yang sudah berubah menjadi lebah dewasa akan keluar dari sarang.

Baca Juga Daur Hidup Katak

 

4. Lebah Dewasa

Siklus hidup lebah yang terakhir adalah imago atau lebah dewasa. Pada fase ini, lebah dewasa sudah keluar dari sarang.

Jika lebah sudah keluar dari sarang, maka siklus hidup lebah mulai memasuki fase lebah dewasa.

Tahapan daur hidup lebah yang bermanfaat untuk menghasilkan madu adalah fase imago atau lebah dewasa.

Karena pada fase ini, lebah sudah dalam bentuk sempurna dan bisa mencari makanan dari nektar dan serbuk sari kemudian disimpan di dalam sarang.

Nektar yang disimpan di dalam sarang tersebut kemudian yang akan menjadi madu yang bisa dikonsumsi oleh manusia.

Lebah dewasa yang sudah keluar dari sarang akan melakukan tugasnya masing masing sesuai dengan kastanya.

Lebah pekerja bertugas mencari makanan dan membuat sarang. Lebah prajurit bertugas menjaga sarang dan melakukan perkawinan dengan lebah ratu.

Kemudian lebah ratu bertugas sebagai induk atau pemimpin kelompok lebah serta menjadi kunci perkembangbiakan lebah.

Baca Juga Daur Hidup Kecoa

 

 

Siklus hidup lebah sudah dijelaskan dengan lengkap diatas. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisan dan ingin memberikan kritik atau saran, bisa ditulis di kolom komentar.

Artikel Terkait :