tembereng lingkaran adalah

Tembereng Lingkaran Adalah : Rumus dan Gambar

Diposting pada

Tembereng Adalah – Postingan ini akan membahas mengenai tembereng lingkaran dengan lengkap mulai dari pengertian, rumus hingga gambarnya.

Gambar tembereng beserta penjelasannya akan diberikan sebagai berikut :

Baca Juga Gambar Bangun Datar

 

Tembereng Adalah

Apa itu tembereng lingkaran ? Tembereng lingkaran adalah luas daerah pada lingkaran yang terbentuk dan dibatasi oleh tali busur dan busur lingkaran.

Tembereng dibatasi oleh sebuah tali busur dan juga busur lingkaran. Posisi tembereng juga berada di dalam juring lingkaran.

Bagian lingkaran lain yang menyusun sebuah bangun lingkaran yaitu jari jari lingkaran, diameter lingkaran, apotema lingkaran, juring lingkaran, busur lingkaran, sudut pusat lingkaran dan sudut keliling lingkaran.

Bentuk tembereng lingkaran akan diberikan pada bagian gambar tembereng lingkaran.

Baca Juga Bagian Bagian Lingkaran

 

Rumus Luas Tembereng

Cara mencari luas tembereng lingkaran adalah dengan menghitung menggunakan rumus. Rumusnya adalah dengan mencari tau luas juring kemudian dikurangi luas segitiga yang ada di dalam juring.

Rumus tembereng lingkaran yaitu sebagai berikut.

Rumus Luas Tembereng = Luas Juring Lingkaran – Luas Segitiga di Dalam Juring

atau

rumus luas tembereng

 

 

 

Keterangan :
a = besar sudut pusat lingkaran
r = jari jari lingkaran
t = tinggi segitiga
π = phi (22/7 atau 3,14)

Baca Juga Rumus Keliling dan Luas Bangun Datar

 

 

Gambar Tembereng

Garis tembereng lingkaran sudah dijelaskan dengan lengkap diatas mulai dari pengertian hingga rumusnya. Untuk lebih memahami mengenai materi ini, akan diberikan contoh gambarnya.

Contoh tembereng lingkaran yaitu sebagai berikut.

gambar tembereng lingkaran

 

Contoh gambar tembereng dan penjelasannya sudah diberikan dengan lengkap diatas. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisan dan ingin memberikan kritik atau saran, bisa ditulis di kolom komentar.

Artikel Terkait :