rumus luas setengah lingkaran
cara mencari luas setengah lingkaran

Rumus Mencari Luas Setengah Lingkaran & Contoh Soal

Diposting pada

Rumus Luas Setengah Lingkaran – Postingan ini akan menjelaskan tentang rumus luas setengah lingkaran disertai contoh soal dan juga penjelasannya.

Cara menghitung luas setengah lingkaran dan pembahasannya yaitu sebagai berikut.

Baca Juga Nama Nama Bangun Datar

 

Bangun Datar Lingkaran

Setengah lingkaran adalah bagian dari sebuah lingkaran yang hanya mencakup setengah bagian dari keseluruhan lingkaran. Bagian ini dibentuk oleh garis lengkung dari satu titik ekstrem ke titik ekstrem yang lain, yang kesemuanya membentuk lengkungan setengah bulatan.

Rumus-rumus yang terkait dengan setengah lingkaran juga berkaitan dengan lingkaran utuh. Untuk menghitung luas setengah lingkaran, kita dapat menggunakan rumus luas = 1/2 × Phi (Φ) atau Pi (π) × jari-jari^2.

Jari-jari dalam setengah lingkaran adalah jarak dari titik pusat lingkaran ke tepi lingkaran bagian setengah tersebut.

Setengah lingkaran memiliki aplikasi praktis dalam berbagai bidang. Misalnya, dalam arsitektur dan rekayasa, setengah lingkaran sering digunakan dalam desain bangunan, kubah, atau bentuk geometri lainnya.

Dalam matematika, konsep setengah lingkaran memperkaya pemahaman kita tentang lingkaran dan menghadirkan tantangan dalam memecahkan berbagai masalah geometri.

Dengan memahami setengah lingkaran, kita dapat lebih mengapresiasi keanekaragaman bentuk geometri dan penerapannya dalam dunia nyata maupun dalam ilmu pengetahuan.

Baca Juga Rumus Luas Bangun Datar

 

Bagian Bagian Lingkaran

Sebuah bangun lingkaran memiliki bagian bagian dan unsur unsur yang membentuk sebuah bangun lingkaran. Dengan mengetahui unsur unsur pembentuknya, maka akan lebih mudah untuk mengenali dan memahami mengenai bangun lingkaran.

Bagian bagian lingkaran dan penjelasannya yaitu diberikan sebagai berikut :

• Titik pusat lingkaran adalah unsur lingkaran yang merupakan sebuah titik yang berada di tengah tengah bangun lingkaran. Jarak dari titik pusat lingkaran menuju ke setiap titik di tepi lingkaran adalah sama.

• Jari jari lingkaran adalah garis lurus pada lingkaran yang terbentuk dari titik pusat lingkaran menuju titik pada tepi lingkaran. Panjang jari jari lingkaran dari setiap tepi lingkaran ke titik pusat adalah sama panjang. Biasanya jari jari dilambangkan dengan “r“.

• Diameter lingkaran adalah garis lurus pada lingkaran yang terbentuk dari titik pada tepi lingkaran menuju titik pada tepi lingkaran satunya yang melewati titik pusat lingkaran. Diameter biasa dilambangkan dengan “d“.

Busur lingkaran adalah garis lengkung pada lingkaran yang berbentuk lengkungan dari titik pada tepi lingkaran menuju titik tepi lingkaran satunya.

Tali busur lingkaran adalah garis lurus pada lingkaran yang terbentuk dari titik pada tepi lingkaran menuju titik tepi lingkaran satunya tanpa melewati titik pusat lingkaran.

Tembereng lingkaran adalah luas daerah pada lingkaran yang terbentuk dan dibatasi oleh tali busur dan busur lingkaran.

Juring lingkaran adalah luas daerah pada lingkaran yang terbentuk dan dibatasi oleh dua jari jari lingkaran.

Apotema lingkaran adalah garis pada lingkaran yang terbentuk dari titik pusat lingkaran menuju titik tengah pada tali busur lingkaran.

Sudut pusat lingkaran adalah sudut pada lingkaran yang terbentuk dari dua jari jari lingkaran dan berada di titik pusat lingkaran.

Sudut keliling lingkaran adalah sudut pada lingkaran yang terbentuk dari perpotongan dua tali busur di suatu titik pada keliling lingkaran.

 

Rumus Luas Setengah Lingkaran

Rumus luas setengah lingkaran adalah konsep matematika yang digunakan untuk menghitung luas bagian dari lingkaran yang mencakup setengah dari keseluruhan bentuk lingkaran. Setengah lingkaran ini terbentuk oleh garis lengkung yang menghubungkan dua titik ekstrem pada lingkaran, membentuk lengkungan setengah bulatan.

Cara menghitung luas setengah lingkaran yaitu :

Rumus Luas Setengah Lingkaran = (π × r²) ÷ 2

Keterangan :
π = phi (3,14 atau 22/7)
r = panjang jari jari

Konstanta Phi (Φ) atau Pi (π) adalah angka yang mendekati 3.14, yang digunakan untuk menetapkan hubungan antara lingkaran dan jari-jarinya.

Penerapan rumus luas setengah lingkaran sering ditemui dalam berbagai bidang. Dalam arsitektur dan konstruksi, luas setengah lingkaran sering digunakan dalam desain kubah, atap, atau bentuk geometri lainnya.

Rumus luas setengah lingkaran juga dapat berhubungan dengan konsep lain seperti rumus keliling setengah lingkaran. Jika kita memiliki informasi mengenai diameter lingkaran, kita dapat menghitung jari-jari dan mengaplikasikan rumus luas untuk menemukan luas setengah lingkaran dengan mudah.

Dengan menguasai rumus luas setengah lingkaran, kita dapat memahami lebih lanjut tentang konsep matematika dan menerapkannya dalam berbagai situasi praktis, memperkaya pengetahuan kita dalam matematika dan meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah geometri secara efisien.

Baca Juga :

 

Contoh Soal Mencari Luas Setengah Lingkaran

Cara mencari luas setengah lingkaran dan penjelasannya sudah diberikan dengan lengkap diatas. Untuk lebih mudah memahami mengenai materi kali ini, akan diberikan beberapa contoh soal dan juga pembahasannya.

Rumus luas setengah lingkaran dan contoh soal yaitu sebagai berikut.

1. Jika sebuah bangun setengah lingkaran diketahui mempunyai jari jari dengan panjang berukuran 14 cm. Hitunglah luas bangun setengah lingkaran tersebut berdasarkan panjang jari jari yang sudah diketahui !
Diketahui : π = 22/7 , r = 14 cm
Ditanya : L (luas) ?
Jawab :
Rumus Setengah Lingkaran Luas = (π × r²) ÷ 2
L = (22/7 × (14 cm)²) ÷ 2
L = (22/7 × 196 cm²) ÷ 2
L = 616 cm² ÷ 2
L = 308 cm²

Jadi, luas bangun setengah lingkaran tersebut diketahui berukuran 308 cm².

 

2. Diketahui panjang jari jari yang dimiliki oleh bangun setengah lingkaran yaitu 7 cm. Berdasarkan panjang jari jari yang diketahui tersebut, tentukanlah besar luas yang dimiliki oleh bangun setengah lingkaran tersebut !
Diketahui : π = 22/7 , r = 7 cm
Ditanya : L (luas) ?
Jawab :
Rumus Mencari Luas Setengah Lingkaran = (π × r²) ÷ 2
L = (22/7 × (7 cm)²) ÷ 2
L = (22/7 × 49 cm²) ÷ 2
L = 154 cm² ÷ 2
L = 77 cm²

Jadi, diketahui bangun setengah lingkaran tersebut memiliki luas yaitu 77 cm².

 

3. Jika sebuah bangun setengah lingkaran mempunyai jari jari dengan panjang berukuran 20 cm. Berdasarkan panjang jari jarinya tersebut, tentukanlah besar luas yang dimiliki oleh bangun setengah lingkaran tersebut !
Diketahui : π = 3,14 , r = 20 cm
Ditanya : L (luas) ?
Jawab :
Cara Mencari Luas Setengah Lingkaran = (π × r²) ÷ 2
L = (3,14 × (20 cm)²) ÷ 2
L = (3,14 × 400 cm²) ÷ 2
L = 1256 cm² ÷ 2
L = 628 cm²

Jadi, besar luas pada bangun lingkaran tersebut diketahui berukuran 628 cm².

 

4. Sebuah bangun setengah lingkaran diketahui mempunyai jari jari dengan panjang yaitu 21 cm. Dari jari jari yang dimiliki oleh bangun setengah lingkaran tersebut, hitunglah besar luas pada bangun setengah lingkaran tersebut dengan benar !
Diketahui : π = 22/7 , r =21 cm
Ditanya : L (luas) ?
Jawab :
Cara Menghitung Luas Setengah Lingkaran = (π × r²) ÷ 2
L = (22/7 × (21 cm)²) ÷ 2
L = (22/7 × 441 cm²) ÷ 2
L = 1386 cm² ÷ 2
L = 693 cm²

Jadi, pada bangun setengah lingkaran tersebut mempunyai luas yaitu 693 cm².

 

5. Diketahui panjang jari jari pada bangun setengah lingkaran berukuran yaitu 10 cm. Berapakah luas pada bangun setengah lingkaran tersebut jika jari jarinya sudah diketahui ?
Diketahui : π = 3,14 , r = 10 cm
Ditanya : L (luas) ?
Jawab :
Mencari Luas Setengah Lingkaran = (π × r²) ÷ 2
L = (3,14 × (10 cm)²) ÷ 2
L = (3,14 × 100 cm²) ÷ 2
L = 314 cm² ÷ 2
L = 157 cm²

Jadi, diketahui bangun lingkaran tersebut memiliki luas dengan besar yaitu 157 cm².

 

6. Jari jari yang dimiliki oleh sebuah bangun setengah lingkaran diketahui mempunyai panjang berukuran 35 cm. Berdasarkan panjang jari jarinya tersebut, berapakah luas bangun setengah lingkaran tersebut ?
Diketahui : π = 22/7 , r = 35 cm
Ditanya : L (luas) ?
Jawab :
Luas Setengah Lingkaran = (π × r²) ÷ 2
L = (22/7 × (35 cm)²) ÷ 2
L = (22/7 × 1225 cm²) ÷ 2
L = 3850 cm² ÷ 2
L = 1925 cm²

Jadi, diketahui luas pada bangun setengah lingkaran tersebut berukuran 1925 cm².

 

7. Pada bangun setengah lingkaran memiliki panjang jari jari yang berukuran 28 cm. Carilah besar luas yang dimiliki oleh bangun setengah lingkaran tersebut berdasarkan panjang jari jari yang sudah diketahui !
Diketahui : π = 22/7 , r = 28 cm
Ditanya : L (luas) ?
Jawab :
Rumus Luas Setengah Lingkaran = (π × r²) ÷ 2
L = (22/7 × (28 cm)²) ÷ 2
L = (22/7 × 784 cm²) ÷ 2
L = 2464 cm² ÷ 2
L = 1232 cm²

Jadi, bangun setengah lingkaran tersebut memiliki besar luas berukuran 1232 cm².

 

8. Jika sebuah bangun lingkaran memiliki jari jari dengan panjang berukuran 30 cm. Berdasarkan jari jari yang diketahui tersebut, carilah besar luas yang dimiliki oleh bangun setengah lingkaran tersebut dengan benar dan tepat !
Diketahui : π = 3,14 , r = 30 cm
Ditanya : L (luas) ?
Jawab :
Rumus Mencari Luas Setengah Lingkaran = (π × r²) ÷ 2
L = (3,14 × (30 cm)²) ÷ 2
L = (3,14 × 900 cm²) ÷ 2
L = 2826 cm² ÷ 2
L = 1413 cm²

Jadi, besar luas pada bangun setengah lingkaran tersebut diketahui berukuran 1413 cm².

 

9. Jika jari jari dari bangun setengah lingkaran memiliki panjang berukuran 42 cm. Berapakah besar luas pada bangun setengah lingkaran tersebut berdasarkan panjang jari jari yang diketahui ?
Diketahui : π = 22/7 , r = 42 cm
Ditanya : L (luas) ?
Jawab :
Luas Setengah Lingkaran = (π × r²) ÷ 2
L = (22/7 × (42 cm)²) ÷ 2
L = (22/7 × 1764 cm²) ÷ 2
L = 5544 cm² ÷ 2
L = 2772 cm²

Jadi, diketahui besar luas yang dimiliki bangun setengah lingkaran tersebut adalah 2772 cm².

 

10. Pada sebuah bangun setengah lingkaran diketahui mempunyai panjang jari jari yaitu 40 cm. Jika jari jari yang dimiliki oleh bangun setengah lingkaran tersebut sudah diketahui, hitunglah besar luas pada bangun setengah lingkaran tersebut dengan benar dan tepat !
Diketahui : π = 22/7 , r = 40 cm
Ditanya : L (luas) ?
Jawab :
Menghitung Luas Setengah Lingkaran = (π × r²) ÷ 2
L = (3,14 × (40 cm)²) ÷ 2
L = (3,14 × 1600 cm²) ÷ 2
L = 5544 cm² ÷ 2
L = 2772 cm²

Jadi, diketahui besar luas yang dimiliki bangun setengah lingkaran tersebut adalah 2772 cm².

Baca Juga :

 

Rumus luas setengah lingkaran beserta penjelasannya sudah diberikan dengan lengkap diatas. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisan dan ingin memberikan kritik atau saran, bisa ditulis di kolom komentar.

Artikel Terkait :